Social Media

Trip to Yogyakarta (Again!) and Surakarta

09 August 2017
Kami baru saja kembali dari perjalanan satu minggu di Yogyakarta dan Solo. Senang rasanya bisa kembali ke Kota Pelajar dan menjelajahinya sesuai keinginan kami. Belum lagi ada bonus ke Solo sebelum balik lagi ke Bandung.

Perjalanan ini bukan murni jalan-jalan. Indra ada urusan kerja di sana selama empat hari dan dia mengajak saya ikut serta. Kami menginap di hotel yang berbeda. Saya dan Nabil jalan-jalan berdua saja (plus seorang teman yang saya minta jadi pemandu) berkeliling tempat seru di Jogja. Indra baru gabung dengan kami selepas jam 2 siang.

Kayak biasanya saya udah nyiapin daftar mau ke mana aja selama di Jogja dan Solo. Yah gak jauh-jauh dari historical places wkwkwk. Mulai terbaca membosankan belum? :D

Highlight perjalanan ini adalah BOROBUDUR! Karena ini pertama kalinya saya melihat mahakarya satu dari tujuh keajaiban dunia ituh.

Saya beruntung banget selama perjalanan di Yogyakarta, seorang teman menemani kami. Alfian Widi adalah fotografer dan penulis lepas yang jadi pemandu saya selama di Jogja. Kamu bisa baca dan lihat karyanya di blog www.alfianwidi.com

Dengan waktu yang Alfian punya nemenin kami selama dua hari aja, itu pun kepotong hal darurat yang mendadak terjadinya, kami benar-benar memanfaatkan waktu yang tersisa dengan sepenuh hati *halah :P*.

Alfian mengajak saya ke Kota Baru (lihat rumah kuno), ke Museum Sandi, dan mengunjungi beberapa situs kereta api. Termasuk rumahnya yang ternyata antik banget. Pada hari ke dua, saya rikwes jelajah ke daerah Kauman dan dua masjid kuno. Dalam setengah hari saja misi tercapai.

Namanya traveling bersama anak kecil, kasihan juga kalau hanya ibu dan ayahnya yang senang-senang :D oleh karena itu saya bawa Nabil ke Gembira Loka dan dia senang banget ahahahahahah. Niatnya sih habis itu mau balik ke hotel, tapi Indra mengajak kami ikut rombongannya ke Imogiri untuk makan Sate Klathak. Nyampe hotel jam 9 malam dan ini badan terasanya capek banget.

Di hari ke tiga, Alfian harus pergi ke Pekalongan, saya dan Nabil istirahat saja di penginapan. Begitu juga Indra yang udah bebas dari kerjanya. Apa yang kami lakukan: tidur seharian. Capek :D Stamina kami jelek amat ya heuheuheu. Sorenya sih ke toko jamu, tapi itu juga saya doang yang pergi. Indra dan Nabil tidur mulu.

Baru deh besoknya tancap gas ke Borobudur. Siang hari berkeliaran di Malioboro itung-itung nunggu jadwal kereta ke Solo karena dapet tiket yang sore. Saya pengen ceritain satu-satu sih gimana kesan-kesan selama berkunjung.

(Lha yang mengunjungi masjid-masjid kuno di Cirebon aja belum saya tulis di blog. Ahuhuhuhuh)

Sementara itu, berikut ini cuplikan foto dari tempat-tempat yang sekarang jadi bagian dari kenangan kami :) Tulisan dan foto lebih banyak menyusul ya hehehe.

istirahat di stasiun yang hawa di sekitarnya segar dan sejuk
 Berkunjung ke Masjid Syuhada
Dan berjalan kaki menuju Museum Sandi

Melongok sedikit rumah-rumah tua di kawasan Kota Baru
Mengekor Alfian merunut jejak kereta api di masa lalu
Lalu mampir ke rumahnya (yang antik!)

