Hotel Dekat Universitas Pendidikan Indonesia

April 08, 2016
Ulu, cariin hotel deket kampus UPI dong! 

Nah ini, biasanya terjadi kalau ada acara Wisuda. Anyway, UPI adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Dahulu bernama IKIP. Letaknya di Jalan Setiabudi, dekat ke arah Lembang. Kampusnya luas sekali. Ada banyak pepohonan rindang. Terkenal juga karena Vila Isola, bangunan heritage berlanggam artdeco yang unik.

Kampus UPI mengadakan Wisuda 3x dalam setahun. Tiap tahun tambah macet saja kalau ada wisuda. ya wajar sih, jumlah mahasiswa bertambah juga sampai perlu dibagi wisudanya ke 3 gelombang.

Namanya juga wisuda, pasti keluarga berdatangan ingin melihat anaknya pakai Toga, dilepas rektor sebagai pertanda lulus kuliah. Paling enggak ayah, ibu, kakak dan adik datanglah ya. Urusan menginap ini bakal mudah urusannya kalau ada kerabat. Jika tidak ada, pilihannya pergi-pulang atau menginap.

Menginap di dekat kampus UPI bukan hal yang sulit. Jalan Setiabudhi itu surganya penginapan. Aksesnya yang nyambung ke Lembang membuat ruas jalan ini subur untuk berbisnis terutama perhotelan. 

Kalau orang kalau nanya hotelnya 'dekat atau enggak' dari kampus UPI, saya biasanya tanya balik. Dari hotelnya kamu mau jalan kaki atau bawa kendaraan?

Kalau lagi wisuda mah saya saranin: JALAN KAKI SAJA. Ribet naik mobil mah. Motor masih mending sih, tapi kayaknya jarang ya peristiwa wisuda dan yang antarnya naik motor. Biasanya naik mobil. Entah nyewa, entah minjam, entah punya sendiri. 

Jadi saya kasih dua pilihan deh. Hotel yang dapat menjangkau kampus UPI dengan berjalan kaki. Dan hotel yang dekat kampus UPI tapi kejauhan kalau jalan kaki kecuali kamu pake sepatu sneakers dan orang tua kamu masih sanggup jalan kaki lebih dari 1 km. 

Oh satu hal lagi. Kontur Jalan Setiabudi (lokasi kampusnya) itu NANJAK. Yoiiihhh males ya hahaha. Itu yang saya hadapi hampir setiap hari. Tanjakan. Makanya dulu malas amat bike to work, perginya mah turun, pulangnya nanjak :D 

Hotel Dekat Kampus UPI Radius Jalan Kaki



1. Isola Resort Hotel

Ini hotel yang berada di dalam kampusnya. Gaya ya punya hotel sendiri wkwkwkwkwk. Yah maklumlah sekarang banyak yang mau sekolah pascasarjana. Ibu-ibu dan bapak-bapak. Tahu sendiri kuliah S2 kan gak kayak kuliah S1 yang padat jadwal. Belum lagi acara kampus yang tingkatnya nasional dan internasional. Kampus UPI terbilang kampus terbaik di bidang pendidikan. Jadi ya banyak acara di sini. 

Kalau ada yang mau wisuda di kampus UPI pasti keluarganya pada datang kan. Nginapnya di Isola Resort ini saja. Dekat sekali lokasinya dengan gedung wisuda. Kurang dari 1 km saja kok. Berangkatnya nanjak, pulangnya turun. Gak ribet macet nunggu giliran keluar dari kampus. Berangkatnya santai, pulangnya juga santai. 

Walau namanya resort, tapi aslinya sih hotel. Saya belum pernah menginap di sini. Tapi sering banget lewat kalau lagi olahraga. Pernah juga masuk beberapa kali makan di restorannya. 


2. Hotel Ponty

Wah ini mah tetangga saya. Nama Ponty diambil dari nama anak bungsunya. Dahulu fungsinya rumah pribadi. Sekarang disulap jadi hotel. 

Lokasinya tepat ada di sebrang jalan masuk kampus UPI bagian atas. FYI, masuk ke UPI ada banyak jalannya. Pintu utama berada tepat sebelum Terminal Ledeng. Pintu utama ini biasanya dilewatin yang punya kendaraan. Pintu kedua ada di bagian atasnya. Dekat Terminal Ledeng. Pintu ini khusus untuk pejalan kaki. Kalau wisuda baru gerbangnya dibuka lebar-lebar sebagai jalur alternatif kendaraan. 

Hotel Ponty ada tepat di sebrang pintu kedua. Deket toh. Gak usah bawa kendaran ke kampus. Tinggal menyebrang. Tapi ya gak sekonyong-konyong gedung wisudanya ada di depan hotelnya. Harus jalan kaki lagi jauh ke dalam. Jauh? Iya hahaha. Kurang dari 1 km kok. Kontur tetap lah naik dan turun :D Hihihi. 


