Social Media

Tanakita Camp: Trekking ke Situ Gunung dan River Tubing

13 November 2014
Jangan tidur sampai siang di Tanakita Camp. Nyesel!








Kami dong, bangun jam setengah empat subuh. Hahaha. Habisnya di tenda, meskipun lampunya sudah dimatikan, tapi kok kayak sudah pagi. Fatamorgana dalam tenda ini namanya :D

Jam lima saya dan Gele keluar tenda. MasyaAllah indahnya. Bagaimana ya menjelaskan pemandangannya. Saya pikir pemandangan sore kemarin tuh sudah yang paling pol. Salah. Subuh-subuh di Tanakita Camp, jangan tidur. Bangun. Keluar dari tenda. Lihat ke arah langit gunung Gede Pangrango. Mataharinya cantik sekaliiiiiiiiiii!

Berharap subuhnya jangan pergi cepat-cepat, tapi satu menit serasa satu detik. Sedang asyik melahap pemandangan berkas-berkas matahari yang merah jambu warnanya, tahu-tahu langit mulai memutih. Ah pertanda niat jalan-jalan ke Situ Gunung harus segera ditunaikan.

700 meter dari Tanakita Camp ada danau buatan. Kelihatannya sih buatan pemerintahan kolonial. Di Bandung juga ada danau model begini. Situ Lembang di utara, Situ Cileunca di selatan. Fungsinya untuk nampung air hujan dan diturunkan ke daerah yang lebih rendah. Nantinya tenaga airnya bisa jadi pembangkit tenaga listrik dan memenuhi kebutuhan air penduduk. Tapi air di danau Gunung ini gak tau sih buat apaan.

Jalan kaki ke Situ Gunung gak makan waktu lama. 15 menit juga sampai. Kalau saya dan Gele sih bawa anak umur dua tahun. Jadinya 30 menit deh baru tiba di Situ Gunung. 

Jalan ke Situ Gunung gak nanjak. Tapi pas pulangnya deh baru kerasa. Nanjak edan. Hihihi. Gak sampai setengah perjalanan sih nanjaknya.

Ngapain aja di Situ Gunung? Ya foto-foto. Duduk makan indomie rebus dari lapak yang jualan di sana :D habis itu melongo nonton keindahan pohon dan tebing, mengingatnya lekat-lekat dan membawanya pulang ke Bandung.

Pulang dari Situ Gunung, kami bertiga langsung...makan pagi! Lapar euy. Makanan paginya ada Nasi Goreng, kwetiaw, ikan goreng tepung, tahu, krupuk, dan telur dadar. Bikin telur dadarnya juga 'live' langsung didepan tamu. Gak istimewa sih memang, cuma kok kepikiran gitu buat bikin 'pertunjukkan' sederhana tapi nyenengin gini :D apa saya aja yang lebay yak ini hahaha :D













Istirahat kira-kira dua jam. Pukul sembilan saya beranjak lagi dari leyeh-leyeh di bawah pohon belakang tenda. Mau ngapain? River Tubing!

Sejujurnya, olahraga air tuh menakutkan. Takut tenggelam dan kepala kejedot batu sungai. Saya pernah rafting di Cimanuk, jatuh dari perahu dan kecebur. Gak bisa berenang. Pake rompi pelampung sih, tapi ya tetap panik :D tapi ya tetap juga saya ikutan raftingnya. Hihi :D

Jadi meski ragu-ragu ikutan River Tubing, saya hajar bleh aja. 

Pake rompi pelampung, helm, double dekker di lutut dan siku tangan, dan sepatu keds umur lima tahun. Mesti dijelasin nih umur sepatunya karena sepasang sepatu saya jebol selama river tubing! Hahaha ya maklum, gabungan antara umur sepatu dan kualitasnya :D

Briefing dan berdoa dulu sebelum river tubing. Habis itu, berangkat! 

Dari Tanakita Camp, rombongan river tubing jalan kaki dulu ke arah hutan. Kira-kira 15 menit saja. Jalanan turun agak-agak licin karena hujan semalam. Di sisi kiri saya tebing, di sisi kanan jurang yang rimbun pepohonan. 

Kalau jalannya lurus berarti makin masuk ke hutan belantara. Tapi kami berbelok ke cekungan. Sungainya menunggu disitu. Sungai Gunung. Orang Sunda menyebutnya Cigunung. 

Airnya jernih, bersih, bening, dan super dingin. Sudah lama tidak bersua dengan air sesuci itu. Duh Cigunung, mudah-mudahan kamu lestari ya sampai tujuh turunan saya dan tujuh turunan orang ke-tujuh turunan saya, dan seterusnya, dan selamanya. Amin. 

Kru river tubingnya Tanakita sudah bersiap. Gak ada lagi ruang buat ketakutan saya. Saya tempelkan tangan di permukaan air sungai sebelum river tubing dimulai. Tanda perkenalan kami.

