Social Media

Tips Mengajak Anak Jalan-jalan : Beri Kesibukan, Siapkan Camilan dan Bersabarlah

24 August 2017
Gimana, sedang menanti tanggal merah atau baru aja pulang dari acara jalan-jalan? Kalau yang kedua, itu kami. Tiga minggu kemarin kami baru aja plesir ke Yogyakarta dan Solo. Satu minggu yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Hehehe. 

Pergi dan pulang menumpang kereta, durasi perjalanan 8-9 jam. Acara jalan-jalannya juga banyak yang kami lakukan dengan berjalan kaki. Dari pagi hingga petang, non-stop jalan terus 😁

Ada satu hari di mana kami menyediakan waktu untuk istirahat. Kenapa harus istirahat seharian? Karena kami mengajak anak kecil yang umurnya 5 tahun!


Traveling sendirian, kamu bisa mengukur stamina sendiri. Mau ngebut jalan-jalannya, bisa. Mau tidur dulu, bebas. Mau jalan kaki, ngejer-ngejer bis kota, makan di warung, kepanasan sepanjang hari, ya pokoknya bebas banget.

Beda kalau berjalan dengan anak kecil. Semua standar yang kami punya, sekarang berpatok pada stamina si kecil. Nabilkubil anak saya selama satu minggu kemarin gak ada keluhan sakit. Komplennya cuma satu: Bosan. Wkwkwkwk 😂

Karena sudah sering berjalan keliling kota di Bandung maupun ke luar kota bersama Nabil sejak ia berumur 2 tahun, saya bagiin ya sedikit tips kalau mau jalan-jalan bersama anak kecil. Siapa tahu bermanfaat atau kita bisa berbagi tips, komen di bawah ya kalau mau ngasi tambahan saran. Hehehe. 


Biasakan berjalan kaki

Bisa dimulai dengan jalan kaki di sekitar rumah. Misalnya olahraga jalan kaki di pagi hari, ambil jarak tempuh 500 m kalau belum terbiasa. Abis itu mulai ditingkatkan jaraknya, 1 km. Udah terlatih jalan kaki 1 km, naikin jaraknya ke 2 km. Begitu seterusnya.

Kalau sudah sering jalan kaki, percaya tidak jarak 5 km berjalan kaki tuh bisa banget lho dilakukan anak kecil. Nabil termasuk kuat fisiknya berjalan kaki 5 km.


Beri kesibukan

Anak kecil mah halangan pertama kalau dibawa jalan kaki cuma satu aja: Bosen. Nanti abis bosen baru deh nongol capeknya. Makanya dalam perjalanan selingi dengan permainan, istirahat sebentar, ngemil, dan minum. 

Beri kesibukan pada anak kita. Kalau saya biasa berbekal smartphone level 900ribu harganya. Buat apa? Minta si Nabil foto-foto pake kamera smartphonenya. Gak udah dipikirin banget hasil fotonya, justru kebalikannya. Puji hasil fotonya.


Saya juga membekali diri dengan buku gambar dan alat tulis. Bosen dengan foto-foto, sodorin buku gambar. Cari tempat untuk duduk tenang dan biarkan dia menggambar, sampai bosan. Hahaha.

Bawa 1-2 mainan dari rumah dan biarkan anak milih mainan mana yang mau dia bawa. Kalau mainan gede banget, kita bisa kasih saran untuknya bawa mainan yang kecil aja. Anak kecil mau kok dengerin orang tuanya ngomong kalo cara kita ngomong gak sambil marah-marah atau nyuruh-nyuruh.

Bawa pakaian ganti

Terkadang cuaca panas bikin keringatan dan gatal-gatal. Bawa pakaian ganti untuk keadaan darurat kalau anak kita udah dalam kondisi gatal banget dan crancky.


Bawa camilan

Ingat lah kalau anak-anak itu punya kelakuan yang sama di seluruh dunia: Teladan (telat makan edan 😂). Telat makan dikit aja langsung crancky. Bahaya buat kita karena anak yang bete bisa ikutan nyenggol mood orang tuanya wkwkwkwk. Pokoknya kalau udah jam makan, langsung cari tempat makan. Kalau lagi bukan jam makan, siapin camilan untuk sekadar mengganjal rasa bosan dan capeknya.



