Rekomendasi Libur Lebaran di Jawa Barat Untuk Keluarga

June 03, 2019

Libur lebaran telah tiba! Bagi yang mudik atau gak mudik, ini saatnya merancang liburan mau ngapain aja. Dan ini bagian serunya sih: makin jauh dari kota, pilihan aktivitas liburannya makin eksotis. Setuju gak? 

Nah Bandung Diary bekerja sama dengan Gurilaps. Kami menyusun destinasi yang kami rekomendasikan bagi teman-teman yang mudik lebaran di Bandung, Sukabumi, dan Pangandaran. 


Gurilaps adalah startup yang menyediakan paket wisata di Jawa Barat. Lengkap destinasinya: gunung, rimba, laut, pantai, sungai, gua. Reservasinya mudah, banyak pilihan paket wisatanya, dan harganya terbaik. 

Oke gak usah lama-lama. Here goes destinasi wisata Jabar yang kami rekomendasikan!


Wisata Edukasi 'Museum Perut Bumi' di Sukabumi

Meeting point: BAT CAVE (Buniayu Adventure & Training) Jl. Cipicung, Kertaangsana, Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat 43187 Indonesia
Lokasi: Gua Buni Ayu
Durasi: 3 jam


Pernah membayangkan museum bawah tanah? Yhaaa! museum yang satu ini beda banget dengan museum pada umumnya. Museum di Cipicung Cave Horizontal Buniayu ini rekomended banget buat dijadikan tujuan liburan. 

Sensasinya unik karena kamu akan berjalan di lorong gelap. Tenang, nanti disediakan senter kok. Penelusuran gua ini berlangsung satu jam. Radiusnya 200 meter. Meski gelap-gelapan, dengan bantuan senter kamu akan melihat stalaktit, stalagmit, dan ornamen alami lainnya yang terbentuk selama ribuan tahun. 


Wisata Petualangan Offroad dan Tubing di Pondok Halimun

Meeting Point: Boendoel Cafe & Resto depan RS. R Syamsudin SH Jl Rumah Sakit CIkole Kota Sukabumi Jawa Barat 43113 Indonesia
Lokasi: Pondok Halimun Camping Ground Selabintana
Durasi: 6 jam


Petualangan di sini adalah paket kombo bagi penyuka tantangan. Pertama, menumpang kendaraan four wheel drive sebab jalurnya offroad. Melalui desa dan perkebunan. Bayangkan pemandangan menawan yang ada di sana, kamu lihat sambil seru-seruan diaduk mobil jeep. 

Setelah itu kamu menyebrang sungai Cipelang yang airnya segar. Kamu gak akan nyebrang polos dibantu tali temali atau perahu. Tapi menggunakan ban dan seperangkat alat keselamatan. Seru abis! 


Mengintip Ikan di Laut Pangandaran

Meeting point: Pantai Timur Pangandaran Jawa Barat 463396, Indonesia
Lokasi: Pantai Timur Pangandaran
Durasi: 4 jam


Pernah mengintip ikan-ikan berenang di lautan? yhaaa, ini laut beneran bukan kolam atau garis pantai. Nah di Pantai Pasir Putih Timur Pangandaran, kamu bisa ikut kegiatan snorkeling. Bukan hanya dapat menyaksikan pemandangan laut yang memukau, snorkeling di sana juga bagian dari petualangan tersendiri. 

Beragam jenis ikan cantik dan terumbu karang bisa kamu lihat dari dekat. Ikan warna-warni berkeliaran bebas. Bila ingin berfoto di bawah air pun tentu saja bisa. Ingat-ingat tidak menyentuh terumbu karang yak. Lihat boleh, sentuh jangan. 


Mengambang Menikmati Green Canyon

Meeting point: Jl Raya Cijulang RT02/RW10 Kertayasa Cijulang Pangandaran Jawa Barat
Lokasi: Sungai Cijulang, Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, 28 km dari Pangandaran
Durasi: 4 jam


Bermain air, berenang, melintasi jeram, dan menyusuri arus sungai? Whaaaa pasti seru! Meski gak jago berenang, namun bila mengenakan perangkat keselamatan yang benar kamu masih bisa mengikuti kegiatan petualangan tersebut. 

Ayo ikutan body rafting di Sungai Cijulang. Sensasinya tak terlupakan. Di sana trek body rafting sepanjang 5 km dengan total perjalanan 2-3 jam. Bukan hanya menyusuri sungai langsung di sungainya, pemandangan Green Canyon yang akan kamu lalui juga luar biasa indah. 

