Simak Tips Sukses Berbisnis Online dengan Ninja Xpress

February 17, 2020
Bisnis online adalah profesi baru di tengah melesatnya perkembangan internet. Selain bisa disambi dengan pekerjaan utama, berjualan di internet dapat juga jadi profesi utama. Bila ada yang sangat terbantukan dengan membuka bisnis online, salah satu jawabannya adalah ibu-ibu rumah tangga.

Untuk menjadi ibu dan memilih mengurus keluarga sepenuhnya hingga tak dapat bekerja ala pegawai kantoran, mereka memanfaatkan teknologi untuk berjualan dari rumah. Modalnya kemauan, smartphone dan kuota saja. Tinggal dipilih, membuat bisnis apa, menjual produk apa. Kapan waktu yang bagus untuk berjualan. Kepada siapa Anda memasarkan produk secara online. Lantas bagaimana cara memulai bisnis online itu?

photo credit

Cara Mulai Bisnis Online 

Mulai dari yang kita sukai 

Memulai bisnis, orang-orang bingungnya dagangin apa. Apa yang bakal laku? Harganya bagaimana? Pengen jual segala macam produk, memungkinkan tidak? Bila belum terbayang produk apa yang mau dibisniskan, perhatikan hal-hal yang kita suka. Suka ber-makeup? Nah bisa coba menjual produk-produk makeup dan skincare.

Gemar memasak? Sepertinya menarik kalau menjual jasa katering atau buka purchase order untuk menu tertentu. Sering traveling? Bagaimana jika buka jastip produk dari kota atau negara yang Anda kunjungi. Prinsip pertama jualan online adalah lakukan tanpa beban. Sambil menyelam dapat ikan, alias hobi dilakoni tapi juga untuk mendapatkan uangnya kembali. Lebih
menyenangkan kalau hobi justru menghasilkan untung.

Optimasi media sosial

Media sosial memuluskan bisnis. Orang yang terjangkau informasi bisnis kita bisa lebih banyak, kita gak hanya mengandalkan jaringan pertemanan. Media sosial juga dapat digunakan untuk beriklan. Anda dapat beriklan. Sesuaikan target pasarnya dengan profil produk.

Biasanya orang membuka media sosial untuk mencari informasi. Termasuk info berbelanja. Bila bisnis berjalan mulus, buka lowongan admin dan biarkan dia yang bekerja. Anda dapat fokus mengerjakan hal lainnya. Meski terlihat mudah, mengurus konten media sosial kalau dilakukan tiap hari pasti menantang. Delegasikan tugas pada orang lain untuk membantu Anda mengembangkan bisnis.

Membuat website

Toko online kebanyakan mengandalkan media sosial dan ecommerce. Namun, nilai lebih akan Anda peroleh bila toko dilengkapi website. Mengapa? Saat pembeli bertransaksi, mereka sign up terlebih dahulu. Di situlah data mereka akan Anda dapatkan. Dengan data yang ada di toko online website tersebut, pemetaan profil pembeli untuk mengembangkan bisnis lebih mudah dilakukan. Termasuk jika ingin membuat promo-promo menarik.

Website juga dapat menjadi media pengumpul email pelanggan. Saat Anda membuat newsletter harian atau waktu tertentu untuk menginfokan berbagai promo dan kegiatan seputar produk, data email pelanggan sudah di tangan.

Sesekali Mengikuti Bazar

Berjualan online memang menarik. Sesekali turun dari layar dan berdagang langsung, mengapa tidak. Ikutan bazar, misalnya. Berjualan di bazar seringnya tidak melulu bertujuan cari tambahan uang. Selain menambah portofolio pengalaman dan konten untuk media sosial, di bazar Anda dapat berjejaring dengan sesama pebisnis lainnya. Termasuk berinteraksi dengan pembeli secara langsung.

Konsistensi adalah kata kunci 

Memulai bisnis tidaklah sulit. Mempertahankan bisnis, itu yang lebih susah. Kebebasan berbisnis online adalah Anda dapat berhenti kapanpun Anda mau. Bisnis loyo, bisa langsung stop. Malas mengerjakan hal yang sama terus-terusan, bisa berhenti kalau mau. Bosan?Ya pindah haluan saja. Namun apa iya memilih berhenti tanpa dipikir matang adalah jalan keluar? Karenanya kesulitan bekerja dengan diri sendiri adalah mengalahkan diri sendiri pula. Sabar, tekun, dan giat adalah kunci.


Memilih partner jasa pengiriman 

Bisnis online pasti menggunakan jasa pengiriman. Cari ekspedisi yang terpercaya dan dapat diandalkan. Pilih Ninja Xpress untuk pengiriman barang. Paket yang dikirim dengan Ninja Xpress akan aman sampai tujuan. Pilihan pengiriman barang tersedia lebih dari satu macam. Kita bisa atur pilihan waktu jemput dan pengiriman paket.

Lokasi Ninja Point terdapat di mana-mana. Dengan menggunakan aplikasi Ninja Xpress, bantuan untuk penjemputan paket juga tersedia. Anda tak perlu repot keluar rumah. Status paket yang sedang dikirim secara real-time, dapat Anda telusuri melalui website maupun aplikasinya.

Tarif Pengiriman Ninja Xpress

Tarif flat bagi pebisnis online: Tarif Jabodetabek waktu pengiriman 1-3 hari sebesar Rp9.000. Jumlah paket yang dikirim minimal 10 bungkus. Tarif pengiriman ke Pulau Jawa selama 1-3 hari, ongkosnya Rp19.000. Jumlah paket minimal 10 bungkus.

Nah itu dia tips sukses bisnis online Ninja Xpress. Terima kasih sudah membaca kiat-kiat di atas. Selamat mencoba!


1 comment on "Simak Tips Sukses Berbisnis Online dengan Ninja Xpress"
  1. owalah bisa dipickup juga tho. aku kira harus ke kantornya. soalnya lagi mulai menghidupkan kembali olshop yang pernah mati suri

    ReplyDelete