Mandi air dingin

Saya termasuk ibu-ibu yang percaya air biasa (air dingin) ngasih kekuatan untuk tulang-tulang anak. Mandi air hangat memang nyaman, tapi merhatiin gak sih pori-pori di kulit bakal terbuka dan memberi jalan untuk kuman masuk tubuh? Lebih cocok kalau mandi air hangat dilakukan pada saat ingin beristirahat, bukan di pagi hari waktu memulai kegiatan. Tapi opsi ini terserah ibu bapaknya. Kalau buat saya, air dingin adalah ‘obat alami’ meningkatkan stamina tubuh.


Sabar dan siapin mental untuk berdamai dengan situasi

Gak butuh elaborasi banyak untuk jelasin sub judul tersebut. Bersiap untuk kompromi (dengan ego diri sendiri) bila traveling bersama anak kecil. Wkwkwkwkwk 😂


Asupan yang Bergizi di Rumah

Terakhir nih, kasih asupan yang sehat-sehat selama di rumah. Kalo udah di jalan kadang-kadang kita harus kompromi dengan makanan yang ada. Abis adanya ayam goreng krispi yang instan, masa harus bela-belain nyari sayur bayam. Prinsip saya kalau lagi traveling mah makan yang ada aja. Syarat utamanya satu: bersih.

Makanya siapin asupan gizi di rumah sebelum berangkat. Gak cuma dari makanan, kasih juga multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh anak. Jangankan di rumah, dalam perjalanan pun besar kemungkinan anak kita sakit. Duh gak enak banget lagi jalan-jalan terus sakit kan. Gak tega lihat anak sakit. Makanya asupan gizi berupa vitamin C udah paling penting selama jalan-jalan.

Untuk multivitaminnya, saya kasih ke Nabil vidoran Gummy. Produknya udah paling praktis : ukurannya mungil, warna-warni, dan teksturnya kenyal, gummy gitu teksturnya. Gak usah bujuk rayu si Nabil untuk makan multivitaminnya, anaknya udah suka duluan sebelum dimakan. Hehehe. 



Dalam sehari saya kasih satu biji vidoran Gummy. Varian rasanya ada macam-macam, Nabil juga gak bosen gitu jadinya karena rasanya ramai betul!
  
1. Ada vidoran Gummy Frugie
2. vidoran Gummy Xmart
3. vidoran Gummy Tinggi Vitamin C
4. vidoran Gummy Tinggi Mutivitamin
Ke empat varian tersebut terdiri dari ekstrak buah-buahan dan sayuran. Varian rasa buahnya juga banyak banget: jeruk, lemon, raspberry, peach, apel, anggur, stoberi, melon.
5. vidoran Gummy aneka rasa buah dengan susu untuk asupan kalsium anak.

Buanyak bener rasanya. Jangankan Nabil, saya aja suka nyicipin dikit-dikit 😆


Sama kayak saya, teman-temen bisa beli vidoran Gummy di toko-toko terdekat. Tinggal dipilih aja varian yang sesuai selera. Abis beli vidoran Gummy, sekalian ikutan juga Kreasi Smart Vidoran 2 yuk! Caranya kayak gini:

1. Beli vidoran Gummy di Alfamart
2. Dapatkan kode unik yang tertera di struk pembelian
3. Masukin kode uniknya ke website vidoran di www.anakvidoran.com/TBC
4. Kemasan kardus vidoran Gummy jangan dibuang. Buat kreasi dari bungkus vidoran Gummy semenarik mungkin
5. Unggah foto hasil kreasinya ke media sosial (Instagram) dan ceritakan dongeng dari kreasi tersebut
6. Jangan lupa follow juga vidoran di Instagram (dengan link ke IG vidoran)

Selamat jalan-jalan dengan anak kecil, selamat berdamai dengan diri sendiri, dan selamat bersenang-senang! 





Teks : Nurul Ulu Wachdiyyah
Photo Courtesy: Nurul Ulu Wachdiyyah, Indra Yudha Andriawan, Alfian Widi
65 comments on "Tips Mengajak Anak Jalan-jalan : Beri Kesibukan, Siapkan Camilan dan Bersabarlah "
  1. Wahh permennya lucu lucu, bagiin dong dek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehehehe boleh, tanteee :D sini ke Bandung. Atau beli aja sendiri di Alfamart dkk :D

      Delete
  2. Nabiiil, ayo makan multivitamin anak yang banyak yaa, biar jalan2nya kuat. Eta sabarkanlah bingits ya kalo jalan ma anak2, wahahaha

    ReplyDelete
  3. Tipsnya ciamik bgt. Anak saya masih bayi, tapi udah diniatkan dan disiapkan dari sekarang buat jalan bareng nantiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangaaaat! Emang persiapannya mesti sejak dini. Abisnya nyiapin anak-anak buat traveling bukan cuma staminanya aja tapi juga attitudenya. Menurut saya mah gitu.

