Skywalk Cihampelas di Bandung, Beeeuhhhh Heboh Pisan!

February 02, 2017
Hari ke dua Skywalk Cihampelas dibuka untuk umum, saya datang ke sana. Lokasinya dekat rumah hahaha ☺

Memanfaatkan hari kerja dan jam yang kepagian, saya mampir ke Skywalk Cihampelas. Saya udah tahu sih ini tempat nama resminya Teras Cihampelas. Pas ke sana mah ya emang ada 11 terasnya. Berundak-undak gitu bentuknya dari 1 teras ke teras lain. Cuma dari awal kan gembar-gembornya Skywalk, ya udah keterusan saya sebut Skywalk Cihampelas. 




Mengalami proses pembuatan skywalk ini, rasanya stres juga. Jalan macet dan berdebu. Jalan Cihampelas kan jalur saya ke sana ke mari. Ada sih Jalan Siliwangi dan Sukajadi, ya sama macet juga lantaran daerah favorit komersil dan kampus-kampus ternama ada di sekitaran sini wkwkwwkwk.

Jalan Cihampelas sebenarnya jalan yang panjang. Titik paling ramenya ada di sekitar CiWalk (Cihampelas Walk). Padahal kalau ditarik garis panjang, Cihampelas ini memanjang sampai berpotongan dengan Pabrik Kina dekat stasiun. Tapi turis-turis mah tahunya Cihampelas teh ya daerah belanja baju murah, oleh-oleh, banyak hotel, dan tentu aja mall bernama CiWalk. 

Saya gak pernah bayangin wajah Jalan Cihampelas bakal begini. Ada 'terowongan' kayak sekarang. Masalahnya emang Jalan Cihampelas di sekitar CiWalk ini pelik juga sih. Gak ada trotoar karena lahan yang harusnya jadi trotoar jadi tempat parkir dan lahan jualan para PKL. Lebarin jalan pun gak mungkin karena di belakang Jalan Cihampelas kan sungai (namanya Ci Kapundung). Mindahin PKL, ke mana? Atau gak boleh ada kendaraan yang parkir kendaraan, terus parkirnya ke mana? Nah puyeng. 

Bertahun-tahun kondisinya ya dibiarkan saja. Tumbuh secara organik. Ada PKL ya dibiarkan. Ada yang parkir ya dibiarkan. Semrawut buat jalan kaki pokoknya mah. 

Mungkin itu sih alasannya RK bikin Skywalk ini. PKL dipindahin, jualan di Skywalk saja. Para pejalan kaki bisa agak leluasa jalan kaki di Jalan Cihampelas. Trafiknya terbagi di jalan dan di Skywalk. Pas saya ke sana sih belum semua PKL pindah ke Skywalk. Butuh waktu kali ya. Waktu untuk pindahan, juga waktu untuk berpikir heuheuheuheu....

Skywalk ini startnya ada di deket RS. Advent. Finishnya di seberang BJB (Bank Jabar) Cihampelas.

Proses pembuatan Skywalk yang tinggi dari jalannya sekitar 5,6 m ini juga beeeuh heboh bener. Udah mah bikin macet ya. Belum lagi melihat pepohonan dipangkas-pangkas. Gak tahu sih ada enggak pohon yang ditebang. Saya ingetnya sewaktu ada protes keras tentang penebangan pohon di Cihampelas ini, RK konfirmasi kalau pohonnya gak ditebang, tapi dipangkas untuk merapikan saja. Bentuk Skywalk juga disesuaikan dengan lokasi pohonnya. Tapi ya selalu ada yang protes mah. Saya juga awalnya ikut protes sih mengingat untuk trotoar di Jalan Riau tuh, deket Purnawarman, pepohonannya kan ditebang. 

Setelah ributnya proses pembuatan Skywalk yang proyeknya memakan dana 45 miliar ini, ya saya penasaran lah lihat hasilnya. Pergi ke Skywalk teh dalam rangka ngamatin hahahaha. 

Dan ternyata Skywalk yang panjangnya 500 m ini menyenangkan sih. Seru-seru aja. Skywalk ini macam trotoarnya Jalan Cihampelas. Bisa jalan kaki dengan leluasa. Bisa duduk-duduk. Bisa jajan nasi kuning atau batagor. Pepohonan masih lebat. Skywalknya juga cukup nyaman dan aman lah. Banyak kurangnya sih tapi saya pengen menikmati dulu lah. Mana ini tempat gratis juga. Bukan perkara orang Indonesia seneng gratisan sih. Tapi di sebuah kota yang jadi magnetnya turis dan tempat yang lucu-lucu ditiketin terus ada tempat begini lucu dan gratis ya rasanya warga teh masih dianggap lah gitu.

Toilet ada, keamanan ada, trek untuk orang-orang difable juga ada. Liftnya juga disediakan dan saya berharap yang pake bukan orang-orang kayak saya yang sehat kedua kakinya, tapi emang temen-temen difable dan bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah sepuh. Kita mah naik tangga aja lah.

Tangga naik turunnya ada di beberapa titik. Saya gak merhatiin di mana aja selain starting point dan finishnya euy wkwkwkwk. Ntar ya saya balik lagi saya perhatiin bener-bener deh. 

