Bersama Kita Pasti Gendut di Keuken - Bandung

October 08, 2013

Postingan ini seharusnya saya buat di bulan Juni 2013. Biasa, menunda-nunda. Hehehe. Aniwei, here goes!



Saya doyaaaan sekali makan. Kalau prinsipnya suami saya sih Teladan: telat makan edan. Kerjaan kami ini selalu diputaran meja makan - dapur - meja makan lagi. Hehehe. And yes, we are the best people, kalau kata oma Julia Child :)

Beruntungnya Bandung jadi domisili saya. Di kota ini hampir semua makanannya enak-enak. Konon makan daun aja rasanya enak :D 

Di kota ini ada buanyak sekali acara-acara publik. Sekelas festival. Saya termasuk rajin datang ke acara-acara seru di Bandung. Mulai dari Kickfest, Kemilau Nusantara, Bragafest, launching Dago Car Free Day, festival Museum, festival teh, pameran fotografi, dan masih buanyaaaak lagi. Termasuk festival kuliner ini nih: Keuken.




Keuken adalah pesta kulinernya anak muda di Bandung. Catet ya, ANAK MUDA. Eeeuur, ini berdasarkan pengamatan saya aja sih. Hehehe. Soalnya waktu pertama dan terakhir kali datang ke Keuken, semua pengisi acara stand kulinernya anak muda semua. Sebaya atau lebih sedikit dari usia saya. 20 tahun - 30 tahunanlah.

Dari beberapa acara festival kuliner di Bandung yang pernah saya datangi, Keuken adalah festival yang paling rapi, cantik, bersih, dan terkoordinasi dengan baik. Kerasa banget orang-orang yang ngurusin Keuken anak-anak muda yang kreatif, gaya, punya selera yang baik, dan pinter-pinter. Lagi-lagi ini berdasarkan pengamatan saya aja ya, bisa jadi kita berbeda pendapat :)

Keuken bulan Juni kemarin adalah yang keempat kalinya.  Keuken 1 - 4 beda-beda lokasinya. Tergantung temanya. buat yang ke-4 kemarin ini judulnya Keuken #4: The Jolly Camaraderie. Mengutip isi webnya Keuken :

"Event keempat kita akan untuk sekali ini menyingkir dari festival jalanan dan menghidupkan kembali sebuah situs historis yang hilang dari kemajuan Kota Bandung.KEUKEN #4: The Jolly Camaraderie akan menapak jejak kolonialisme dan ledakan industri antik yang dibawanya di Gudang Persediaan Kereta Api Cikudapateuh milik PT KAI!"

Acaranya HANYA berlangsung satu hari saja, jam delapan sampai malam hari pukul dua belas teng. Baru di gelaran yang keempat kalinya saya menyempatkan diri hadir. Awalnya sih karena saya kepincut sama lokasi acaranya. Sebagai pecinta berat bangunan-bangunan tua, Kompleks Gedung Kereta Api Indonesia gak bisa gak dikunjungi. Terakhir kali saya masuk ke wilayah kompleks ini adalah tahun 2009 waktu ada Festival (sepeda) Ontel Indonesia.




Berhubung saya penggemar Bandung-hari-minggu-jam6pagi-jam10 saya putuskan berkunjung ke Keuken dan makan-makan sepuasnya disana sampai kantong dan dompet saya ludes isinya. Bandung hari minggu pagi-pagi udaranya masih manusiawi dan jalan rayanya membumi. Sepi, sejuk, segar. Love it.

Kira-kira setengah jam meluncur dari Bandung utara, trio Bersama-Kita-Pasti-Gendut segera memasuki arena Keuken. Menuju arenanya kita kudu menyusuri sejarah dulu. Bukan lewat buku, ini mah menyusuri area kompleks kantornya KAI Bandung yang berjejer gedung-gedung tuanya. Gedungnya besar-besar, cantik, tapi kelihatan kesepian. Mungkin di hari itu mereka agak senang ya karena ada kira-kira 6000 lebih orang yang hilir mudik mengisi kekosongan gedung-gedung KAI tersebut.






tampil sebentar yak :D

Kira-kira 100 meter dari pintu gerbangnya, kami sampai di deretan stand-stand makanan yang keren. Food hunting dimulai!

bagian muka deretan stand Keuken




mulai rame euy

Mulai dari roti-roti, aneka pastry, makanan ringan, yang berat-berat, semuanya ada. Aneka teknik masaknya juga beragam: goreng, panggang, bakar, sampe diasapi :D hehehehe

enak enak enak! semuanya enaaaak!


