Going to The Mall in Bandung, CiWalk is All You Need!

April 04, 2016
Sorry, judulnya agak agresif. Sesekali kita jalan-jalan ke mall di Bandung lah. CiWalk namanya, kalau orang Bandung nyebutnya Ciwok. 

Mall di Bandung gak sebanyak di Jakarta dan Surabaya. Tapi tetap saja kami menganggap jumlah mall di kota ini sudah terlalu banyak. Semoga gak nambah lagi mallnya :D 

Anyway, sudah tahu mall apa saja yang hits di Bandung?

Saya pilih bahas CiWalk karena buat saya pribadi ini mall adalah mall terbaik di Bandung. Lokasinya di Jalan Cihampelas, Bandung bagian utara. 

Saya kenal mall ini seperti saudara sendiri. Pada awal ia berdiri dan baru buka, saya dan teman-teman kampus nonton Troy di Cinema 21. Belum ada Blitz. Sudwikatmono masih memonopoli industri bioskop. Tahun 2004 waktu itu. CiWalk masih sepi pengunjung.

Pertama kalinya saya ke CiWalk dan mulai jatuh hati dengannya. Lho kok bisa jatuh cinta segala dengan mall? hahaha :D

Terlepas dari kehadirannya yang menyebabkan kemacetan di Jalan CIhampelas, CiWalk ini revolusioner. Pioner. Pelopor.


CiWalk berasal dari dua kata: Cihampelas Walk. Mall ini menyediakan jalur pedestrian walk, bukan indoor, tapi outdoor. Bayangin, outdoor pedestrian walk, mall mana di awal tahun 2000an yang berani membuat konsep seperti itu coba? Ada banyak pohon dan trotoar yang cantik. Pengunjung bisa jalan-jalan dan berfoto. Tapi waktu itu kamera belum sereceh kayak hari ini, jadi ya palingan buat jalan-jalan saja. 

Lalu saya bekerja di sebuah perusahaan desain yang outletnya ada di CiWalk. Jadi saya kenal luar dalam dengan mallnya karena pernah begadang, ketiduran, dan nyari makanan harga karyawan di sini. Sampai ditaksir satpam CiWalk, eugh pengalaman gak enak banget :D Saya cuma berusaha ramah pada semua orang, tanpa melihat orangnya berasal dari mana dan kerjanya apa, tapi dianggap naksir. Yaelah...wkwkwkwkwk. 

CiWalk mengalami beberapa kali renovasi. Hampir semua bentuk renovasinya saya lihat. Satu hal yang saya suka di mall ini selain pedestrian walknya yang rindang adalah... WC BERSIH! Ini revolusi mall kedua yang CiWalk lakukan. 

Yup, CiWalk dari pertama kali buka sampai sekarang, kebersihannya toiletnya mantap banget! Gak becek, closet yang gak banjir, tisu selalu tersedia, wastafel yang selalu dielap mbaknya. Petugas cleaning servicenya sigap dan rajin. Untuk fasilitas yang keren ini, gratis ajaaaa! Gak kayak BIP yang kudu bayar tapi jarang dibersihin toiletnya. Saya mah selalu merasa aman kalau pipis atau pup di toiletnya CiWalk :D Bahagia lah pokoknya menuntaskan urusan usus di sini. 

Hal ketiga yang adorable dari CiWalk: MUSHOLA YANG BERSIH DAN INDAH. Well okey, gak seindah kamar kerajaan sih, tapi ruangannya terang, bersih, dan berada di bukan di lantai basement seperti mall kebanyakan yang memperlakukan mushola seperti bisul. 

Berhubung saya muslim, praktis kalau pergi-pergi agak lama ya pasti harus sholat kalau waktunya datang. Kalau di CiWalk mah mau sholat tuh rasanya aman, nyaman, dan tenang. Tempat wudhunya proper, mukenanya selalu bersih, dan tempatnya rapi. 

Kalau ada award untuk kebersihan dan kenyamanan toilet dan mushola di mall, CiWalk ini sudah jadi juaranya. Mall pertama di Bandung (atau mungkin Indonesia, tapi saya gak punya data untuk buktinya :D ini cuma asumsi saja) yang sangat memperhatikan detail di toilet dan mushola. Gak heran CiWalk merebut banyak hati pengunjung setia mall. 