      Delete
  4. mantap, mbak tipsnya. kalau saya kayaknya sayanya yang nggak kuat jalan kaki. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliling Gembira Loka jalan kaki juga kan, Mba? Atau masuk Dufan, itu jalan kaki juga. Atau ke Monas, jalan kaki juga :D

      Delete
  5. sayang anakku masih bayi, belum waktunya coba vidoran gummy..eh emaknya aja apa boleh yak buat cemilan #Ehh :D

    ReplyDelete
  6. Hahaa.. samaan Lu. Aku juga kebiasa mandiin Akmal Azril pakai air dingin. Akmal sejak umur 6 bulan dan Azril sejak umur 4 bulan, sudah biasa mandi air dingin.
    Sun buat Nabilkubil :*

    ReplyDelete
  7. Wahhhh ini poin-poin yang ga boleh kelewat kalo jalan sama Vito. Ngomong-ngomomg itu Vidoran gummy kesukaan Vito banget, kotaknya dia bikin mainan lhooo...

    Kubillll gemesin deh ekspresinya. Pelukkkk. 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? wah mau lihat dong mainannya kayak gimana, Zi? Vito kreatif euy!

      Delete
  8. Suka ajak anak saya traveling juga. Persiiiis banget mesti bawa camila & jgn biarin mereka bosen. Rempong bok! TFS yah. Ide bagus juga sih bawa multivitamin kayak gitu. Pokoknya lagi traveling sih butuh asupan yg praktis2. Sukur2 bergizi. Iya kan?iya kan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener hehehehe. Kata kuncinya kalo traveling: praktis. wkwkwk

      Delete
  9. Huaaaa, Nabil juara euy kuatan jalan kaki 5 km. Aku ngakak pas bagian teladannya hahaha. Kirain muji, taunya. Tapi emang ya, anak kecil kalau salatri alias laparnya udah maksimal mah pusingnya ngeselin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang dewasa aja jadi gila kalo telat makan apalagi anak kecil ya hahaha

      Delete
  10. well noted!makasi tipsnya, mba ulu. menarik bingits, terutama yg mandi air dingin saya malah baru tahu banget!

    ReplyDelete
  11. BERSABARLAH. Cuma kata ini yang menohok, hahaha.

    Al belum pernah dikasih Vidoran Gummy. Cobain, ah. Nuhun, Ulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah. the ultimate tip for parent when travel with kid: sabar. ahahaha. Sama-sama, Teh.

      Delete
  12. Traveling sendiri aja ribet apalagi bawa anak ya teh, kudu banyak sabar 😂
    Vitaminnya lucu banget bentuknya kayak permen, ku juga mau kalo boleh mah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehehehe Nesa masi belon ada anak ya? Masi freeeee as a birrrdddd! wkwkwkwk

      Delete
  13. Jagoan teh Ulu travel sama krucil hihi, mereka powerful terus kan yaa hihi apalagi kalau perut kenyang, pengen coba juga ahh beli vidoran smart buat iioo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya abis makan baterenya keisi lagi, loncat-loncat lagi :P

      Delete
  14. Marwah mah vitamin ini dijadiin cemilan geura. Disangkana permen 😃

    ReplyDelete
  15. Kok Vidoran Gummy kayak yang enak ya? Aku mauuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak, Vi. Saya juga sering makanin jatah nabil :D

      Delete
  16. (((telat makan edan))) :D
    Aku teh dari kemarin stalking liburan kalian ke Yogya dan nungguin tip kalau traveling pas bawa anak gini. Dan emang sih, yang paling susah adalah pas nyari makan, Aksa kalau telat makan rungsing oge. Hahahaha. Jadi emang kudu siapin vitamin biar dia fit terus kali ya.
    Tapi ini Vidoran teh bisa untuk anak 3 tahun enggak, sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan bagus tuh, tapi saya ga bisa jawab heuheu. Mention ke akun ig vidorannya aja, teh. Pasti dijawab :)

      Delete
  17. Lhaa... Anakku juga sukak kalo vidoran gummy. Apalagi varian yang dusnya bisa dijadiin mobil.

