Ke Borobudur Kami Akan Kembali

November 24, 2018
Tahun 2017 kali pertama saya, Indra, dan Nabil berkunjung ke situs yang masuk daftar keajaiban dunia: Borobudur. Waktu ke sana, ada banyak bagian yang sedang renovasi. Ditambah pas hari sabtu. Ohooo penuh orang sekali itu Borobudurnya. 

Sehingga saya pengen banget rasanya kembali ke Borobudur dan menikmatinya bukan di hari sabtu. Hahaha. Oh satu lagi, saya pengen lihat sunrise dari pelataran Candi Borobudur!

pertama kali ke Borobudur, musim liburan orang-orang Eropa. difoto oleh Indra

Di bulan Desember nanti si Nabilkubil libur sekolah. Satu bulan liburnya dong. Ditambah pekerjaan kami yang bebas-atur-waktu-liburan, maka berkunjung ke Borobudur di bukan hari sabtu minggu bisa terwujud harusnya. 

Musim liburan sih ya sekarang pasti rame walo bukan weekend. Khekhekhe. Etapi orang tua kebanyakan liburnya sabtu minggu kan? Iya kan?

Fyi, kembali ke rencana jalan-jalan ke Borobudur, saya mau paketkan acaranya dengan liburan ke Magelang. Jalan-jalan ke Jogja udah, ke Solo udah, Magelang ini masa dilewat doang. Cocok sih Borobudur dan Magelang. Saya bikin rincian akomodasi dan transportasi rencana liburannya nih.

Saya cari-cari harga tercocok via online booking travel, Traveloka udah paling oke. Dan, udah pada tahu belum kalau tiket masuk Borobudur juga bisa dibeli via Traveloka? saya ceritain di bawah nanti.


Transportasi: kereta api, transjog, dan bis antar kota

Dari Bandung menuju Magelang, saya pesan tiket kereta api turun di kota Jogja. Kayaknya paling gampang akses menuju Borobudur via Jogja deh sepengalaman saya mah. 

Ambil jam keberangkatan pagi dari Bandung sekitar jam 7. Sampai di Jogja pukul tiga sore.

Turun di Stasiun Lempuyangan. Habis itu jalan kaki (atau naik becak, kalo males jalan :D) ke shelter Transjog terdekat, di Flyover Lempuyangan. Pilih trayek 2A ke Terminal Jombor. 

Nah di Terminal Jombor baru deh ketemu sama bis yang akan membawa kami ke Magelang. Jogja ke Magelang jaraknya gak jauh-jauh amat sih harusnya, 90 menit lah udah sampai ke Magelang.


Akomodasi: Tingal Laras Art Homestay

Berdasarkan pencarian saya di google, penginapan ini jaraknya gak jauh dari Borobudur.

Cek harga menginap via Traveloka, untuk bulan-bulan musim liburan kayak sekarang sekitar 500ribuan permalam. Tapi ini hotel jaraknya gak nyampe 2km dari Borobudur. Ditambah gak jauh pula dari pusat kota Magelang. So ke mana-mana dekat banget atuh. 

Memesan hotel via Traveloka sudah default saya sekarang. Pilihan hotelnya banyak dan lengkap, pembayarannya gak ribet dan mudah. Oh satu lagi yang penting: refundnya gampang. Hahaha.

Waktu menginap di Malang bulan Maret lalu, saya cancel pemesanan dan minta refund karena hotel pertama yang saya pilih kurang gimana gitu wkwkwk. Habis itu booking ulang ke Cottage Ubud Malang dan Aventree Syariah. Dan iya refundnya gak pake ribet, cuma isi data, nunggu beberapa hari, uangnya balik lagi.

Rekreasi: Candi Borobudur, Kuliner Magelang, dan Museum Diponegoro

Beli tiket ke Borobudur biasanya beli di kantor agen-agen travel. Bisa juga di hotel tempat kita menginap, itupun bila hotelnya terafiliasi dengan travel agen yang membawa turis ke Borobudur.

Nah sekarang, saya baru tahu lho kita bisa beli tiket masuk ke Candi Borobudur via Traveloka. Pilihan tiketnya ada macam-macam. Ada tiket regular dan ada tiket masuk + lihat sunrise/sunset. Harga turis lokal dan mancanegara juga sudah tercantum.

Gini cara beli tiket masuk Borobudur di Traveloka:
  • Buka app Traveloka.
  • Pilih Attraction & Activities.
  • Di bagian atas ada kolom search, ketik 'borobudur'.
  • Nanti keluar pilihan jenis tiket. 
Tiket masuk Borobudur termurah via Traveloka sebesar Rp38.000.

Saya pilih tiket Borobudur Sunrise Admission Ticket: 
  • Untuk orang dewasa 343.000
  • Untuk anak umur 6-10 tahun 177.600
Karena harganya beda dengan tiket reguler, maka paket layanannya juga berbeda.

Di dalam paket Borobudur Sunrise Admission Ticket sajian utamanya memang menyaksikan sunrise, tapi kami gak hanya dapat tiket masuk saja namun juga ada pemandu dan sarapan.

Berdasarkan pengalaman ke Borobudur sebelumnya, yhaaa kami butuh dipandu keliling Candi Borobudur! Sayang atuh lihat doang gak tahu arti relief-reliefnya.




Beres berkeliling di Borobudur biasanya jam 9 pagi. Sesudahnya bisa kembali ke hotel. Namun saya pengennya sih mengunjungi Ketep Pass dan Puthuk Setumbu. 

