Review De Braga by Artotel di Bandung

January 13, 2019
Hotel baru di Bandung. Lokasinya tepat berada di gedung Sarinah dahulu berada. Pada tahu Sarinah kan? Toko legendaris di Indonesia, department store pertama di negara ini. Idenya berasal dari Soekarno. Sarinah yang saya ingat adalah toko yang luas banget dalemnya dan memajang produk-produk kerajinan lokal.

Setelah 7 tahun (atau 10 tahun?) Sarinah 'tidur', nah sekarang Sarinah muncul lagi. Namun keberadaannya gak sendiri. Sebab ia berkolaborasi dengan hotel bernama De Braga by Artotel.



Ke sanalah saya berkunjung, melongok hotel tesebut dan Sarinah sekaligus. Baiklah gak perlu berlama-lama, ini review hotel De Braga by Artotel.

ROOM

Ada tiga tipe kamar di sini: Studio 25, Studio 35, dan de Braga Suite. Angka tersebut menunjukkan luas kamarnya. Suite tentu saja yang terluas dan ternyaman. Coba saya jabarin satu-satu kayak apa kamarnya. Let's go!

Studio 25

Kamar yang harganya paling ekonomis. Luasnya kira-kira 5x5m (kurang dikit). Untuk mendapat kamar dengan jendela yang mengarah ke pemandangan oke, kamu cantumin aja di remarks/special request pemesanan kamar hotel. Mudah-mudahan dikasih kamar dengan best view. Waku saya lihat kamarnya, jendela mengarah ke kolam renang.

Untuk keluarga kecil atau pasangan muda tanpa anak, kamar ini terbilang cocoklah. Kalo diperhatiin, kamar hotel di sini dibuat ala milenial: compact. Gak ada ruang yang kebuang percuma. Dibilang sempit ya memang.

Ranjang ukuran queen dengan bantal dua biji. Jarak dari ranjang ke televisi enak juga, gak bikin mata jereng atau leher pegal.

Lantas kamar mandinya bagaimana? standar aja shower+toilet. Kamar mandinya gak sempit, leluasa kalau mau pake berdua sekaligus.

Coba dilihat poster ini untuk tahu fasilitas di kamarnya apa saja. Ada hair dryer dan bisa rikwes bathrobe.



Studio 35

Nah ini luas kamarnya oke. Udah gitu ruangannya terbagi tiga: ranjang, meja kursi (semacam dining table), kamar mandi.

Sepengalaman saya menginap di hotel, saya gak butuh dining table seperti itu. Tapi mungkin kerasa fungsinya ya, buat naro barang belanjaan misalnya. Atau tas-tas kita. Lemari untuk simpan barang mah ada, tapi kita cenderung suka naro begitu aja di alas yang terdekat dengan pintu. Iya gak sih :D

Ranjang di sini masih ukuran queen. Tapi mungkin bisa rikwes kalua mau ranjang ukuran king, coba aja dulu :D

Jendela di kamar ini viewnya oke. Karena lantainya lebih tinggi dari kamar Studio 25 kali ya. Suasana kamarnya juga nyaman. Artotel ini menyediakan kamar dengan dekorasi mural di satu/dua dinding. Jadi ya, menambah semarak mood kamar tapi gak bikin kita terganggu. Lebih artsy aja jadinya.

Fasilitas di kamarnya apa aja?



de Braga Suite

Kalo mau kamar dengan kamar mandi yang ada bathtubnya, nah bookinglah kamar ini. Cocok untuk pasangan bulan madu, traktir orang tua, booking untuk bos dan keluarganya :D

Pemandangan dari kamarnya, wuih jangan ditanya. Hahaha. Seru! Bisa lihat Braga dan Asia Afrika.

Harga memang gak bohong. Kalau di apartemen, kamar ini udah disewa jadi 'rumah'. Sofanya aduduh enak banget! Kalo mau tidur tinggal naik ke ranjangnya yang ukuran king.

Fasilitasnya di kamarnya lebih semarak juga, termasuk ada bathrobe, complimentary berupa buah-buahan. Amenities juga jauh lebih lengkap, termasuk fasilitas buat nyetrika.





FOOD

Saya nyicipin sarapan di Artotel Braga. Oh tunggu, 'nyicipin terdengar irit. Saya makan besar di sini! Apa aja menu sarapan di hotel de Braga by Artotel?