Bukan hanya body rafting, di sini juga bisa bertualangan dengan perahu. 


Body Rafting di Citumang

Meeting point: parkiran Citumang
Lokasi: Citumang
Durasi: 4 jam


Nah di sini liburannya masih sama, masih main dengan air. Di sungai Citumang bisa lho body rafting. Total jaraknya 1 km aja. Ditempuh selama 1,5-2 jam. Arus sungainya tenang dengan tepian hutan jati. Nanti ketemu jeram juga yang beragam ketinggiannya. 

Selama menyusuri Citumang, jangan lupa beraksi loncat dengan berbagai gaya dari atas bebatuan. Dan nyebur lagi ke sungai. Byurrrr! Bayangkan semua stres ikut luntur saat kamu berteriak dan masuk air. Hehehe. 

Bila bertemu dengan tali tambang menjuntai diikat ke pohon, talinya jangan dibiarkan nganggur. Bergelantungan saja di sana seperti Tarzan. Berayun, terjun bebas, hempaskan diri ke sungai. Nikmatnya luar biasa! 

Body rafting di sini gak mesti sendirian, lebih rame lebih seru. Berenangnya bisa beriringan. Makanya ajak keluarga, teman-teman untuk liburan di Citumang. 


Santai Bareng Keluarga di Situ Cileunca

Meeting point: parkiran Situ Cileunca
Lokasi: Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Durasi: 1 hari


Situ Cileunca berada 40 km dari batas kota Bandung. Tepatnya di Pangalengan, lokasi di kamu akan menemui udara dingin, perkebunan teh, dan sebuah danau buatan bernama Citu Cileunca. 

Nah di Situ Cileunca inilah kamu bisa liburan dengan cara berkemah dan berperahu keliling danau. Karena lokasinya yang jauh dari pusat kota, suasana di sini hening dan damai. Udaranya bersih. Di tengah pemandangan khidmat ini, kamu dan keluarga dapat merayakan kebersamaan dengan beragam kegiatan. 

Misalnya nih, bikin api unggun. Menyantap kudapan tradisional. Jalan-jalan keliling danau. Bila malam hari, langit cerah tak berawan adalah bonus. 


Rafting Dulu Baru Ngopi di Sungai Palayangan

Meeting point: parkiran Situ Cileunca
Lokasi: Situ Cileunca, Pangalengan Bandung
Durasi: 4 jam


Menikmati teh atau kopi panas setelah rafting itu rasanya tak terlupakan. Enaaaak banget! Jadi terbayang, sewaktu rafting melintas keindahan hutan pinus, perkebunan kopi dan teh, bisa jadi biji kopi dan pucuk daun teh asalnya dari sana. 

Rafting di sungai Palayangan sepanjang 5 km terasa seru. Airnya bersih dan jernih. Juga segar. Selama dua jam badan bertarung dengan jeram, namun mata dimanjakan oleh panorama alam. Jangan khawatir bagi yang pertama kali berarung jeram, jeram di Palayangan cocok bagi pemula. 


Libur Lebaran Seru Bersama Keluarga di Pangalengan

Meeting point: parkiran Situ Cileunca
Lokasi: Situ Cileunca
Durasi: 1 hari


Kemping dan rafting di Pangalengan adalah pengalaman tak terlupakan. Ajak keluarga berlibur di dataran tinggi Bandung tersebut. Sejenak lupakan stres akibat pekerjaan di kota. 

Di tempat yang indah ini, pikiran kembali jernih. Berkemah, api unggun, menyantap hidangan bersama-sama dengan keluarga. Diselimuti hawa sejuk pegunungan. 

Suasana terasa makin hangat bila acara api unggun dan makan-makan dilakukan selepas rafting di Palayangan. Terletak di ketinggian 1.550 mdpl, sungai Palayangan berada di Desa Wanasari Pangalengan Kabupaten Bandung. Kira-kira dua jam jarak tempuhnya dari Bandung. 

Libur Lebaran Hot Promo Potongan Harga dari Gurilaps

Bagi teman-teman yang mudik lebaran ke Bandung, Sukabumi, dan Pangandaran, dapatkan potongan harga untuk pembelian paket wisata di Gurilaps sampai 9 Juni 2019. 

Yok ayok beli sekarang paketnya dan nikmati paket wisatanya bersama keluarga dan teman-teman. 

Bagi kamu yang mudiknya ke daerah lain di Jawa Barat, cek ke Gurilaps untuk mendapatkan paket wisata Jabar dan promo-promonya. 

Selamat libur lebaran, salam hangat untuk keluarga dan teman-teman. 

Post Comment
Post a Comment