Misi pertama, Candi Borobudur, sudah tercapai. Bonusnya adalah menyaksikan Gunung Merbabu di Ketep Pass. Bila sempat ya ke Puthuk Setumbu. Nah barulah sesudahnya plesir di kota Magelang!

Ada apa aja di kota kecil Magelang? 

Hasil browsing di google, saya menemukan Museum Sudirman, Museum Diponegoro, bangunan Pecinan di Jalan Pemuda, dan Alun-alun Magelang. 

Di Alun-alun ini mau hunting kuliner jalanan. Tapi saya pun sudah mencatat kuliner rekomendasi blogger-blogger di google. 

Ada Mangut Beong Sehati Borobudur, Sup Senerek Pak Parto, Mangut Bawal Warung Purnama, dan Buntil Lumbu.

Belum selesai, saya mau mampir ke Pasar Ngasem juga. Di sana ada Getuk Lindri dan Es Dawet yang enak banget (masih katanya, perlu dibuktikan :D). Sebagai penyegar tambahan ada Es Krim Mahkota! 

Wah bayangkan satu hari memakan itu semua hahaha.

Magelang ini memang kota kecil yang 'penuh'! Sungguh gak sabar mau segera packing dan mewujudkan rencana plesir ke Magelang. 


19 comments on "Ke Borobudur Kami Akan Kembali"
  1. Cinta deh sama candi termegah inih... Terimakasih wahai Raja Syailendra. nitip bule ganteng lah, Lu...

    ReplyDelete
  2. Udah lama gak ke Borobudur, baru tahu ada paket sunrise sama sunset

    ReplyDelete
  3. Kemarin waktu ke Jogja 3 hari gak eksplor banyak maklum on duty. Hehehehe mau kesana lagi banyak rekomendasi hotel dan penginapan murah juga puas-puasin ah pake Traveloka

    ReplyDelete
  4. Jogja memang gak ada habis dan bosannya untuk di explore, dan aku pun waktu ke Jogja pesennya lewat Traveloka ddan emang jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  5. Wah, saya kemaren ke borobudur go show aja. Jadi ga tau deh kalau ada berbagai paket wisatanya. Tau gitu cek traveloka dulu

    ReplyDelete
  6. Sama teh, traveloka itu udah default di aku hee.

    Aku jg pernah refund dan ga ribet prosesnya.

    Trus makin sini, gemes akutu sama traveloka soalnya fiturnya mkin lengkap ajaa

    ReplyDelete
  7. Owuo, aku pernah punya impian menghabiskan masa tuaku di Magelang. Gak terlalu seramai Yogya tapi gak sesepi Purworejo, kampung halamanku. Btw aku baru tahu kalau bisa beli tiket masuk Borobudur di Traveloka. Makin beragam aja nih layanan Traveloka

    ReplyDelete
  8. Baca ini naha aku malah lapar yaa. Mangut sehati, es krim mahkota. Duuh teh Ulu, auto pengen jalan - jalan ieu mah, cek traveloka ahh

    ReplyDelete
  9. Ulu ngabibita wae, T__T. Ini sedang merancanakan ke Surabaya tapi mampir dulu ke Solo, Yogya dan Semarang gitu.

    ReplyDelete
  10. Jadi kangen main ke Jogja. Terakhir ke Borobudur udah 3 tahun yang lalu. Ingin nyobain lihat sunrise dari atas Borobudur, deh

    ReplyDelete
  11. Wah, aku terakhir kali ke Candi Borobudur waktu masih SMA Luuuu, pengen banget ngajak Kayla & Fathir ke Borobudur jugak.

    Nanti mau nge-Traveloka juga ah Luuu, biar praktis dan lebih irit hehehe

    ReplyDelete
  12. Salut euy sama Ulu yang selau jalan penuh dengan perhitungan sampe naik angkutan umumnya. Kalo aku langsung dr stasion Tugu sewa motor, ke solo, prambanan, borobudur, cuuzzz..gerunk2..
    Kapan2 pengen juga pake angkutan umum ahh..

    ReplyDelete
  13. Terakhir ke Borobudur kapan yaah..duh sah lama sekali ituuu...Jadi pengen ke sana lagi bareng anak2...

    ReplyDelete
  14. Terkahir ke Borobudur waktu SMP yeampun gimana nih wkwkwk uda lama banjet ga tau deh update candinya begimana skrg jd pengen liburan sama keluarga kesini

    ReplyDelete
  15. Waaah harga tiket sunrise admission nya lumayan, tp dapet pemandu. Sy udah ke borobudur 2x kesnaa pengen tau sejarahnya dr pemandunya juga😍

    ReplyDelete
  16. Sumpah ya, Lu, aku teh pengin pisan ke Borobudur. Berapa kali ke Jogja ga pernah da ke sana hiks

    ReplyDelete
  17. main ke mana aja pasti beda rasanya kalau temennya beda ya teh.
    dulu ke sini sama suami, tahun lalu ke borobudur bawa ibuk dari kampung halaman.
    sensasinya beda, rempongnya pun beda.

    ReplyDelete
  18. oh bisa refund?

    Ternyata kalo pesen via traveloka seperti ini malah memudahkannya ya?

    ReplyDelete
  19. aku pun pengen balik lagi ke Borobudur menikmati sunrisenya.

    ReplyDelete