Buanyak!


makan ronde pertama


Prasmanan menu lokal ada. Ada dua table malahan.
Menu sarapan ala western juga pasti ada.
Buah-buahan.
Aneka salad.
Dessert berupa puding dan pastry bakery (sampe kue Ali Agrem juga ada, hayooo tahu gak Ali Agrem kayak apa? hihihi).
Air minum standar mah ada, tapi ada pilihan jus tiga macam: apel, jeruk, mangga.

Ditambah di weekend ada menu nasi tumpeng. Sarapan mewah meriah!

Restonya juga nyeni. Muralnya sampe ke sini. Seperti hangout di kafe. Resto terbagi dua ruangan: indoor dan outdoor. Kalau cuaca cerah, cobalah makan di outdoornya. Kemarin saya dan teman-teman bersantap di sini. Rasanya seperti sedang piknik.

Sewaktu sarapan di sana, saya mencoba Ayam Mentega dan Kailan Saus Tiram. Terima kasih, Chef Artotel Braga. Enak banget masakannya saya nambah duakali!


LOCATION

Lokasi de Braga by Artotel sudah jelas ada di Jalan Braga. Di seberang Museum Konperensi Asia Afrika. Kalo kamu mau jalan-jalan di kota dan menginap di sini, posisi hotelnya udah strategis banget.

Gak usah kena macet, kamu udah bisa jelajah bangunan kuno sepanjang Jalan Asia Afrika, masuk ke museum, nongkrong di Alun-alun. Lalu kamu susuri Jalan Braga. Masih jalan kaki, dekat banget soalnya. Eh bukan dekat lagi lha hotelnya ada di Jalan Braga kok. Hehehe.



Pengen jalan-jalan rada menjauh, kunjungi Balaikota. Menurut saya sih dari Artotel Braga ke Balaikota masih dekat, tapi bila malas berjalan kaki tinggal pesan ojeg online. Ongkosnya palingan 5ribu doang, dengan promo bisalah 2ribu :D

Mau ke Dago? Haduh ini masih dekatlah. Jika terasa jauh ke mana-mana sewaktu kamu berlibur di Bandung, itu karena macet saja. Dari Braga ini relatif dekat ke mana aja sekitar kota. Ke Lembang mah baru jauh. Heuheu.

Coba dibaca dulu tulisan saya tentang Jalan-jalan di Bandung 2 Hari 1 Malam ini, ada itinerary segala termasuk jalan-jalan di Braga.


SERVICE

Saya baru mencicipi fasilitas sarapan di sini dan menurut saya pelayanannya oke. Gak ada komplen. Ramah sudah pasti. Sigap tentu saja.


FACILITES

Kolam renangnya! Mesti disebut duluan hahaha. Ukurannya gak besar-besar amat tapi masih cukup. Kayaknya kalo weekend bakal penuh sih kolamnya. Tersedia kolam renang untuk anak-anak.



Sepeda yang bisa kita pinjam untuk jalan-jalan. Gratis.

Terrace Caffee sebagai tempat nongkrong di tepi Jalan Braga.

Sarinah tentu saja. Dengan bobot legendanya, menurut saya lebih oke kalau Sarinah ditempatkan di depan hotel, sebelah-sebelahan mungkin dengan Terrace Caffe. Sebab namanya menyedot perhatian, bagus untuk berfoto dan dijamin ramai di media sosial. Begitu juga isi tokonya. Produknya bagus-bagus banget! Jadi pejalan kaki dan pengunjung umum bisa berbelanja di sana. Saat ini posisi tokonya ada di dalam hotel. Hanya tamu hotel saja yang dapat masuk ke Sarinah.



Meetspace yang artsy. Ada empat ruang meeting di sini dan semuanya bagus-bagus banget! Tiap ruangan terpisah sekat dan bisa dipake untuk resepsi pernikahan.



semacam art gallery yang dikelilingi meetspace

Saya suka ruang meetingnya. Gak sempit, well-designed, warna dinding dan dekorasi ruangan yang simpel tapi gak terkesan kosong dan gak membosankan. Belum lagi lokasi meetspace ini satu lantai dengan artspacenya Artotel Braga. Kesannya jadi jauh dari kaku dan dingin. Ini kalo kamu suka bikin acara, saya rekomendasikan tempat ini. Coba dikontak Artotel Braga berapa gitu harga sewanya :D

Dolce Gusto. Saya udah sebut belum sih di tiap kamar disediakan Dolce Gusto? Itu lho mesin kopi masa kini. Harganya kopinya sudah termasuk harga kamar jadi gak ada biaya tambahan. Ini fasilitas unik yang juga tambahan sih, sebab fasilitas standar tiap kamar seperti kopi, teh, gula, dan air putih udah ada.