Sejak CiWalk ngurusin serius toilet dan mushola, mall lain di Bandung mengekor. Ya baguslah. Mushola di mall sekarang sudah mulai layak, tapi urusan toilet mah gak ada yang bisa mengalahkan kedisiplinan CiWalk. 

Ke empat: CiWalk adalah mall pertama di Bandung yang menyediakan banyak tempat duduk! Iya sesederhana bangku kayu ala taman gitu. Sebelumnya sih gak ada mall yang semurah hati ini. Makanya banyak yang senang berkunjung ke CiWalk, karena selain bisa jalan-jalan, kamu bisa juga duduk santai. Ya kalau semua bangku taman terisi, yaaa gimana ya :D antara tunggu saja atau cari kursi lain di dalam restoran :D 

CiWalk adalah mall yang berani bermain dengan arsitektur. Bangunan bagian depan ditopang pilar-pilar miring. Lantainya bergaris. Beberapa toko dibuat dengan fasad persegi. Unik sih pada waktu itu mah, tahun 2010an. Bagus juga. 

So kalau ke Bandung dan mau nongkrong di mall, saya rekomen CiWalk. Kalau mau berbelanja yang produknya fancy, baik itu fashion atau kuliner, datangnya ke mall Paris Van Java (PVJ)  dan Trans Studio Mall (TSM) saja. Karena di CiWalk ini rata-rata tokonya standar gitu, lebih santai lah harganya hehehe. Tetap bagus tapi bukan yang bermerk kayak Mango yang ada di PVJ atau TSM. 

Urusan perut, banyak pilihan di CiWalk. Gak usah khawatir, dari yang harga terjangkau ala kaum menengah sampai ke kaum high end, ada di sini. 

Kalau saya sih suka CiWalk karena suasananya yang Bandung banget! sejuk dan adem. Pengalaman menikmati ruang outdoornya tuh nyaman banget!

Dua Pohon Beringin di bagian entrance dipertahankan. Konon kata bos saya dulu sih di bawah pohon itu tempat bermainnya pemilik CiWalk waktu ia kecil dulu. Jadi ia mempertahankan kedua pohon tersebut karena nilai sentimentil. 

Begitulah tentang CiWalk.

Cihampelas Walk
Di Jalan Cihampelas
Operating hours: 10.00 - 22.00
Khusus Supermarket Yogya bukanya jam 08.00




















Foto diambil dengan Lenovo A6000+
Foto: Nurul Ulu



11 comments on "Going to The Mall in Bandung, CiWalk is All You Need!"
  1. mbaaa, ada sedikit typo, mbak

    CiWalk berasal dari dua kalimat: Cihampelas Walk.

    kalimat kayaknya diganti "kata" deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya! hehehe makasih ya udah dikasihtahu hehehe :D

      Delete
  2. ini mall wajib dikunjungi kalo ke bandung :))

    ReplyDelete
  3. baru liat foto-fotonya aja udah suka nih sama CiWalk..suatu hari kalo bisa ke Bandung, kayaknya kudu mampir nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Amin! semoga ke Bandung secepatnya ya hehehe

      Delete
  4. kota impian, bandung..semoga bisa sampai nginjakin kaki di bandung..^^
    rasanya kalo ke mall dan nemu mushola yang bersih sampai mukenanya wangi, rasanya betah banget ya mbak....*lama nggak main kesini >_<*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betah enggak, seneng iya hihihi :D eh kecuali lagi capek banget, nah baru betah soalnya bisa gogoleran alias tiduran sebentar heuehehehehe.

      Delete
  5. Salam ....tumpang bertanya...restoran-restoran di Ciwalk ini semua nya berstatus halal nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halow. Saya gak merhatiin halal enggaknya semua restoran di sana. Datang aja langsung ke sana, mba/mas anonim. Selama makan di sana saya makan aja, gak merhatiin halalnya. Ada pizza hut, warung tahu talaga, bakso karapitan, the kiosk, hokben, itu tempat2 yg pernah saya masukin & pesan makanan, dan saya gak cek halalnya.

      Delete