Skywalk pasti menyedot banyak turis juga sih. Ya gak apa-apa. Toh gak setiap hari mereka bisa datang ke sini. Kalau pengen rada sepi mah datangnya pagi hari di jam kerja. Atau pas hujan wkwkwkwk karena di sini gak ada tempat berteduh, kalau hujan pasti sepi sih :D

Cuma yang jadi PR sekarang, kalau banyak orang datang ke sini pengen ke Skywalk terus mereka menumpang kendaraan pribadi, parkirnya di mana wkwkwkwkwk. Kalau motor ya agak fleksibel sih bisa di Jalan Sastra atau di parkiran CiWalk. Tapi kalau pada parkir di pinggir Jalan Cihampelas ya nyusahin orang lain juga. Kalau mobil gimana tuh, ribet soalnya hehehe. Yang pada mulanya ingin mengurai kemacetan, tetep aja bakalnya macet kalau banyak yang ke sini dengan kendaraan pribadinya.

Aslinya sih saya kalau lewat Cihampelas dan lihat proses pembuatan Skywalk ini rasanya agak sedih. Wajah Cihampelas berubah banget dan rasanya kayak ada yang hilang. Tapi di sisi lain emang butuh trotoar sih.

Yah sementara itu mah mari dinikmati dulu Skywalk Cihampelasnya. Lebih detail tentang Skywalknya, baca di tulisan Skywalk Cihampelas: parkir di mana, enaknya hari apa ke sana, tangganya di sebelah mana, boleh bawa sepeda gak, hotel terdekat apa, dll

Mungkin saya balik lagi ke sini. Pengen tahu juga kalau malam hari di sini bagaimana rasanya. Aman gak, terang gak. Mau foto-foto lagi dan meratiin tangga naiknya di mana aja. Selamat menikmati foto-fotonya yak, saya moto pake kamera hape euy jadi ya begini. 




















Teks : Ulu
Foto : Ulu, difoto dengan smartphone Lenovo A6000
23 comments on "Skywalk Cihampelas di Bandung, Beeeuhhhh Heboh Pisan!"
  1. Nah! Itu yang langsung kepikiran ma saya. Parkirnya dimana? Ciwalk itu mal favorit Nai kalau lagi di Bandung. Tapi sering gak kami turutin permintaannya. Sebetulnya saya juga suka ma Ciwalk tapi gak tahan ma macet dan susah cari parkirnya. Kebayang kalau udah ada skywalk hehehe

    Waktu itu pernah nginep di salah satu hotel sebrang Ciwalk. Nyaman banget karena urusan parkir beres trus tinggal nyebrang kalau mau ke ciwalk. Kayaknya harus nginep di daerah sana lagi. Soalnya saya juga penasaran banget pengen ngerasain skywalk. Tapi jangan weekend kali, ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan bener ya. kayaknya yg udah apal daerah cihampelas mah pasti mikirnya sama, gimana parkirnya :D kalo saya diuntungkan lokasi rumah yg deket nih, mba myra. jadi bisa sengajain pagi-pagi mampir ke Skywalknya hehehe

      Delete
  2. uadeemmm syahdu...bahagia lihat foto2 ini. daannn...amazing, smeua dijepret pakai hape

    ReplyDelete
    Replies
    1. diedit pake aplikasi ini, nay. wkwkwkwk :D

      Delete
  3. keren juga ada latar pohon2an lebat, pasti adem semilir angin

    ReplyDelete
    Replies
    1. adem, mba monda. kalo yang ga ada pohonnya baru kerasa panaassss :D

      Delete
  4. Ah ini menjadi salah satu alasan saya ke Bandung lagi :D

    ReplyDelete
  5. Bandung emang sllu ada aja yg baru mbak, dan kayaknya ini yg pertama deh ya mbk,
    Cakep ih, pgn duduk duduk manis gt di bawah pohon, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaya, setelah sama RK sih ini makin-makin fotogenit :D

      Delete
  6. Aku mau kesiniii meski jauh pisan dari Cimahi hahaha...kerennnn ciwalk:p

    ReplyDelete
  7. Photo dari hp aja hasilnya bagus begini. Suka tonenya mbak :)
    Sebel ya sama pemda yang merhatiin kepentingan umum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih hatur nuhun :) sebel maksudnya seneng betul? hehehe iya ih sebeellll hehehe

      Delete
  8. ah minggu depan aku ke bandung ke sini ah mudahan gak padat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mah bakal padat, mba tira :D kecuali hari kerja. hehehe

      Delete
  9. Bandung emang juwarak yaa. Salut dengan usaha Pak RK, tapi emang jadi aneh gitu ya lihat sesuatu yang bertahun kita familiar, terus berubah.

    ReplyDelete
  10. Ngomong-ngomong mba kalau ke Skywalknya bawa sepeda gitu boleh ngga ya? Pengen kesini minggu ini setelah dari CFD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, Je. Tapi ngangkut ke atasnya ribet sih kata saya mah. Juga kalau lagi banyak orang, bawa sepeda ke Skywalk kayaknya repotin diri sendiri :D kalo Skywalknya lowong mah bawa aja, seru kok hehehe

      Delete
  11. jadi penasaran nih ke Bandung. Inovatif banget yak, selalu ada yg baru.. Tertarik ma konsep kedai warna warni itu :) As always, fotonya cakep euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang udah kelamaan tidur kotanya :D warganya sih berinisiatif bikin hal2 yg kreatif, pemkotnya diem aja, nah sekarang mah pemkotnya beda hehehehe

      Delete
  12. duh kapan bisa ke bandung yaaa... terlalu excited banget sama bandung, sampe kadang ditanyain kenapa,,, dan selalu ngak bisa jawab... hahaha

    ReplyDelete
  13. Inspiring bgt ulasannya.
    Thank's buat foto"nya jg t'utama buat yg dah lama gak ke bandung, especialy cihampelas..

    ReplyDelete