Sumpah ini WUENAAAAAKKK! sayang saya lupa nama standnya :((


Kue-kue cantik yang manis dari Sugar Rush


Nugget Jamur dari Kluni Kitchen
Daging asap ala Bin Ukon

Kebanyakan makanan yang tampil di Keukeun ini jenisnya Western. Tapi bukan berarti tidak ada yang citarasanya lokal. Ada Batagor, juga ada Sate. Memang tidak banyak, sih. Keuken berikutnya bakal lebih seru kalau konten lokalnya lebih banyak, disamping yang menyajikannya anak-anak muda kreatif ya. 

Nah si Keuken ini gak hanya menyajikan kuliner, tapi juga musik dan aneka pertunjukkan unik. Karena diadakan di kompleks Gedung KAI, pertunjukkan yang sedihnya saya lewatkan itu adalah Marching Band dari kru KAI. Kalau yang saya bayangin sih pasti seruuu. Ah sayang aja saya keburu pulang. Acara musik laennnya juga 'anak-muda' banget! Banyak band-band Indie. 

Oh gak ketinggalan ada demo masak juga! demo masaknya ga hanya dari chef-chef beken, kadangkala yang demo masak roang-orang local geniusnya Bandung ;)

Satu hal yang saya acungi jempol adalah keberadaan tempat sampah. Jarang-jarang soalnya tempat sampah ada di tiap 5 meter begini hihihi :) 

Keukeun ke 5 nanti pada datang yak. Moga-moga tambah seru acaranya. Tips dari saya, kalau mau datang baiknya pagi. Kecuali kalau tidak keberatan dengan keramaian. Saya sih gak terlalu betah kalau terlalu banyak manusia hehehehe. Jadi waktu saya muncul pagi jam 9 suasananya masih lengang dan gak terlalu lama ngantri untuk menikmati makanan-makanannya. Kalau sudah dekat jam makan siang, BEUH rameeeee! menjelang malam makin menggila ramainya. Cocok deh buat yang masih muda. Saya yang ibu-ibu ini emang cocoknya pagi-pagi hahahaha :D

Kayaknya bentar lagi nih Keukeun 5 bakal diadain. Biasanya Keuken diadakan enam bulan sekali. Terakhir di bulan Juni, berarti bulan Januari kali ya Keuken ke 5? 

Ngomong-ngomong saya udah nyoba beberapakali masukin video dokumenter tentang Keuken disini tapi gagal melulu. Liat aja sendiri ya! videonya BAGUS yang bikin jagoaaaaannnn! Klik di caption foto ini. 

KEUKEN #4: The Jolly Camaraderie (Official Video)     
5 comments on "Bersama Kita Pasti Gendut di Keuken - Bandung"
  1. Baca sambil lap iler mlulubnih mak..Bandung emang surganya kuliner ya mak.ini event tahunan ga sih?x aja thn dpn ada hrs dateeenggg ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enam bulan sekali, mak. cuma yg kudunya januari kemarin lagi alpa dulu gara2 panitianya di book sama pemkot bandung buat urusin Culinary Night :D moga2 bentar lagi ada ya, ntar saya woro-woro :D

      Delete
  2. Hai saya perwakilan dari Keuken. Terimakasih untuk tulisannya mengenai Keuken 4 ya.
    Untuk Keuken ke 5, akan di adakan bulan depan. Tanggal 19 Okotober. Tempatnya bisa di update di twitter @keukenbdg. Kami tunggu kehadirannya!

    -team Keuken

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama. Iya saya udah lihat infonya di Instagram :) pasti datang, dong. heheh

      Delete
  3. mampir ke boothnya rawkachilli yah, kak :) sambal Danjer* Bahaya ^^

    ReplyDelete