Social Media

Jalan-jalan Aleut: 124 tahun Biofarma

09 March 2014
Jumat 7 Maret saya bergabung dengan komunitas Aleut. Ini komunitas sejarah, kerjaannya jalan-jalan mendatangi tempat bersejarah. Kadang-kadang gak jalan-jalan melulu, tapi juga berkumpul di satu tempat dan bedah buku juga atau bedah musik.


Nah jumat lalu, jam 2 siang, kami diijinkan masuk ke gedung Biofarma. Buat yang bingung ngapain ke gedung Biofarma, kami kesana dalam rangka melihat peninggalan sejarah yang masih ada disana. Mulai dari penampakan gedungnya, interiornya, sampai ke museumnya juga.



lagi merhatiin ceritanya Pemandu dari Biofarma

Iya, ternyata Biofarma punya museum! Baru tau saya, nih. Walo cuma satu ruangan, tapi tetep aja rasanya sejarah panjang Biofarma lengkap ada disini. Saya bisa liat peralatan bikin vaksin tahun 1930an! Widiiih jadul banget. 


Pihak Biofarma menyambut kedatangan kami dengan ramah banget. Mereka juga nganterin kami keliling Biofarma. Kami diajak keliling gedung di bagian yang utama aja. Yang detil-detil sih tertutup buat umum. Di beberapa titik dalam gedung kami gak diperkenankan motret. 

Biofarma adalah lembaga (BUMN) vaksin yang diakui dunia. Kita ini udah ngimpor vaksin-vaksin sendiri. Di dunia ini cuma ada 23 negara yang boleh ngimpor vaksin, salah satunya Biofarma. Dan tempat ini cuma satu-satunya di Indonesia. 

Berdiri tahun 1920an Biofarma yang ada di Jalan pasteur ini adalah pindahan dari Jakarta. Karena udah ada sejak dulu, gak heran bentuk bangunannya tempo dulu banget. Gagah dan megah, detil dan unik. Saya sukaaaaaaaaaa banget sama detil jendela-jendelanya. Kadangkala suka mikir gimana caranya itu tukang-tukang kuli bangunan ngebangun tempat ini, mana detil juga.



Ventilasi kan gampang ya tinggal bolongin dinding. Tapi mereka, Belanda, bisa bikin ventilasi keliatan kayak ukiran. Ihik... bagusnya...

Sebentar, saya ikut mejeng ya. Hahaha. Duh Belanda, buat bikin 'monumen' pendiri aja bagus gini ya. Kayak prasasti. 
Di bawah 'prasasti' Nyland,
salah seorang sesepuh Biofarma
Seneng deh bisa masuk kesini. Bisa liat sejarah Bandung yang lain. Sejarah dunia malahan :) 
Makasih Aleut, hatur nuhun Biofarma. 

foto keluarga
Gedung Biofarma ada di Jalan Pasteur. Tepatnya sebelah Rumah Sakit Hasan Sadikin, pas banget di bawah jalan layang Pasupati. Buat masuk ke tempat ini agak-agak ribet kalau bukan pegawai Biofarmanya. Bukan birokratif, tapi emang gak bisa sembarang orang keluar masuk ke tempat pembuatan vaksin ini. Jadi kalau mau jalan-jalan liat gedungnya, kudu izin ke pihak humasnya yak. Cek di webnya http://www.biofarma.co.id/
8 comments on "Jalan-jalan Aleut: 124 tahun Biofarma"
  1. Wah..
    Keren sekali tempat ini..
    Semoga lain kali bisa kesini juga.. :)

    ReplyDelete
  2. Baru tahu Biofarma ada museum vaksinnya... Menarik banget... Pengen ikutan Aleut, Mbak. Aku di Bandung juga. Kirain weekend aja jalan2nya? Jumat juga ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang selalu hari minggu jalan2nya. tapi khusus edisi Biofarma ini kayaknya gak bisa akhir minggu, disesuaikan sama jadwalnya kerjanya Biofarma. Katanya begitu.

      Delete
  3. Wah, gak cuma jalan-jalan tapi juga bisa belajar . . . hehehehe . . . seruuu ya . . . *jadi ngiri . . . . :)

    ReplyDelete
  4. kalau mau ikut komunitas nya caranya gimana ya teh ? saya suka juga tentang sejarah"

    ReplyDelete
    Replies
    1. like dulu aja Komunitas Aleut di FB. Tiap hari minggu mereka bikin acara. Konfirmasi ke no kontak yang tertera di posternya. Gitu aja, teh/kang.

      Delete