Aventree Malang: Pertama Kali Menginap di Hotel Syariah!

October 13, 2018
Empat malam di kota Malang. Dua malam pertama di hotel Ubud Cottages. Abis itu saya dan Nabil pindah hotel. Dua malam terakhir kami menginap di penginapan berkonsep syariah di Aventree Malang.

Ini  nih -menginap di hotel syariah- pengalaman baru banget buat saya.

Bagi yang belum tahu apa itu hotel syariah, ya kira-kira ini hotelnya gak bakal nerima tamu berpasangan yang bukan muhrim/bukan suami istri. Juga di penginapannya menyajikan menu-menu halal. Mestinya sih ada peralatan sholat di kamar tapi saya gak nemu di Aventree ini. Alquran juga rasanya gak ada. Mungkin saya kelewat juga ya gak terlalu merhatiin sebab sudah bawa peralatan ibadah sendiri.

Ya intinya mah hotel syariah adalah hotel yang menerapkan syariat islam. Kalau gak berjilbab dan menginap di sini boleh gak? harusnya sih bisa-bisa aja. Gak ada masalah dengan penampilan fisik mah.


aventree malang


Anyway balik lagi ke cerita kami.

Kenapa saya pindah hotel? cari yang tarifnya cocok ama uang sendiri dan ganti suasana.
Kenapa hotel syariah? itu yang pas dengan budget saya ahahaha.

Enggak itu aja sih. Saya cek foto hotelnya, foto kamarnya, dan baca reviewnya. Sepertinya hotel itu yang sesuai untuk saya yang sedang traveling berdua aja sama anak. Sama Nabil.

Mungkin juga karena efek menginap di hotel sebelumnya (bukan hotel aneh2 & lebih fancy dr Aventree), kamar saya sebelahan dengan kamar yang di dalamnya ada pasangan cowok cewek jam 10 malam lagi making love dan suaranya kenceng banget! Hahahaha. Seru sih dengernya mah ahahaha. Gila suaranya nembus ke kamar sebelah gitu ya. Saya sih gak masalah. Tapi saya gak bisa bayangin si Nabil mendengar itu. Hahaha. Untung Nabilnya udah tidur.

Jadi efek tersebut membawa saya pada pilihan menginap di hotel syariah.  Gak sengaja nemu hotelnya juga di Agoda pas sekrol-sekrol gitu. Ah ya udah deh menginap di Aventree Syariah Homestay aja.


aventree malang
pinjem foto dari Agoda (source)

Pas check in, KTP saya beneran dibaca dan ditanya-tanya nginep sama siapa. Berdua aja, Mba? sama anaknya? itu anaknya? gak sama suami?

Kayak interogasi tapi gak mengganggu kok. Mungkin karena ada label 'syariah' sehingga saya udah siap dengan pertanyaan-pertanyaan bersifat pribadi kayak gitu. Lagian jawabnya juga gampang. Iya, iya, iya, enggak. Hahaha. Toh gak ditanyain juga suaminya mana. Kalo ditanya pun saya jawab aja lagi kerja di Bandung :D

Tiga hari dua malam ditotal-total kalo gak salah ingat 500ribu. Sudah include breakfast. Kamarnya tipe deluxe.

Bagian menyenangkannya adalah kamarnya gak sempit! Walo dalam kondisi gak seger-seger amat, tapi kamarnya gak banyak cingcong sih. Sederhana bercat putih dengan furnitur kayu semua. Manis juga. Terus jendelanya guedeeeee! Saya suka jendela gede.

Bagian yang gak nyenengin adalah pegawainya tidak ramah dan tidak sigap.

Saya rinciin deh satu-satu penginapannya kayak gimana. Ini dia review Aventree Malang.

ROOM

Ranjang ukuran queen. Oke banget gak ada keluhan.
Televisinya menghasilkan gambar yang rumek. Matikan saja sebab gak ada yang bisa ditonton.
Wifi bagus! berseluncur saja di youtube :D
AC oke gak ada keluhan.
Penerangan lampu ya standar saja gak ada keluhan.

Satu dinding di sini berupa jendela. Makin seneng aja saya suka kaca yang besaaaaaar! Ada balkonnya juga walo pemandangannya gak bagus-bagus amat karena mengarah ke kafe Aventree. Tapi saya suka sih ada jendela dan balkon karena ngasih kesan ruangan gak pengap.


aventree malang
bukan foto yang bagus sih, kepotong pula foto kepala kasurnya :D
tapi ya begini kamarnya

Aventree Malang ini kan Barbeque House gitu di lantai utamanya, ya kafe ya restoran. Penginapan ada di lantai yang sama (lantai 1) dan lantai dua. Kamar yang saya inapi ada di lantai 2. Saya pikir wangi asap makanan bakal ke kamar karena lokasinya menyatu kan. Tapi engga tuh, kamar bebas asap masakan.

Bising gak? enggak. Ada suara pengunjung restoran, tapi buat saya gak ganggu. Mungkin karena saya di lantai 2 ya. Entah yang di lantai 1.

Kamar mandinya cukup-cukup aja.
Wastafel yang oke.
Shower yang berfungsi dengan baik.
Air panas yang lancar.
Amenities yang standar juga.
Kebersihan yang baik.
Handuk yang bersih.
Nyaman sih kamar mandinya gak sempit.


FOOD

Standar dan enak. Bukan sarapan yang mewah namun mengenyangkan dan menyenangkan. Sarapannya ada ruangan sendiri bukan di restoran/kafe.

Saya lupa sarapannya apa waktu itu. Kalau gak salah nasi goreng dan mie goreng. Ada roti selai juga. Ya standar aja begitu. Tapi rasanya enak :)


SERVICE

Saya sih mendapat kesan pegawai penginapan menghindar dari interaksi dengan tamu hotel. Kayak 'dingin' begitu.

