Social Media

Pernah Ada Pengalaman Horor Mengunjungi Bangunan Tua?

07 October 2019
Situs-situs tua tepatnya, bukan cuma bangunan tua.

Saya bukan indigo. Juga gak sensitif terhadap hal-hal yang demikian. Kecuali aura gaibnya kuat banget sampai-sampai orang biasa kayak saya juga merinding, nah pernah sih ngerasain gitu. 

Di Gunung Padang Cianjur waktu itu. Siang-siang terang benderang. Di sana kan ada lima undakan/teras. Di teras paling tinggilah saya dengar suara perempuan cekikikan ala mba kunti. Saat itu saya sedang berdiri menghadap bebatuan. Kuncen ada tidak jauh dari posisi saya berdiri.

Gunung Padang Cianjur, photo courtesy: Zahra Fatimatuz

Saya bertanya padanya. Apa dengar suara tawa tadi? Pak Kuncen, sambil tertawa, bilang ada yang lewat di bawah mungkin. Warga sekitar katanya. Lalu saya cek sekeliling, rasanya gak mungkin ada orang lewat berjalan kaki. Jauh bener dari teras puncak ke area bawah. 

Ah yasudahlah saya gak pernah memikirkannya lagi. Namun saya yakin yang cekikikan itu bukanlah manusia. Hehe.

Di Gedung Gas Negara di Jalan Braga, sewaktu gedung itu belum dipugar. Saya masuk dalam rangka apa entahlah lupa lagi. Kayaknya ada pameran di lantai dua.

Sewaktu mencari kamar mandi di lantai 1, saya belum menginjak benar-benar ruang toiletnya.  Lantas saya berhenti.  Bayangan gelap apa itu di hadapanku. Hati kecil saya bilang jangan lanjut masuk ke sana. Gelap. Dan becek banget. Jadi saya mundur saja dan cari kamar mandi ke...Alfamart! 

Benar saja. Seorang temanku yang indigo mengatakan di kamar mandi tersebut ada penunggu bertubuh besar hitam warnanya. "Ah yang bener, Malia?" Kadang sebagai nonindigo saya merasa istimewa kalau tubuh saya mengeluarkan radar hantu. 

Hahaha teu hayang ketang! 

Terakhir kali kudatang ke Gedung Gas Negara, kondisi gedung sudah bagus sekali. Terang benderang dan hangat. Saya pun ngecek kamar mandinya. Wah sudah terang, gak becek, bersih pula. Gak lagi ada perasaan horor membayangi walo saya masih takut sih ada di toiletnya sendirian. Hehe. 

Baik. Sekarang tentang Gunung Padang di Ciwidey. Di sini ada situs antik berupa batu-batu raksasa. Yang kumaksud raksasa adalah batunya berukuran kira-kira seperti sebesar mobil travel Bandung - Jakarta. Guedeeeee banget. 

Situs kesukaan petapa ini aura mistisnya kuat sekali. Maksudku, begitu kakiku masuk ke sana langsung semriwing bulu kuduk. 

Di sini bagian paling gak enak hawanya berasal dari bawah batu-batu raksasa. Di situlah saya lihat berbagai macam sesajen.

Pulang ke rumah, kurasakan ada perasaan angker yang membayangi. Suasana senyap di antara batu dan pepohonan masih terbawa sampai kasur tempatku tidur. 

Saat kuceritakan perasaan tersebut pada Taufanny, kawanku yang juga ikut ke sana, dia mengatakan bahwa sebaiknya saya simpan barang di atas lemari pakaian. "Jangan kosongin bagian atas lemari, Lu. Nanti ada yang nongkrong di sana,". 

Ah elah! 

Terakhir. Inilah tempat yang hingga kini masih mengekori saya dengan aura angker. Masjid Kaliwulu. Membahas ini artinya membangkitkan perasaan itu kembali. Seolah-olah kami sudah terikat oleh entah apa? apa ya? Hahaha lebay amat. 




Suasananya senyap. Hawanya sejuk. Begini, Masjid Kaliwulu lokasinya di belakang pemukiman warga. Halaman depannya ada pohon besar. Beringin mungkin. Di situ juga ada juga pemakaman warga. 

