Social Media

Membaca Things Left Behind

June 11, 2022

Ada drama korea berisi 10 episode, judulnya Move To Heaven. Ceritanya tentang seorang pria, single parent, berbisnis biro cleaning service, berdua dengan anaknya. Jasanya dia khususkan utk lokasi TKP saja. 


Buku berjudul Things Left Behind tentang jasa orang membersihkan tempat kejadian perkara


TKP yang dimaksud lokasi di mana ada orang meninggal dalam kondisi janggal. Mendiang yang wafatnya tidak diketahui. Jenazah terlantar berhari-hari. Ada yang sendiri karena memang hidupnya sendiri, ada juga yang suicide. 


Drama koreanya diadaptasi dari buku berjudul Things Left Behind. Ditulis berdasarkan kisah nyata.


Penulis membagikan catatan tentang persiapan menghadapi kematian. Ia menulis catatan ini berdasarkan pengalaman membersihkan peninggalan orang-orang yang wafat. 


Apa aja? 


1. Biasakan hidup tertib


Rumah bersih, tidak menumpuk barang yang tidak digunakan.


Di bukunya tertulis gini: yang membuat kita bisa bertahan hidup setiap hari adalah hal-hal sepele seperti mencuci piring sehabis makan, mengelap debu di perabotan, mengepel lantai, dan sebagainya. 


Di halaman 195: semakin indah (bersih) tempat tinggal kita sesudah kita meninggal, kesedihan orang-orang yang ditinggalkan pun akan berkurang. 


2. Sampaikan maksud hati, bila terasa sulit sampaikan lewat tulisan


3. Simpan barang penting di tempat yang mudah ditemukan


Buatlah surat wasiat. Bereskan masalah finansial sebelum wafat agar tidak menyulitkan keluarga. Jangan simpan barang berharga di tempat yang sulit ditemukan. 


4. Jangan rahasiakan bila punya penyakit


Beritahu orang terdekat bila kita mengidap penyakit. Jangan disembunyikan karena mereka akan merasa terpukul bila mengetahuinya belakangan. 


5. Nikmati apa yang kamu miliki


Hemat tidak mengapa, tapi gak usah menghabiskan energi berhemat mati-matian. Pake barangnya, gunakan uangnya. Menyimpan barang tidak terpakai karena disayang-sayang hanya membuat hidup makin rumit.


6. Jalani hidup demi diri sendiri


7. Buatlah kenangan indah


Hal yang tersisa dari hidup adalah kenangan saling mengasihi. Bukan harta atau kehormatan. Namun kenangan menyayangi seseorang atau disayangi oleh seseorang. 


Buatlah banyak kenangan bersama orang-orang yang kita kasihi. Kenangan itu akan memberikan kehangatan saat ajal kelak menjemput kita.

Post Comment
Post a Comment