Di Masjid Gede Kauman
Dan menjelajahi kawasan kampung kuno Kauman
Sholat Dhuhur di Masjid Margo Yuwono yang cantik
Dan sejenak menjadi anak gaul Jokteng -Pojok Benteng-
Menghabiskan sisa siang hari di kebun binatang
Mencicipi es jamu beras kencur di kedai jamu yang ada sejak tahun 1950
Esok harinya ke Borobudur
Dan jarang-jarang membuat foto keluarga ini :D
Lalu menuju ke Surakarta a.k.a Solo!
Rumah Turi, salah satu penginapan terbaik yang pernah kami singgahi
Menyaksikan jejak keraton Raja Surakarta
Dan menuju Pasar Gedhe mencari kuliner-kuliner terbaiknya Solo
Terakhir: singgah ke Laweyan

Teks : Ulu
Foto : Indra, Ulu, & Alfian

27 comments on "Trip to Yogyakarta (Again!) and Surakarta"
  1. Fotonya meuni cekas^^ jadi pengen liburan deh hehe tfs ya Teh

2. Seru juga ya liburan bareng anak. Eh liburan mepet ya? Tp asik ya lu

3. Waaak! Keren2 spotnya, luu! Bisaan nyari n motona uyy

Replies
    1. huehehehe makasih, teh ayu. sama aja klo teh ayu ada di sana motonya bakal begitu juga hehehe

Delete
  4. Museum Sandi itu didalemnya apa ya Teh? Aku baru denger.. Gatau aku yang kudet ya hahaha.. Foto2nya berbicara
    pisan, keren 👍

Replies
    1. sejarah ttg bahasa sandi di indonesia, nes. ada display sandi-sandi yg dipake, imitasi markas pasukan yang ngurusin persandian, dsb. saya juga kudet, baru tau dr pemandu saya ini yg ngasitau hahaha. terima kasih, nesa :)

Delete
  5. wah ada beberapa tempat di jogja yang ternyata belum kusambangi seperti kampung kauman ini lho... padahal alumni sekolah muhammadiyah

1. wagh, mesti ke sana mbaknya :D napak tilas Muhammadiyah heehehe

6. jogja dan solo itu selalu asyik banyak sejarah yg bisa dipelajari di sana

7. jogjaaa... anak2 cpt gedee yaa hehe
    kalo aku pengen k mesjid jogokariyan teh. trus baru deh k yg lain. ngehits katanya

Replies
    1. Masjid Jogokariyan ngehits kenapa, mba? setau saya letak masjid itu di kampung pesantren dan bukan masjid yang bersejarah2 amat. Cuma karena label 'kampung pesantren' aja jadi rame. Keraton dikelilingi kampung-kampung pesantren. Kebetulan kemarin itu saya nginep di penginapan yang letaknya deket dengan masjid ini.

8. udah lama gak ke yogyakarta nih
    jadi pingin kesana lagi

ReplyDelete
  9. Aduh jadi pengen ke yogya dan solo jadinya, kangen :"

10. Jogja dan Solo selalu punya magnet untuk kembali. Duh itu ya lupis pengen banget di towel.

11. Aaak Borobudur! Destinasi impian 😍

Replies
    1. Impian saya udah terwujud. Semoga Evi dalam waktu dekat bisa ke Borobudur yaaaaak!

12. iya mas Alfian ngetrip ke Pekalongan bareng aku

ReplyDelete
  13. Seruuuu ya. Btw, itu rumah-rumahnya mirip juga dengan di Kudus lho. Mirip banget! Dan aku baru menyadari kalau aku tuh dulu tinggal di kampung yang keren banget, karena banyak bangunan-bangunan tua nya :-D

14. Belum pernah ke Jogja, tapi bercita-cita main sampai sana. Baca dan lihat tulisan seta foto Mba jadi makin pengen ke sana... Jogja memang sesuatu banget dan pokoknya 😍

Oy, Salam kenal ya Mba 🙂

ReplyDelete
  15. Kangen Jogja.... Solo juga baru dua kali ke sana, padahal deket dari rumah alm nenekku, di Klaten. Jogja Solo itu kayak Bali kalo kata aku mah Lu, suasana mistis dan eksotiknya kerasa banget