    Kalo makan vitamin ini berasa makan permen kali yaa...lhap-lhep..

    Jadi stoknya musti banyak.

    Kaguumm sama teh Ulu iih... Ngajak Nabil travelling kemana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ibunya yg suka jalan-jalan, Lendy :D hahaha ibu-ibu eghoiiisss :)))

      Delete
  18. Oohh jadi ini rahasia multivitaminnya nabil pantesan bisa kuat jalan2 terooosss.. Lucu2 ya permennya, aku juga mauuuuu :*

    ReplyDelete
  19. Biasain jalan kaki ini ngaruh banget saat kita ngajak Jalan bareng Bocah. Mereka jadi enggak ngeluh capek dan enggak rudet, Kealaman sama Dhia dan Akram nggak pernah rudet kalo lagi jalan-lajan.

    oiya, Dhia sama Akram juga suka Vidoran, kayak permen gummy bear. manis empuk yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Masalahnya rudetnya emang gak terduga klo anak2 mah ya :)))) kita cuma bisa jaga2

      Delete
  20. Makasih tipsnya Teh Ulu. Suatu hari nanti ketika punya anak akan widya aplikasikan tipsnya :D

    ReplyDelete
  21. Ah, jadi kabita sama vidoran gummynya 😄 Tips ini meruntuhkan ungkapan kiamat bagi yg punya anak kecil. Ternyata anak gak menghalangi kita utk tetap jjs dengan senang hati. Noted ah😄😍 perlu dibaca dunia ini mah

    ReplyDelete
  22. Asiikkk ya,'jad pengen jalan jalan lagi sama'anak

    ReplyDelete
  23. fokus liat gambar foto pintu hijau tua pinggir jalan kotagede kan ya :D.
    bener kudu bawa camilan, kadang anak dikasih makan berat saat jalan2 malah g mau, pdhl supaya pas jalan2 ga masuk angin/sakit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha dikomen orang jogja, pasti bener! Iya di kotagede :D

      Iya anak2 ini memang hwaduuhhh menggemaskan sekaligus bikin gimana gitu :P

      Delete
  24. Sabarrrrr. ahahahah
    Baru baca sub judul itu aja saya udah gagal

    ReplyDelete
  25. emang cuma boleh dikonsumsi sama anak-anak tuh vidoran? aku juga mau :p

    ReplyDelete
  26. ini tips ampuh bin mujarab banget buat aku simpen kl si debay dalam perut udah muncul dan bisa diajak jalan2. Thanks Mb Ulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah Prita lagi hamil berapa bulan? Semoga lancar ya kehamilan & persalinannya. Semoga bisa jalan2 bareng dede bayi :)

      Delete
  27. Thanks for sharing, Kak! Ini noted banget. Trutama berdamai dgn ego diri sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) iya the hardest part traveling with kid is to be able to compromize :D

      Delete
  28. Wah noted nih Teh Ulu tipsnya. Walau belum punya istri dan anak.. 😂😂

    ReplyDelete
  29. Hebaaaat, ankmu bisa juat 5 km jalan :o.. Omg, lah dari rumahku ke matraman halte busway aja baru 3 km dan itu ak oh blm prnh jalan kaki wkwkwkwkwk... Salut mba. Aku walo suka traveling kemana2, tapi aku akuin blm setangguh itu. Kita msh manja pake transportasi. Tp jd kesentil utk lbh latih fisik nih..

    ReplyDelete
  30. wah kapan gue punya anak ya untuk bawa mereka jalan2.. heheh
    nice inpoh

    ReplyDelete
  31. Keren, mengenalkan traveling sejak dini pada anak2 ya, apalagi kalau jajan ato makanan yang disajikan juga bergizi menambah mood jalan2 anak

    ReplyDelete
  32. Wah bener banget kalau jalan sama bocil harus bawa banyak 'senjata'. Makanan, mainan, apalagi hape. Hehe. Bisa jadi ide baru nih bawa gummy vidoran sewaktu jalan2 ntar sama adek.sudah enak sehat lagi.

    ReplyDelete
  33. Tambahin satu lagi; obat-obatan pribadi. Just in case aja sih ini mah 😁

    ReplyDelete