Social Media

Apa Itu Sampeu Wedang dan Bagaimana Cara Mengeja 'Peupeuleukeuk"

19 February 2023

Buku ini menghibur sekali. Saya seneng banget bacanya dan udah kuulang-ulang dua kali baca. Kubeli Toko Lawang Buku. Ngala Jangkrik adalah kumpulan cerpen, cerita anak-anak, berbahasa sunda. Ditulis oleh Holisoh M.E. Terbit tahun 2015 dan berisi 77 halaman. 

 

resensi buku Ngala Jangkrik


Ada cerita tentang Anis yang berjualan gorengan di sekolah dan profit dagangnya dipake buat bayar SPP. Anis juga pinter sehingga oleh gurunya dipilih membacakan pidato pembuka di acara sekolahan.

Ada juga cerita Si Ujang yang mikat manuk dgn teman-temannya. Terus  mereka kokojayan di walungan. Besoknya pada ngarit jukut dan bablas sampe magrib keasikan ngala  jangkrik.

Ujang pulang ke rumah dan dimarahi ibunya lantaran embe-embenya berisik kelaparan. Terus jangkrik dan kandangnya dibuang dong sama ibunya. Meni watir Ujang! Saya tertawa sekaligus kasihan banget sama si Ujang.

Asli sih terhibur betul bacanya. Terasa ada sensasi healing selama dan sesudah baca buku ini, pasti karena ceritanya juga karena bahasanya.

Bahasa sunda itu lucu. Kosakatanya berulang-ulang dan menggelikan saat dibaca, didengar, apalagi diucapkan. Disclaimer: saya gak sedang menertawakan bahasa sunda dalam konteks menghina, tapi saya sedang memuji. Bagian tersulit adalah saat mengeja vokal EU.

Contohnya nih:
digulah-galeh
eureuleu teurab
cuh-cih
olo-olo
jul-jol
eundeuk-eundeukan
ngayekyek
balaham-belahem
peupeuleukeuk
guk-gek
dan masih banyak lagi kosakata lucu-lucu di buku ini. 

 

Mengucap vokal EU dalam bahasa sunda bukanlah hal yang sulit, kalau kamu orang sunda. Haha. Sekarang saya banyak orang nonsunda mengucap 'riweh' yang dalam bahasa orisinilnya berbunyi 'riweuh'. 

 

Bayangkan satu vokal EU dalam satu kata aja kita sering salah mengucap, apalagi yang jamak seperti dalam kata 'peupeuleukeuk'. Keriting bibirnya hahah. 

 

buku ngala jangkrik


Kalo ada hal menarik dari cerita keluarganya Anis dan Ujang, maka itu adalah sampeu. Alias singkong.

Nasi, singkong, dan umbi-umbian adalah makanan sehari-hari keluarga Anis. Begitu juga teman-temannya. Dalam buku ini ada banyak makanan camilan ala orang sunda. Paling menarik kutemukan dalam episode Ngala Jangkrik, di mana ibunya Ujang membekalinya sampeu wedang.

Ada juga seupan sampeu yang dimakan dengan gula kawung di cerita Mikat. Baru tau saya ada sampeu begitu.

Kalo seupan sampeu dan gula kawung bisalah saya bikin sendiri. Tinggal kukus singkong. Gula kawung tinggal beli. Tapi sampeu wedang gimana ya? Gimana cara bikinnya atau di mana bisa beli di Bandung?

Ngala Jangkrik betul-betul buku cerita berbahasa sunda yang menyenangkan dibaca! Saya sangat menyukainya!

Post Comment
Post a Comment