Riding di Tengah New Normal? Tips Otomotif Sederhana Ini Bisa Diterapkan

July 23, 2020
Masa pandemik yang begitu panjang pastinya membuat semua orang merasa jenuh karena harus beraktivitas di dalam rumah demi kesehatan dan keamanan bersama. Yang terbiasa melakukan aktivitas di luar, di masa new normal ini pasti menyambutnya dengan luar biasa sebab terdapat kelonggaran untuk melakukan aktivitas di luar, tentunya dengan mengikuti beberapa protokol kesehatan, social distancing dan tips otomotif untuk mendukung performa.



Bagi pecinta dunia riding, masa new normal ini dapat dimanfaatkan untuk kembali melakukan aktivitas tersebut. Namun, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar riding yang dilakukan tidak menghadapi masalah. Berikut adalah tips tentang riding aman dan nyaman dari berbagai sumber yang dapat diterapkan:

1. Pastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Sehat

Untuk siap melakukan riding tidak hanya berbekal rencana yang matang. Kondisi tubuh sebelum melakukan riding juga harus dipersiapkan dengan baik. Apalagi di masa new normal ini, dimana Covid-19 belum sepenuhnya hilang dari negara ini.

2. Cek Juga Kondisi Kendaraan

Kondisi tubuh sudah fit, maka persiapan selanjutnya adalah kendaraan yang akan digunakan untuk riding. Berdasarkan tips otomotif terbaru, kendaraan yang akan digunakan untuk riding harus lah prima dan tidak ada kerusakan di bagian mesin atau yang lainnya. Oleh karena itu, jika ingin riding berjalan lancar, maka cek secara seksama keadaan kendaraan.

3. Hindari Zona Merah

Tidak semua daerah memberlakukan new normal. Apabila kebetulan rute yang akan dilalui selama riding melintasi zona merah, sebaiknya yang paling aman adalah menghindar terlebih dahulu untuk mengantisipasi adanya sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk mengetahui wilayah mana yang masuk zona merah, Anda bisa menghimpun banyak informasi dari berbagai sumber terpercaya.

3. Tetap Memakai Masker dan Siapkan Hand Sanitizer

Walaupun sudah berlaku new normal, bukan berarti selama riding Anda bebas menanggalkan masker. Tips otomotif selanjutnya, demi keamanan bersama, selama riding usahakan untuk selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer selama perjalanan. Masker yang digunakan harus yang lapis 2 karena kondisi yang belum pulih maksimal sehingga perlu banyak waspada.

4. Kelengkapan Surat Tidak Boleh Dilupakan

Paling penting dan vital adalah surat-surat kendaraan. Misalnya saja STNK. Selama perjalanan tidak akan pernah tahu apakah di satu tempat akan terjadi pemeriksaan. Agar terhindar dari tilang, maka sebaiknya Anda menyiapkan kelengkapan surat sejak jauh hari. Termasuk tanggal kadaluarsa.

5. Selalu Cek Suhu Tubuh

Selama melakukan perjalanan, kelelahan fisik sudah pasti akan dialami. Kelelahan tersebut bisa berpotensi menaikkan suhu tubuh. Untuk memantau suhu tubuh agar tidak melebihi batas normal, ada baiknya apabila Anda selalu mengecek suhu tubuh selama di perjalanan. Jika mendekati ambang batas, sebaiknya Anda lekas beristirahat karena kondisi pandemic yang belum sepenuhnya pulih.

6. Jangan Lupa Bawa Helm

Tidak hanya berupa surat ijin saja yang paling vital. Pemakaian helm selama melakukan perjalanan riding pun tak kalah penting. Helm yang digunakan juga harus berstandar SNI. Sebelum riding dimulai, pastikan kondisi helm tidak mengalami kerusakan karena akan berakibat fatal.

Masih banyak sekali tips otomotif tentang persiapan riding di masa new normal yang dapat diterapkan. Anda dapat mencari informasi tips yang lainnya di otoloka.id yang memang khusus sebagai website otomatif dan menyediakan tidak hanya tips bermanfaat, tapi juga informasi penting lainnya. Beberapa poin di atas hanya sebagian contoh kecil dan mudah Anda lakukan sebelum melakukan riding. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.


Post Comment
Post a Comment