Museum Gratis di Bandung

June 01, 2019
Museum gratis di Bandung ada sedikit. Tapi sebenernya sih museum yang ada tiket masuknya pun gak mahal-mahal amat. Gak nyampe 5ribu. Tapi ya kita bahas yang gratisan aja dulu nih.

Museum gratis di Bandung apa aja?

1. Museum Konperensi Asia Afrika

Wah siapa yang gak tahu museum ini. Museum sejuta amat ini mah. Lokasinya strategis. Dimasukin ke daftar kunjungan study tour. Ada di itinerary travel and tour. Udah kayak kunjungan wajib aja.

Tapi emang bagus sih museumnya. Keberadaannya juga amat sangat penting. Kalo dapat pemandu yang bagus, kamu bisa tahu peran Konferensi Asia Afrika dan Indonesia di mata dunia saat itu bagaimana.

Lebih banyak tentang Museum KAA ada di tulisan Bandung di Mata Dunia. 



2. Museum Kota Bandung

Museum setengah jadi sih ini. Belum selesai pembangunannya. Maksudnya, gedungnya sih udah siap. Tapi koleksinya yang belum. Entah tersendat masalah apa.

Kalo ke sana, kita bisa baca sejarah kota Bandung. Dari zaman dulu masih dusun sampai sekarang kota besar. Kita bisa lihat dan baca grafisnya aja berikut foto-foto. Tapi ya sudah itu aja. Ga ada koleksi 3D.

Saya semangat banget sih nunggu koleksi museum ini dilengkapin.

Meski museumnya masih kayak setengah-setengah, tapi mereka aktif menyelenggarakan kegiatan. Kayak pameran-pameran gitu. Juga diskusi. Cek aja ke akun IG @museumkotabandung. Lebih banyak tentang museum ini, baca di artikel Museum Sejarah Kota Bandung. 



3. Museum Pos Indonesia


Nah ini museumnya satu kompleks dengan Gedung Sate. Artinya, kamu bisa juga berkunjung ke Museum Gedung Sate. Tapi yang itu mah ada tiket masuknya. Murah kok lima ribu. Kalo Museum Pos ini gratis.

Sesuai namanya lah udah kebayang isi museumnya. Sejarah pos dan logistik di Indonesia ada di sini.

Buat orang yang pertama kali datang ke sini, seru sih. Baca-baca perjalanan pos di negara ini kayak gimana. Angkutan pos dulu apa. Perangko zaman dahulu gambarnya apa.

Tapi kalo udah sering ke museumnya mah agak bosen emang, kecuali kamu punya minat di bidang filateli misalnya.

Kalo kamu gak borangan (bukan penakut), gak masalah datang ke sini sendiri. Tapi kalo penakut, tempatnya agak-agak 'dingin' sih. Mungkin karena tempatnya di bawah tanah, mana bangunan kolonial pula kan.

Dan pemandunya gak selalu ada alias ya kamu sendiri aja yang ada di museum. Gak ada pendamping. Kecuali kalo rombongan sih kayaknya.

Museum Pos ini saya gak tayangin fotonya karena saya belum foto museumnya ahahahaha. Sering ke sana, tapi gak moto tuh kenapaaaaa! wekekekekek.


Udah deh kayaknya tiga museum kota Bandung itu aja yang gratis. Lainnya berbayar. Museum Mandala Wangsit sebenernya gratis sih. Tapi saya mah gak tega ke sana gak bayar. Pasti saya kasi tip ke pemandunya yang juga tentara. Jadi saya anggap aja berbayar :D aheuheuehu ini review museum apaan sih aheuheueheu.

Musim libur sekolah anak nih. Ayo ajak anak-anak ke museum. Pasti belum pernah kan semua museum di Bandung dijelajahi. Nah sekarang saatnya kita datangi museum-museum di Bandung!



Post Comment
Post a Comment