Di belakang masjid ada hutan kecil dan pesawahanan luas sekali. Di antara hutan dan sawah ada sungai kecil. Kulihat sawahnya seperti gak berujung. Benar-benar sunyi di Masjid Kaliwulu. Waktu seperti berhenti. Bila siang hari terasa teduh. Entah kalau malam.

Ada dua lokasi yang terasa keueungnya. 

Satu, di dalam masjid di ruang utama. Di balik paduraksa. Saya gak masuk ke dalamnya tapi mengintip dari luar, dari celah pintu. Beberapa saat setelah ngintip,  kupikir "eh kayaknya saya salah deh ngintip-ngintip! gimana kalo ada yang gak suka saya curi-curi lihat dan makhluk itu mengikutiku pulang!" 

Dua, di sumur. Sumur di Kaliwulu ada di sisi kanan dan kiri bangunan utama. Sumurnya dikasih sedikit bangunan ruang terbuka berbata merah. Lebih tertutup jadinya, orang gak akan lihat aktivitasmu di sumur itu. 

Saya menengok sumurnya. Secara situs tua, pengen megang aja gitu situsnya. Juga ingin lihat airnya masih ada gak, bagus gak. Dan ya begitulah saya lihat airnya bagus jernih dan gak berbau. 

Gak lama ku berada di situ radar tubuh saya berkata sebaiknya saya bergegas menjauh dari sana. 

Perasaan horor di Kaliwulu mengekor hingga...sekarang. Ya, gak boong. Sampai sekarang. Sesungguhnya saya gak keberatan ke sana lagi. Berkawan dengan perasaan horor ya sudah terima saja yang penting makhluknya gak muncul. Namanya juga mengunjungi tempat-tempat tua yang dikeramatkan, begitu memang.  

Saya kira, tidak sensitif terhadap hal-hal gaib adalah berkah. Kupikir-pikir nih, saya gak bawa misi aneh. Gak ada niat jahat. Jadi rasa percaya diri dan kerendahan hati  kujadikan bekal aja. Ditambah doa-doa sih heuheu. 

Namun nalar saya pun cukup waras untuk bilang: sudah lihat dari jauh saja gak usah dekat-dekat. Hehe. Emang paling bener tuh denger apa kata tubuh kita sih. Jangan percaya diri banget atuh jatohnya legeg nantinya. 

Oke satu lagi!

Pernah saya pergi ke Batuloceng. Indra dan Nabil ikut serta. Seperti biasa kami selalu jadi peserta paling belakang bila berjalan kaki. Sebab ada Nabil anak kecil kan kalo jalan distraksinya banyak. 

Saat kami beranjak pulang dari situs tersebut, gak ada perasaan aneh-aneh nih kurasa. Biasa saja. Di angkot pun normal saja.

Lantas Malia, pemandu turnya yang juga indigo, bilang bahwa saat kami berjalan pulang kami diikuti oleh 'nenek-nenek'. Ia menyukai anak saya. Ia bahkan ikut dalam angkot hingga Cibodas, sebelum kami pindah angkot menuju Lembang.




Saya bertanya pada Nabil. Kamu lihat ada nenek-nenek ngikutin kamu gak?
Gak ada, katanya.
Saya pun merasa gak ada perasaan horor nih. Kecuali waktu berada di situs Batulocengnya sih. Terasa banget keangkeran tempatnya. 

Ya sudah. Nampaknya bukan saya saja, Nabil pun diberkahi mata yang biasa-biasa saja. Syukurlah. Selama jalan-jalan bawa anak, dia gak pernah tantrum atau sawan aneh pun. Semuanya normal saja buat kami. Syukur hamdalah. 

Mudah-mudahan selamanya begini saja. Saya mengapresiasi sebuah situs bukan untuk berburu hal-hal gaib. 

Kalo ditanya tempat yang paling horor? jawaban saya adalah Masjid Kaliwulu dan Gunung Padang Ciwidey.

Begitu kira-kira. Kalo pengalaman horor kamu di situs-situs bersejarah ada gak?



Post Comment
Post a Comment