Review Everything In Between, Bersepeda dari Belanda ke Indonesia

May 10, 2019
Ini buku tentang dua orang bersepeda dari Nijmegen ke Jakarta. Setahun lamanya. Satunya orang Belanda tulen. Satu lagi warga Indonesia.

Judul: Everything In Between, Bersepeda dari Belanda ke Indonesia dan Cerita Diantaranya
Penulis: Marlies Fennema
Penerbit: Mizan
Tahun: 2019
Halaman: 212


Penulisnya yang orang Belanda, Marlies Fennema. Foto-foto dipotret Diego Yanuar.

Tulisannya tayang di blog mereka. Dalam Bhs Inggris. Tapi setelah dibukukan, tulisan di blog dihapus & diterjemahkan ke Bhs Indonesia. Saya beruntung bisa baca versi Inggrisnya.

Jadi apa menariknya ini buku?

Ya gitu weh kayak catatan perjalanan pada umumnya. Walo yang ini isinya lebih mirip kayak merunut jalan pikiran penulisnya. Isinya penuh hal-hal detail dan berloncatan. Pada benda dan cerita kecil.

Dari yang serius (misal ttg dua muka komunis dan kapitalis di Cina dan ttg kenapa gak puasa di bulan Ramadan) sampe ke hal yang 'naon sih' (tentang celana yang ada ritsleting di bagian lutut). Seru sih. Romantika keduanya juga diceritakan di sini. Walo gak banyak. 

Tiga tahun nabung, perjalanan ini sepenuhnya mereka biaya sendiri. Selama bersepeda, mereka bikin donasi untuk organisasi kemanusiaan, tumbuhan, dan hewan.

Saat proyek bersepeda ini rangkum, donasi yang terkumpul 329 juta.

Buku yang menarik. Persepsi penulisnya unik-unik. Banyak yang saya sepakati. Ada juga yang saya gak setuju, kayak pas dia bahas kerudung dan jadi vegan.

Saya harap saya menulis resensi buku ini lebih banyak ketimbang hanya salin dari caption saya di Instagram. Tapi ya sementara, segini aja dulu.

Buku yang menarik sih saya rasa. Sebab perjalanan ini ditempuh dua orang dengan latar budaya yang beda. Satu orang tropis dari negara berkembang, satunya lagi orang yang dimanja insfrastruktur.

Saya mengikuti perjalanan mereka via instagram @everythinginbetween.journal. Selama satu tahun. Ikut senang, ikut tegang. Hahaha. Menarik sih ngikutin proyek-proyek kayak gini. Soalnya saya gak bisa. Mau, tapi gak bisa :D



Post Comment
Post a Comment