3. Hotel Salis

Idem dengan Hotel Ponty, agak geser dikit sih posisinya. Ada di sebrang gedung Vila Isola. Hotel bintang tiga yang warna gedungnya dominan ungu. Hotel masa kini. Tiap weekend penuh melulu. Hotel ini bisa di book via Agoda, yang mana artinya bisa dipesan melalui saya juga karena saya agen Agoda :D Harganya lebih murah pesan ke saya sih daripada harga yang tayang di Agoda hehehe. 

4. Hotel Travelo

Tetangganya Hotel Salis banget. Kualitas setingkat di atas Salis. Travelo juga bisa dipesan ke saya hehehe :D (Agoda, maksudnya)


5. Hotel Setiabudi Indah

Hotel lama nih. Dari zaman saya masih anak sekolahan, rasanya hotel ini sudah berdiri. 


6. Hotel Casa De Ladera

Hotel tahun 2000an. Waktu saya wisuda, keluarga saya yang datang dari Indramayu menginap di sini. Gak terlalu buruk sih hotelnya. Standar. Tapi entah sekarang ya. Kelihatannya memang yang paling sepi di antara barisan hotel lainnya di Jalan Setiabudi sih. 



Hotel Dekat Kampus UPI, ke Kampus Tetap Naik Kendaraan Sih


Kendaraannya bisa pribadi bisa juga angkot. Oke here gores:

1. Hotel Mercure

Lokasinya di atas kampus UPI. Hotel bintang empat dan teramat mewah. Kalau kamu gak masalah dengan anggaran, ya menginap saja di sini. Posisinya terlalu jauh kalau harus berjalan kaki ke kampus. Pulangnya juga berat, nanjaknya malesin banget. Hehehe :D 

2. Hotel Banana Inn

Hotel ini lebih dekat ke arah kampus ENHAI (STP Bandung) dan kampus UNPAR. Tinggal nyebrang, jalan dikit, dan masuk kampus ENHAI. Tapi saya lagi bahas kampus UPI yak hehehehe :D 

Lokasinya gak jauh dari UPI. Tarik garis lurus belok-belok dikit, naik mobil 5 menit sampai. Dengan catatan sedang gak macet. Karena ada SMP dan kawasan bernama Gegerkalong yang jadi sumber macet di sini. 

3. Hotel di Cipaku

Kawasan Cipaku berada di sebrang kampus UPI. Tapi mohon diingat, di sini konturnya parah gila. Naik turun gak ada ampun! Jadi memang wajibnya naik kendaraan kalau mau ke kampus UPI. Ada hotel The Travel, The Cipaku Garden Hotel, Cipaku Indah, dan beberapa lagi. 

4. Hotel Amaris 

Ini menjauh dari kampus UPI tapi masih relatif dekat lah. Tetangganya supermarket BORMA dan hotel baru! Amarisnya sendiri sudah lama berdiri di Bandung, mereka baru buka cabang di jalan Setiabudhi. 


Bisa juga sih menginap di hotel-hotel yang ada di Jalan Sersan Bajuri. Kalau kamu kehabisan hotel untuk menampung keluarga di acara wisuda di kampus UPI, pilih alternatif hotel-hotel yang masih dekat dengan kampusnya di :
1. Jalan Sersan Bajuri
2. Cipaku
3. Gegerkalong


ps: sori gak melengkapi tulisan ini dengan foto. Kok foto-foto yang ada di internet gak bagus gitu ya wkwkwkwkwk. Pas ada foto bagus, kelihatannya potosop banget :D Browsing aja di google kalau mau lihat penampakan hotelnya ya, sambil nunggu saya foto satu per satu hotelnya hehehe.

Untuk pemesanan, bisa kontak saya. Tapi saya gak bisa mem-book semua hotel tersebut. Ada beberapa hotel yang gak ada daftarnya di Agoda euy.

Anyway kalau mau sekadar bertanya (syukur-syukur sekalian pesan kamar hotelnya wkwkwkwk) kontak saya di 0812.2005.4556 (bisa WA atau SMS). Email juga boleh ke bandungdiary@gmail.com


7 comments on "Hotel Dekat Universitas Pendidikan Indonesia"
  1. bisa juga di daerah daarut tauhid ada guest house sama bbrapa penginapan pnya MQ, Di gerlong hilir juga ada dua hotel lagi mungil-mungil, namanya lupa deuh deket pertigaan bawah kPAD. Iya kalo wisuda upi mending jalan kaki aja, macet parah deh biasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KPAD kejauhan kalo jalan kaki :D Iya bener MQ guesthouse, hehehe makasih udah ditambah informasinya nih, Mba Tetty. Hehehe.

      Delete
  2. Nah, walaupun saya gak ada yang wisudaan di sana, kayaknya boleh disimpan ini infonya. Kali aja mau nginep di daerah sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipsip :D mampir ke rumah saya yak hehehehe deket soalnya daerah setiabudhi juga :D

      Delete
  3. aih asyikberarti aku boleh kontak juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh atuh, Mba Lidya. Dengan senang hati saya melayani hehehe

      Delete
  4. Aku pernah masuk teh ke yang The Salis itu, dan enakeun emang disana. Semuanya di karpetin empuk dan kalau minta clean room tinggal pencet tombol ga gantung sign di depan pintu hihi

    ReplyDelete