Masih ingat saya pergi ke toko oleh-oleh dan kembali ke penginapan membawa satu kardus dan plastik besar. Tangan saya sibuk semua. Begitu mau masuk ke hotel, gak ada yang bukain pintunya. Padahal ada security dan satu orang di meja resepsionis. Kami bahkan sempat berpandangan dari luar (pintunya kaca, btw). Dalam hati saya bilang "bukain pintunya, bukain pintunya, bukain pintunya". Tapi enggak hahahaha.

Gak apa-apa. Gak sulit kok kayak masuk Alfamart aja gitu tinggal dorong pake badan udah kebuka. Tapi gestur-gestur kecil seremeh dibukain pintu itu sangat berkesan buat tamu hotel yang sedang bawa barang banyak.

Kalo pegawai Aventree Malang baca tulisan ini, jangan tersinggung ya :D Kalian sudah bekerja dengan baik, hanya saja level kepekaannya ditambahin biar tamu seneng begitu :D heuheuheu.

aventree malang
pojok kafenya Aventree

LOCATION

Bukan di pusat kota banget tapinya BANYAK TEMPAT MAKAN! Ramai sekali bila malam. Jangan takut kelaparan hahaha. Aventreenya sendiri kan restoran jadi bisa pesan makanan di sana. Saya pun begitu. Namun harganya tidak murah :D ya sama aja kayak jajan di kafe-kafe di Bandung sih.

Tiap bepergian keluar hotelnya, saya pesan grab/gojek. Gak mahal untuk menjangkau kota. Gak nyampe 15ribu.

Hanya saja: MALANG MACET JUGA YA! Mirip Bandung banget euy!


PRICE

Gak ada masalah. Buat yang satu malam 250ribuan ya masih oke. Kamarnya oke, makanan enak, service cukup. Jarak ke tempat jalan-jalan masih terjangkau dalam waktu cepat.

Aventree Syariah Homestay bukan hotel mewah tapi saya rekomendasikan buat temen-temen yang mau plesir ke Malang. Bukan yang terbaik sih emang. Ya cari-cari yang di situs online booking mana yang cocok. Kalau budget nginepnya 250rebuan+++ ya bisa lah menginap di Aventree Malang.

Aventree Syariah Homestay Malang
Jl Soekarno Hatta Blok B no. 4A


18 comments on "Aventree Malang: Pertama Kali Menginap di Hotel Syariah!"
  1. aku lumayan sering teh di penginapan syariah, tapi ga ditanya2 (yaiya sendiri). ada yg beneran syariah dengan nyediakan sajadah, mukena, ampe tasbih, quran. ada yg label ajah

    ReplyDelete
  2. Hebat ih ke Malang berdua Nabil. Aku berdua Al doang? Ke Indomaret depan rumah aja ogah! Hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke Indomaret depan rumahku aja kalau gitu :)

      Delete
    2. Al kan berbeda, Teh Dydie. Butuh berdua kayaknya ajak Al jalan-jalan ya? Gak apa-apa ehehe

      Delete
  3. Uluuuu meni asik ih jalan2 ke Malang berduaan sama Nabil, saya jadi pengen juga nih jalan2 sama neng Marwah, asik kali yah jalan2 sama anak.

    ReplyDelete
  4. Duh idaman banget bisa plesiran jauh ama khalif duaan. Gambar depan hotelnya kaya bukan hotel yaa. Kafe banget gt, klo g dkasih tau itu ada penginapan kayaknya aq bakal ngira itu cafe doang da.. L

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kafe banget. Makanan korea yg hits di malang nih ehehhe.

      Delete
  5. Bagus ya saya seneng banget kalo ada yang syariah-syariah kayak gini teh hihi

    ReplyDelete
  6. Seneng ih Lu, pengen juga ngebolang gitu. Aku berani ga ya nginep sendirian? Heuheu... Btw itu di hotel sebelumnya ga pakai dinding kedap suara apa, ya? Denger yang ngobrol aja berasa annoying

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga keliatannya, teh. Ato suaranya emang kenceng banget parah emang hahaha

      Delete
  7. jiaaah ada juga hotel syariah selain bank dan shampoo, perlu dicoba, barangkali "rasanya" beda, atau atmosfirnya. Makasih Ulu atas infonya. Tar ku tanya2 Ulu ya kalau mau ke Malang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Label syariah pasarnya banyak, Teh. Di dunia wisata, hotel2 syariah lagi banyak digenjot karena wisata halal lagi bagus trennya.

      Delete
  8. Wow.kontradiktif banget ya Lu. Nginep di hotel syariah tp bonus backsound yang ga syariah banget haha. Pengalaman tak terlupakan yg cukup sekali aja😂. Nice story 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Git, salah baca heuheu. Yg ada suara ena-ena di hotel yg lain, bukan di hotel syariah ini heuheu...

      Delete
  9. Mungkin krn bukan muhrim, jd pegawainya ga mau deket2 hihihi.... Baru tau tnyt malang suka macet jg ya :(

    ReplyDelete
  10. Aku belom pernah nginep di hotel/penginapan syariah. Jadinya belom tahu gimana bedanya. Lebih nyaman dan bikin tenang kali ya. Gak bakalan kena azab sebelahan sama kamar yang berpotensi maksiat. *Halah.... kebanyak nonton sinetron aab nih* :))))

    ReplyDelete
  11. Malang itu yg ada wahana anak kyk dufan gt ya teh jadi rame pisan. Sy juga rencana taun depan kesana. Waah jadi pilih2 nih mw pilih hotel yg bagus ah, parah klo dapet hotel yg bikin risih. Wkwk. Pengen cb hotel syariah. Makasih teh lulu infonya ☺️

    ReplyDelete