Berangkat urutan ketiga, saya duduk di ban hitam yang besar muat satu orang. Lalu meluncur langsung ke jeram pertama. Syuuuut! Brrrrr.

Ini dia. Segar, basah, dingin, terbawa arus, dan seruuu sekali! Ah kurang banyak, seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
sekali! 

Gak mau berhenti. Hahaha. Begini kali ya rasanya jadi daun yang jatuh di sungai. Tetap di permukaan dan mengalir saja.

Air sungainya gak dalam. Kalau saya berdiri di sungainya kira-kira dalam airnya selutut dan sepaha saya (tinggi saya 160cm). Kalaupun ada bagian yang dalam, sudah dibendung oleh kru Tanakita. Di tiap jeram yang tinggi, krunya sudah siaga. Pokoknya ngayomi bangetlah. Seneng! Agak serem kalau pas ketemu jeram, badan kita ngebalik. Namanya arus sih gak bisa diberhentiin. Bannya juga muter-muter mulu :D jadi ya setirnya ada di keseimbangan badan.

Mulai terasa juga manfaat menyimak briefing kru Tanakita. Pakai sepatu. Kalau pake sandal, pasti memar terbentur batu sungai. Saya dong pakai sepatu keds. Dan mereka jebol hahaha. Tapi di titik ngetem dari river tubing, saya dipinjami sepatu oleh kru Tanakita. Ih baik banget. Hatur nuhun.


Foto ini courtesy-nya Mba Myra Anastasia
Foto ini courtesy-nya Mba Myra Anastasia
Foto ini courtesy-nya Mba Myra Anastasia
Belum seperempat perjalanan, air yang dingin itu sudah tidak terasa apa-apa. Segar saja yang ada. Kalau sungainya rada tenang karena agak jauh dari jeram, saya tiduran menengadahkan kepala. Ah cantiknya... terayun-ayun di permukaan sungai sambil lihat langit dan pepohonan. Gini kali ya rasanya jadi ikan yang hidup di Cigunung. Tiap hari lihat pemandangan hijau, rimbun, dan bersih. 

Saking segarnya itu air sungai, saya ambil-ambilin pake tangan, ditangkupkan lalu diusap ke muka. Kapan lagi. Begitu juga pas sampai di finish point. Saya buka helm, wadahin air sungainya ke helm tersebut dan membanjurnya ke kepala saya. Seger banget! Sekalian pamit sama air sungai. Cigunung, kamu lucu banget. Seru! 

Ah sayang Gele gak ikutan. Mesti jaga Nabil sih. Saya janji mau balik lagi ke Tanakita Camp dan ikutan river tubing lagi. Kali nanti Gele harus ikutan! Nabil juga, kalau sudah rada gedean. 

River tubingnya 1,5 km. Semua proses dari briefing sampai pulang lagi ke campnya Tanakita lagi memakan waktu dua jam. 

Habis bersih-bersih mandi pake air hangat, langsung menuju tempat makan. Gak ada waktu buat istirahat. Laparrrrrrr! Lagi-lagi makanannya enak (dan banyak). Ah senengnya.

Menit-menit terakhir di Tanakita, rasanya sedih gak mau pulang. Betah di Tanakita. Kapan kalian mau buka tenda kost-kostan? Saya daftar ya. Hehehhe :D 

Tempatnya bikin betah, pengalaman jalan-jalannya menyenangkan. Bukan berarti gak sempurna ya Tanakita, tapi yang remeh-temehnya jadi ketutupin senengnya sih. Hihihi :D Kalau kalian ke Tanakita, mudah-mudahan mendapatkan pengalaman seseru saya, Gele, dan Nabil. 

Saya ke Tanakita di bulan November. Musim hujan. Cigunung lagi bagus jeramnya. Situ Gunung sedang banyak airnya. Komplit lah, lagi-lagi alam semesta kompak melayani saya sebegitu baiknya. Terima kasih Tanakita, mba Myra dan suami yang sudah memilih kami :D, pohon Damar, pohon Pinus, Cigunung, dan Situ Gunung. Eh ketinggalan, sampai jumpa lagi, Tonggeret! Kami pasti datang lagi ke Tanakita :)


8 comments on "Tanakita Camp: Trekking ke Situ Gunung dan River Tubing"
  1. Waaa seru banget.. sampe u nya gak bisa berhent gitu. hihihi jadi pingin nyicipin tanakita :D

    ReplyDelete
  2. Duh indah banget tempatnya, Mak. Bersih, adem dan pasti bikin anteng hati di sini :)

    ReplyDelete
  3. huruf "u" nya panjaaaangngngngngngngngng !!!
    :)

    ReplyDelete
  4. bikin mupeeeeeeeeeeeeng, maaf lagi ngerapel bw nih baru sempet bw :)

    ReplyDelete
  5. Biayanya 550 perorang ya? Kalau bawa keluarga (2 orang dewasa 2 anak diatas 5 th) biayanya 550 x 4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya :D etapi saya lupa kalo anak-anak batas umurnya berapa tahun sekarang.

      Delete