Social Media

Imlek di Bandung: Kirab Cap Go Meh yang Mengharukan

27 January 2017
Berikut ini adalah cerita lama yang asalnya dari tahun 2011. Melihat perayaan Tahun Baru Cina (Imlek) belum pernah saya lakukan selain mengintip dari luar klenteng saja. Berkunjung ke kota lain yang merayakan Imlek secara besar-besaran pun sama sekali belum saya pikirkan. Namun pada enam tahun lalu itu ada perayaan Imlek yang berbeda di Bandung.

Untuk pertama kalinya sejak saya mendiami kota ini, saya melihat Kirab Cap Go Meh. Kirab Cap Go Meh merupakan puncak dari perayaan Imlek. Biasanya diselenggarakan 15 hari setelah Imlek. Kirab Cap Go Meh dilakukan dengan turun ke jalan dan berjalan membawa atribut khusus.

Di Bandung setahu saya gak ada perayaan Imlek secara meriah sih. Palingan di klenteng masing-masing atau di tempat-tempat komersil. Tapi festivalnya seingat saya tidak ada. Kirab Cap Go Meh ini adalah acara yang termeriah dari perayaan Imlek di Bandung.




Bukan saja menontonnya, saya mengikuti kirabnya sejak awal mulai hingga acara selesai. Rupanya bukan saja perayaan tersebut jadi yang pertama untuk saya. Bagi umat yang menjalankan perayaan Imlek, Kirab Cap Go Meh di Bandung tahun 2011 merupakan kirab pertama setelah hampir 44 tahun ketiadaannya.

Begini ceritanya.


Berjalan Mengikuti Kirab Cap Go Meh


Di tepi Jalan Cibadak sore itu, dua porsi baso tahu siomay tandas, dua gelas air teh tawar habis. Bekal untuk perut saya dan Indra sudah cukup. Waktu menunjukkan pukul tiga sore. Saatnya meleburkan diri ke dalam sebuah pawai yang saya pikir pada mulanya biasa saja, tapi ternyata memberi kesan yang dalam dan mengharukan.  

Ratusan orang mengenakan pakaian merah-merah di ujung Jalan Cibadak, di depan Vihara Dharma Ramsi. Ratusan orang lainnya berdiri di pinggir jalan hendak menonton pawai tersebut. Pawai yang saya maksud adalah Kirab Cap Go Meh. 

Kamera siap bekerja, kaki-kaki kami siap berjalan dan berlari mengikuti pawai Cap Go Meh. Melihat lautan manusia yang memenuhi jalanan, ponsel dan dompet kami simpan dalam ransel. Tidak ada waktu untuk update status ke Twitter dan Facebook, pikir saya waktu itu. 

Sebelum saya berangkat mengikuti dan menonton pawai Kirab Cap Go Meh, saya membaca sebuah headline portal berita. Perayaan Imlek di tahun 2011 adalah perayaan besar pertama sejak pelarangan Imlek oleh rezim Soeharto di tahun 1967.




Berbeda dengan penganut Konghucu di daerah pesisir. Mereka secara terbuka sudah merayakan Imlek dengan ramai dan mengadakan Kirab Cap Go Meh sejak Presiden Gusdur mencabut Inpres no 14/1967 tentang pelarangan Imlek, di tahun 2001. Sementara di Bandung, perayaan Imlek sudah dilakukan tapi Kirab Cap Go Meh di tahun 2011 adalah kirab pertama kalinya sejak tahun munculnya Inpres itu. 

Mengetahui hal tersebut, saya pikir sayang banget kalau saya melewatkan Kirab Cap Go Meh. Lha bayangkan saja perasaan kamu (kalau kamu muslim) bila dilarang merayakan Lebaran, gak boleh takbiran, dan gak boleh sholat Id di muka publik selama puluhan tahun, bagaimana rasanya?

Jadi bagaikan kembang yang layu dan kembali segar, seperti itu lah kesan yang saya dapatkan sewaktu melihat Kirab Cap Gomeh di Bandung tahun 2011.

