Social Media

Dari Bandung ke Garut Menumpang Kereta Api Lokal Cibatuan, Ongkosnya 14.000

June 28, 2022

Ke Garut biasanya menumpang apa? Elf atau mobil travel? Kalo saya elf sih. Pernah juga kendaraan pribadi. Berangkatnya via Cijapati soalnya kalo ambil jalan biasa yang via Nagreg pasti macet.

 

kereta api bandung garut


Nah baru aja kemarin saya, Indra, dan Kubil pergi ke Garut naik kereta api! Waduh pengalaman pertama ini sangat menyenangkan! Padahal dipikir-pikir kami gak lihat pemandangan apapun selama di jalan. Lha kami ambil keberangkatan malam hari pukul 19.28. Hehe.

Bisa jadi karena ini kali pertama juga saya naik kereta selama pandemi. Keduanya, tidak kena macet. Durasi perjalanan empat jam (bila dihitung dari rumah). 

 

Di dalam kereta pun nyaman saja seperti pergi ke Cimahi naik kereta hanya kalikan empat aja durasi waktu tempuhnya. Ketiganya, ya ini trek kereta api jalur baru ke Garut. 

 

Rel kereta api ke Garut sebenarnya sudah ada sih sejak zaman kolonial, tapi mati suri. Baru tahun 2019 dibuka lagi.
 

Stasiun Garut diresmikan tepat sebelum pandemi. Lalu terjadilah lockdown. Saat itu wacana jalur kereta diteruskan hingga ke Stasiun Cikajang sudah dimulai. Sayang kini proyek kereta api Cikajangnya berhenti. Sementara Stasiun Garut sudah siap. Jadi Garut ini stasiun terakhir dari mana-mana.

Bandung - Garut via kereta api juga jalur baru (yang lama, tapi baru). Jadi bukan saya aja yang pertama kalinya beginian nih, banyak orang juga mengalami hal yang sama. Cuma saya kan turis ya dan turis selalu ngehe sendiri haha, pokoknya everything is new, everything is interesting. Jadi ya seperti kubilang tadi, naik kereta Bandung - Garut menyenangkan rasanya. 

 

Bila ada kota-kota kecil terhubung ke Bandung via kereta api, pasti deh saya pengen ke sana naik kereta api! Seperti waktu ke rute kereta api Bandung - Tasikmalaya terhubung, saya cobain tuh. Senang banget yah naik kereta api tuh kenapa sih kira-kira heuheu.



Cara Memesan Tiket Kereta Api Bandung - Garut

Satu-satunya cara hanya via aplikasi KAI Access. Ada dua kereta api yang berangkat menuju Garut:

  • KA Cikuray (kereta api jarak jauh) berangkat dari Pasar Senen Jakarta. Ongkosnya 45.000 dari Bandung.
  • KA Lokal Cibatuan, (kereta api lokal), berangkat dari mana saja di stasiun mana saja di Bandung (dan Purwakarta). Ongkosnya dari Bandung 14.000.

Saya pilih Cibatuan aja karena murahlah apalagi. Berangkatnya dari Stasiun Bandung. Paling dekat dengan rumah soalnya. Namanya juga kereta lokal, jadi gak ada nomor kursi alias bebas mau duduk di mana aja.

Ada dua jam keberangkatan kereta api ke Garut dari Bandung:
06.43
10.55

Namun sayangnya dari Garut ke Bandung gak ada waktu yang cocok nih buat perjalanan pergi-pulang same day. Dari Garut ke Bandung berangkatnya:
06.05
10.55 


bandung garut naik kereta api cibatuan


Jadi kayaknya mesti nginep di Garut kalo kamu jalan-jalan di sana. Saya pun begitu. Saya booking satu kamar di Redddoorz Near Alun-Alun. Permalamnya 230+++. Lokasi strategis dan kamarnya cukup okelah buat menumpang tidur. Bukan kamar fancy, seperti kamar kos aja. Kayaknya seru deh kalo ada hostel di Garut.

Ayo Garut, disambut nih potensi turis-turis ngehe dari Jakarta dan Bandung. Hehehe apa sih ngehe, maksudku turis-turis bageur.

Sebaliknya warga Garut diuntungkan banget dengan kereta api Cibatuan ini. Mereka bisa pergi pagi dari Stasiun Garut, dan pulang malam dari Bandung. Seru ya! Gak apa-apa deh, saling bergiliran aja buang uangnya hehehe orang Bandung buang uang menginap di Garut. Orang Garut buang uang jalan-jalan sehari aja di kota Bandung.

Gitu aja. Cerita jalan-jalan di Garut saya buat di postingan berbeda yah! Bisa dibaca di tulisan Jalan-Jalan Sekitar Stasiun Garut. 


Ayo dibooking tiket kereta api dari Bandung ke Garut di aplikasi KAI Access ya! Lesgow, lesgooow!

Post Comment
Post a Comment