PRICE

Harga kamar mulai dari 500.000+++ sampai 1.300.000+++. Harga termasuk sarapan. Bukan harga yang fantastis untuk ukuran Braga. Tinggal dicocokan dengan isi dompet kita.

de Braga by Artotel
Jl. Braga no. 10
www.debragahotel.com


Petunjuk Arah ke de Braga by Artotel?

  1. Minta bantuan googlemap, ketik aja de Braga by Artotel di mapnya.
  2. Atau pesan taksi online/konvensional.
  3. Lokasi hotel tepat bersebelahan dengan Bank Jabar, bersebrangan dengan Museum KAA.
  4. Gak ada angkot yang lewat tepat di depan hotelnya. Bila menginap di sini, asumsi saya bilang kamu gak mungkin naik angkot :D 


19 comments on "Review De Braga by Artotel di Bandung"
  1. sarinah dept store masih ada juga yah di bandung, kirain cuma tinggal di jakarta aja. hihihi
    keren banget hotelnya ngasih kopinya dulce gusto, betahhh deh nginep disini kalo yang tukang ngopi

    ReplyDelete
  2. oo... di situ tho tempatnya.
    aku juga suka banget dengan hotel yang dindingnya nggak putih polos alias banyak mural yang artsy.
    jadi makin banyak nih list hotel yang ingin dijajal buat staycation *tutup mata*

    ReplyDelete
  3. Suka banget sama daerah Braga yang punya ciri khas bersejarah, ditambah sekarang ada hotel unik gini di Braga, menarik banget kan.

    ReplyDelete
  4. ah cucmey pisan teh hoyong ih ngacakan staycation semalam disini :) betah mesti kalau nginep disini, aku suka lewat doang kalau pas Ke Bandung jadi tahu ternyata dalamnya mantul juga

    ReplyDelete
  5. Keren ada dolce gusto nya ya, ada sepeda pula jadi bisa sepedaan juga yah, asik nih.

    ReplyDelete
  6. adakah space khusus dalam hotel ini, atau foto-foto jadul, atau apalah yang menandakan bahwa ini tadinya adalah bangunan antik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya ga ada, Pak. Sayang juga. Fasad bangunannya masi ada. Kalo signage Sarinah dipasang lagi di tempat yg sama kayak dulu. Signage hotelnya malah kecil. Trus beberapa kolom bangunan juga masih ada di bagian depan.

      Delete
  7. Suka banget dengan dekorasi hotel ini. Cantik artistik

    ReplyDelete
  8. Setiap kali nginep di hotel, selalu kepo sama menu sarapannya Luuu..
    Apalagi kalo buffee gitu, suka kalap akutu :))

    Tempatnya nyaman yah Lu, jadi pengen nyobain nginep :)

    ReplyDelete
  9. Instagenic ya bikin betah kalo staycation apalagi tamu luar soalnya kan deket ke tempat wisata

    ReplyDelete
  10. Sesuai namanya teh, art pisan. Beberapa kali pernah nginep di hotel daerah Braga tapi belum pernah di dalam jalannya pisan. Boleh dicoba nih kapan-kapan. 😁

    ReplyDelete
  11. kalo nginep seminggu di Bandung, cucok banget nih

    Bisa eksplor Bandung sekalian eksplor de Braga by Artotel yang cozy banget

    ReplyDelete
  12. Mantab deskripsinya. Alhamdulillah yah udah pada kesana. Semoga dapet banyak keseruan.

    ReplyDelete
  13. Ternyata yang ada di seberang Gedung Konferensi Asia Afrika ya? Dulu di sana pusat perbelanjaan, sekarang di bangun hotel yang bener-bener artistik ya..bagus bangeet!

    ReplyDelete
  14. Harga sesuai dengan fasilitas ya, Teh.
    Memang keren!

    ReplyDelete
  15. Aku baru tau Sarinah juga ada di Bandung. Di awal aku sempat bingung. Ini Artotel yang juga di deket Sarinah (Jakarta) apa Bandung ya? Hehehehe.

    Ini salah satu hotel yang mau kucoba selain Yello. Masih bingung nih mau pilih yang mana :D

    ReplyDelete
  16. Keren interiornya, ya. Bandung makin banyak aja hotel yg menarik. Apalagi ini lokasinya di Braga & Sarinah pula. Tp semasih di Bandung aku ga tahu Sarinah itu kyk apa, cuma liat tulisannya aja dari jauh pas lewat

    ReplyDelete
  17. wah, Keren ada dolce gusto nya ya, ada sepeda pula jadi bisa sepedaan juga yah, asik nih.

    ReplyDelete