Suasananya riuh sekali. Seperti kenduri ala orang kaya zaman dahulu. Ramainya luar biasa. Meriah tiada tara. Ada yang memukul gong. Pasukan Barongsai mulai beratraksi. Liong ditegakkan. Kio mulai diayun-ayun. Wangi hio bertebaran. Musik khas Tionghoa bertabuh keras sekali, gendang ditabuh kuat-kuat dan kompak. Jantung saya berdebar-debar karena terbawa suasananya.


Liong dan Barongsai, Favorit Saya!


Saya tidak tahu atribut yang diarak selama kirab apa artinya. Baru di rumah saya mencari tahu via mecin pencari. Misalnya saja Liong yang bentuknya kepala naga dan badan ular adalah penolak bala, membawa perlindungan, berkah, dan keselamatan.

Terlepas dari maknanya, secara umum saya menikmati arak-arakan Cap Go Meh karena Liong itu sangatlah indah sekali! Warna-warni Liongnya, dominan merah, kuning, dan hijau. Orang yang membawa Liong jumlahnya lebih dari lima. Mereka semua bergerak seperti menari, kompak sekali. Liongnya meliuk-meliuk. Ular naga yang rupawan!






Belum lagi orang yang menggotong-gotong Kio. Kio ini semacam panggung kecil, pada bagian tengahnya terdapat dewa-dewi. Bukan hanya pria yang menggotong Kio, wanita juga. Bahkan banyak ibu-ibu dan wanita manula ikut-ikutan membawa Kio dong. Wadooow! Terbayang beratnya. Namun mereka nampak bahagia dan senang saja. Woow!

Juga ada sosok yang bentuknya besar dan tinggi. Rupanya jelek sekali, menyeramkan seperti hantu. Saya lupa istilah khusus dari makhluk ini. Sepertinya dia ini makhluk antagonis.




Barongsai tentu saja jadi favorit. Bukan saja jadi kesukaan saya, tapi banyak orang lainnya. Sering saya temui Barongsai diajak berfoto bersama. Hahaha seru. Eits, saya juga bawa angpao dong. Saya kasih-kasihin ke Barongsainya. Ternyata ngasih angpao ke Barongsai menimbulkan sensasi yang lucu banget. Ya senang ya lucu. Sayang saya gak bawa tali pancingan, saya lihat gak sedikit yang memberi angpao dengan tali pancing. Angpaonya ditempatkan di ujung tali dan ditarik ke atas agar Barongsainya kesusahan ngambilnya dan loncat-loncat gitu jadinya. Hahaha seruuu!

Makin malam suasana kian semarak namun juga syahdu. Lampion menyala. Warna Liong dan Barongsai semakin mencolok berpendar-pendar.




Berhubung di Bandung masih ada beberapa bangunan tua, maka atraksi terbaik Kirab Cap Go Meh menurut saya kalau arak-arakannya melewati di depan gedung/rumah kuno. Belum lagi kalau rumah kunonya rumah khas arsitektur cina. Hwuidiihhh terbayang suasana Imlek di Bandung tahun 1930an saja.


Kirab Cap Go Meh di Bandung


Sudah jam 4 sore, jalan Cibadak dipenuhi manusia. Untuk berjalan pindah tempat berdiri susahnya bukan main. Harus pintar berkelit dari kaki-kaki yang berdiri, badan yang menghadang, dan tangan-tangan yang sibuk. Saya dan Indra sudah bertekad akan menyusuri kirab berbarengan dengan pesertanya. Kami memutuskan mengambil titik bersama rombongan paling depan agar tidak terseok-seok tergerus penonton yang membludak di sepanjang kirab.

Kira-kira jam setengah lima sore kirab mulai bergerak teratur. Langit cerah dan wajah-wajah peserta kirab bahagianya tak terperi. Dari anak-anak sampai dengan nenek-nenek dan para kakek, turun semua ke jalan. Senang sekali! 

