Mau Memulai Bisnis Food Truck? Ketahui Dulu Tantangan Yang Akan Dihadapi

October 17, 2019
Sesuai dengan namanya, food truck merupakan suatu inovasi bisnis baru dengan konsep truk makanan berjalan. Berbeda dengan restoran dan cafe yang telah memiliki lokasi tetap, pelaku bisnis food truck tidak berdiam di satu tempat saja, melainkan berjalan-jalan sambil mencari para calon pelanggan. Di Jakarta itu sendiri, bisnis food truck masih tergolong jarang dan asing. Sulitnya mencari lokasi yang murah, strategis dan legal membuat food truck belum banyak terlihat di jalanan Jakarta.

Dikarenakan belum banyak pelaku bisnis yang tertarik, bisnis food truck memiliki peluang usaha yang masih terbuka lebar bagi siapapun. Bagi kamu yang masih bingung menentukan konsep unik dalam usaha kuliner yang tengah kamu bangun, bisnis food truck bisa dijadikan sebagai solusi. Modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan bisnis kuliner biasa yang perlu mengeluarkan modal untuk biaya sewa dan pembangunan.

Namun, seperti bisnis-bisnis lainnya, bisnis food truck pun juga memiliki tantangannya tersendiri. Penasaran?




Tantangan Bisnis Food Truck

1. Sulit Mendapatkan Pelanggan
Untuk di cafe dan restoran, biasanya para konsumen akan datang mengunjungi restoran tersebut lagi jika mereka merasa cocok dengan menu atau suasana yang ditawarkan. Berbeda dengan food truck yang memiliki konsep 'berjalan' membuat pelaku bisnis ini cenderung sulit untuk mendapatkan pelanggan tetap. Ditambah lagi bahwa loyalitas pelanggan merupakan salah satu aspek terpenting agar suatu bisnis dapat berkembang dengan pesat.

Namun, tentu saja hal tersebut dapat diatasi dengan strategi marketing yang kuat. Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki media sosial. Manfaatkanlah kekuatan dari media sosial sebagai instrumen mu untuk berpromosi.

2. Masih Cenderung Musiman
Dikarenakan masih sulitnya menemukan lokasi yang strategis dan legal, khususnya di Jakarta, membuat banyak pelaku bisnis food truck lebih memilih untuk mengikuti event atau acara-acara besar dalam meraup keuntungan, seperti konser musik, pameran atau car free day, sehingga food truck itu sendiri masih cenderung musiman.

3. Dituntut untuk Menjadi Unik
Pada dasarnya seluruh golongan bisnis memang memerlukan para pelakunya untuk menjadi unik dan kreatif. Hal tersebut agar bisnis yang diciptakan memiliki ciri khas yang mampu menarik perhatian para calon pelanggan. Prinsip tersebut pun juga berlaku bagi pelaku bisnis food truck. Walaupun cita rasa di sebuah bisnis kuliner sangatlah penting, merencanakan konsep yang unik juga merupakan hal yang penting. Apalagi bisnis food truck yang pastinya memiliki pelanggan yang berbeda-beda dikarenakan konsepnya sebagai 'restoran berjalan'. Disamping itu, bentuk dari mobil atau truk yang digunakan pun harus mendukung.

4. Perizinan yang Sulit
Bisnis food truck tidak memiliki lokasi tetap dan hanya mengandalkan mobil, sehingga mengurus perizinan pun akan cenderung sulit. Bila restoran biasa hanya memerlukan perizinan dari dinas pariwisata dan dinas kesehatan saja, maka untuk bisnis food truck harus memiliki izin dari dinas pariwisata, dinas kesehatan dan dinas perhubungan terkait dengan lahan parkir.

Setiap bisnis pasti memiliki tantangan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis bisnis yang dilakukan. Walau begitu, janganlah jadikan tantangan tersebut sebagai kendala mu dalam memulai bisnis. Bukan hanya bisnis saja, di dalam hidup yang kita jalani ini bahkan selalu terdapat tantangan-tantangan yang perlu dihadapi. Tanpa tantangan, maka kita tidak akan belajar dan berkembang.

Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis food truck dan ingin mengetahui tips & trick sukses menjalani bisnis food truck? Baca dulu di https://www.cekaja.com/info/sukses-bisnis-food-truck/ dan raih kesuksesan mu.

Post Comment
Post a Comment