Kenapa Memilih Hunian di Bandung?

May 22, 2019
"Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi" 
- Pidi Baiq

Kutipan sejuta umat yang bertandang ke Bandung. Terima kasih, Ridwan Kamil. Karena ia yang mencantumkan kutipan tersebut di sudut jalan paling hits, Jalan Asia Afrika. 

Kota berjuluk Paris Van Java ini entah kenapa memikat banyak turis. Menurut saya Yogyakarta masih lebih menarik. Hihi. 

Tapi ini masalah 'rumput tetangga lebih hijau' aja sih. Cirebon buat saya kota yang unik, seru, bagus banget konten wisatanya. Tapi sebaliknya bagi warga Cirebon, kota saya -Bandung- pasti lebih memikat. 


Sama kayak Jakarta, magnet kota metropolis gak jauh-jauh dari uang. Bandung punya hampir seluruh segmen dalam aktivitas masyarakat. Kelengkapan itulah yang membuat banyak orang yang ingin bermukim di sana.

Bisa jadi sih tiga alasan ini adalah alasan mengapa Bandung jadi favorit proyek-proyek properti:

Variasi hunian
Label smart city yang telah didapatkan oleh Bandung membuat beragam ketersediaan variasi hunian dikembangkan di kota ini. Tidak sekedar jual rumah Bandung, beberapa hunian vertikal juga kini berdiri baik di wilayah perkotaan maupun di pinggir kota. 

Adapun proyek jual rumah Bandung beserta apartemen dibanderol masih di bawah harga jual properti di Ibukota Jakarta. Dari sejumlah proyek jual rumah Bandung dan apartemen pun diketahui memiliki variasi yang beragam, ada yang tipe ekslusif, ada pula yang termasuk dalam kategori hunian murah.

Kota yang Sejuk
"Bumi pasundan lahir ketika tuhan sedang tersenyum", kutipan puisi tentang Kota Bandung yang dikarang oleh M.A.W. Brouwer menafsirkan memang segala hal positif tentang Bandung. Selain diciptakan saat Tuhan tersenyum, Bandung juga dapat memberikan senyum-senyum karena keindahan yang diberikan kepada para pemukimnya.

Dibuai kontur alam yang indah, bagaimana tutur budi gak jadi halus. Iya gak? 

Mungkin saat ini label tata kota Smart City yang kini adalah keunggulan Bandung. Namun, sejak dahulu keunggulan Bandung terletak pada letaknya. Letak Kota Bandung yang dikelilingi oleh beberapa gunung dan dataran tinggi menyebabkan iklim kota kembang tersebut cenderung sejuk. Utamanya di pagi dan malam hari. 

Apalagi ditambah dengan beragam varietas tumbuhan dan pepohonan yang rindang di setiap sudut wilayah kotanya, Anda dapat selalu mendapatkan suplai udara segar yang baik untuk kehidupan Anda sehari-hari. Suhu udara Kota Bandung diketahui bisa mencapai kesejukan di kisaran 18 hingga 27 derajat celcius.

Bagi warga Bandung, kota ini bisa dibilang gak sesejuk dulu. Tapi, kalo kamu pernah traveling ke kota-kota yang hawanya panas membara seperti Surabaya, bahkan Yogyakarta, kota Bandung memang sejuknya juara :D

Potensi Investasi
Tidak hanya sebagai tempat bermukim yang baik, hampir seluruh proyek jual rumah Bandung memiliki potensi investasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan Kota Bandung yang menjadi selalu dipadati oleh masyarakat luar kota yang memiliki banyak kepentingan disana. 

Pertama, sudah ihwal rasanya Bandung dikatakan sebagai salah satu kawasan pendidikan ternama di Indonesia. Dapat terlihat dari beberapa perguruan tinggi ternama seperti Insitut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Sekolah Tinggi Pariwisata Enhai, Universitas Parahyangan, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati beserta perguruan tinggi lain yang beroperasi di kota kembang tersebut. Konsumen sewa hunian tentu datang dari kalangan pelajar.


Kedua, Bandung dinyatakan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Seluruh komponen wisata, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan belanja terdapat disana. Di akhir pekan, Bandung tidak pernah tidak sepi dari para pelancong wisata.

Akses dalam kota masih perlu banyak perbaikan. Namun komponen kota metropolisnya sudah ada. Ditambah lokasinya yang dekat dengan Jakarta. Sepertinya dalam masih banyak tahun ke depan, Bandung adalah kota hunian favorit banyak orang. 


1 comment on "Kenapa Memilih Hunian di Bandung?"
  1. Aku pindah ke Bandung karena ikut suami, suka sama alamnya yang sejuk soalnya di Jawa udah biasa terpapar panazz

    ReplyDelete