Macet? ya sudah pasti. Hahaha. Bukan gara-gara kirabnya sih, melainkan Pemerintah Kota Bandung (waktu itu bukan Ridwan Kamil walikotanya) dan pihak polisi yang tidak melakukan sosialisasi penutupan jalan. Saya bersyukur tidak menjadi mereka yang kena macet dan tidak tahu ada apa gerangan ☺ 

Ya coba bayangkan saja, ini perayaan pertama setelah 44 tahun terabaikan, ya pasti ramailah! Komunitas Tionghoa di Bandung turun semua ke jalan. Jangankan orang Bandung, peserta kirabnya juga banyak yang berasal dari di kota-kota tetangga.

Jalur yang digunakan dalam Kirab Cap Go Meh ini adalah area yang banyak dihuni warga Bandung keturunan Tionghoa: Jalan Cibadak, Jalan Kelenteng, Jalan Kebon Jati, Jalan Otista, Jalan Sudirman, dan kembali ke Jalan Kelenteng.




Hampir semua rumah yang dihuni warga keturunan Tionghoa di pinggir jalan, pintu rumahnya dibuka. Beberapa di antaranya membuat altar kecil. Bukan hanya penganut Konghucu, umat muslim yang juga keturunan Tionghoa keluar rumahnya dan memberi angpao ke hampir semua peserta Kirab, utamanya Barongsai.

Saya berdiri bersama mereka dan melihat sendiri mata-mata yang sedang bahagia. Seperti sedang terharu. Generasi anak cucu mereka yang sebaya dengan saya pasti belum pernah melihat Kirab Cap Go Meh di Bandung. Bisa jadi ibu dan ayahnya juga harus plesir ke kota lain dulu untuk merayakan kirab. Tapi sekarang di Bandung pun sudah bisa berkirab. Horeeee! 

Pukul delapan malam, kirab berakhir. Bekal baso tahu siomay ampuh memberi tenaga kami berjalan dan berlari-lari mengejar arak-arakan peserta kirab yang sebentar diam beratraksi dan sebentar jalan cepat sekali. Usai mengikuti Kirab Cap Go Meh, saya dan Indra kembali mencari restoran dan hendak makan malam. Menu santapan kami waktu itu juga asalnya dari Cina: kwetiaw dan ifumi ☺

Indra menandaskan banyak makanan. Dia memang lapar sekali saking capeknya, karena tugasnya memotret (dan berjalan, sesekali berlari mengejar tempo peserta Kirab). Sementara saya memang lebih santai, hanya mengamati saja (dan tentu saja ikut berlari-lari, hahaha).


Melihat Perayaan Imlek di Kota Lain Bukan Cuma di Bandung? Mauuuu! 


Saya berjilbab dan saya melihat perayaan Imlek sebagai perayaan yang bukan melulu tentang perayaan agama. Saya muslim dan mengapresiasi perayaan tersebut sebagai sebuah budaya. Bagi penganutnya, Imlek berhubungan dengan tuhan dan para leluhurnya. Untuk saya, Imlek merupakan sebuah atraksi budaya yang sangat menarik, indah, sakral, dan magis.

Sejak Kirab Cap Go Meh 2011, saya menyimpan keinginan untuk melihat Festival Imlek Indonesia: di Semarang, Singkawang, Palembang, Cirebon, Surabaya, Lasem, termasuk sampai ke negeri Cina. Sampai saat itu tiba, saya masih setia melihat perayaan Imlek dan Kirab Cap Go Meh di Bandung.

Sejak tahun 2011, tidak tiap tahun Kirab Cap Go Meh diselenggarakan di kota Bandung. Namun bila pengumuman akan diadakannya Kirab Cap Go Meh sudah muncul, saya selalu menyediakan waktu untuk melihatnya.

Kalau kamu ingin melihat perayaan Imlek, coba cek jadwal di kotamu. Beberapa kota biasanya secara berkala mengadakan perayaan Imlek.

Selamat Tahun Baru Cina. Selamat datang, Tahun Ayam Api!






Teks : Nurul Ulu
Foto: Indra Yudha


25 comments on "Imlek di Bandung: Kirab Cap Go Meh yang Mengharukan"
  1. Ahh memang mengharukan yaa kebayang deh rasanya..keberagaman inilah yang bikin Indonesia makin kecee

    ReplyDelete
  2. ih seru... saya pun suka nonton keriaan macam begini, udah lama nyimpen niat pengen nonton perayaan Imlek yang di Pontianak kebeneran ada paman di sana, eh tapi taun ini katanya nggak dirayain besar2an... mungkin karena sikon lg gak bersahabat yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Bandung juga kabarnya malah gak akan ada kirab karena situasi sedang 'panas' dan sensitif dengan isu agama nih, mba inong...hiks...

      Delete
  3. Ah ngelihat foto" mbak nurul keren" euy. Wiuh acara nya sampai malam lah ya mbak, trus itu satu kampung warga tionghoa smua ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan saya yang moto, mas fajrin. Indra suami saya yang moto hehehe. Bukan satu kampung, tapi seBandung kayaknya tumplek tumbleugh warna keturunan tionghoanya di sini. Di sini gak ada kampung khusus, adanya wilayah yang kebanyakan dihuni warga keturunan tionghoa, tapi nyampur juga dengan warga etnis lainnya.

      Delete
  4. Waaaah meriaaah. Aku sendiri suka banget liat pertunjukan saat lagi imlek gitu. Semoga bisa ikutan menyaksikan perayaan imlek di Palembang :)

    Omnduut.com

    ReplyDelete
  5. Disini nggak ada Imlek...tapi di kampung Emak ada..seru, karena banyak orang Chinesenya...meriah banget kalau Imlek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada yg meriah, ada juga yang bersahaja ya. Tapi aslinya mah emang heboh sih kirab cap go meh :D hehehe

      Delete
  6. aku suka lohat kirab seperti ini pasti meriah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Tira di Cirebon kan ya? perayaan imlek di sana gimana serunya, Mba?

      Delete
  7. memang meriah banget ya, antusias dan emosi kirab pertama setelah sekian tahun..
    dulu sebelah puskes ada kelenteng tempat latihan barongsai..
    seru nonton latihannya dengan iringan musikya..,
    dulu belum ngeblog jadi nggak punya foto2nya ha.. ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya blm pernah lihat latihan barongsai, Mba Monda. Pengen euy, seru kayaknya hehehehe

      Delete
  8. wah aku malah pengen liat kirab imlek di Bandung.. Bandung emang bikin kangen sih.

    ReplyDelete
  9. kirabnya sore ke malem ya teh, jadi ademan. kalau di Pekalongan siang...panas euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nay. Euleuh kebayang panasnya ya di Pekalongan....

      Delete
  10. Halo Bandung, Bravo! Hope it can be held again this year....thanks Ms Nurul for your posting.... It is very interesting...

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah nonton Imlek. Lha, di sini nggak ada je. Dulu semasa masih tinggal di Jogja ada banyak perayaan, tapi masih bersifat agak eksklusif gitu di klenteng-klenteng, nggak kaya tahun-tahun belakangan yang dijadikan tontonan buat umum di tempat terbuka.

    Btw, selamat ya. Dapet voucher Gramedia, lumayanlah ketimbang saya manyun hahaha.

    ReplyDelete
  12. Ms Nurul you have a good news, I have informed that the Kirab Budaya Cap Go Meh 2017 in Bandung will be held at this Saturday, February 18th 2017. The route is :

    Start from Vihara Dharma Ramsi di Gg. Luna ke - Cibadak - Astana Anyar - Jendral Sudirman - Kelenteng - Kebonjati - Otto Iskandardinata - Jendral Sudirman - Astana Anyar - Cibadak and finish at Vihara Dharma Ramsi.

    OK, don't miss it. Tell your family, friends, colleague and please share this information by your gadgets.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello! Wow thank you :) of course i will share this info in my IG and FB, and Twitter :D

      Delete
  13. Ijin share yah kak...kebetulan saya dan group saya ikut partisipasi dalam CGM 2011... salah satu perayaan CGM yang paling meriah yang pernah saya ikut. Dan belum pernah saya dan group barongsay absen dalam perayaan CGM Bandung. Hari ini saya absen tapi group saya ikut partisipasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo, Ernest! Boleh silakan. Wah senangnya saya tulisan ini dibaca peserta kirab hehehehe. Barusan saya abis lihat Kirabnya. Kamu dari grup apa namanya?

      Delete