Cara Pake Bike Sharing Bandung dan Pengalaman Pertama Pake Boseh

July 10, 2017
Di tulisan sebelumnya saya udah kasitau kalo mau nyobain pake Boseh, bike sharing Bandung yang terbaru banget nih munculnya. 

Cari lokasi stasiunnya gak susah karena saya udah follow akun @bdgecotransport dan dari mereka lah saya tahu di mana aja lokasi stasiun Bike Sharing Bandung ini. Eh follow juga akun @dishubkotabandung ya, mereka ngasi informasih pertamax banget lah tentang Boseh ini hahaha mantap! 

Saya putusin ke stasiun bike sharing yang ada di Alun-alun Utara. Gila ya ternyata masih musim libur anak sekolahan, rame banget udah banyak orang di Alun-alun. Kebanyakan sih pada main di lapangannya.

Jam 6 pagi tuh awalnya saya udah niat mau pake sepedanya. Terus Teh Astri -yang udah lebih dulu make Boseh- kasitau saya kalau sepedanya baru bisa dipake jam 9 pagi. Whaaatttt! Huhuhuhu atuh lah jam 9 pagi mah udah panas huhuhu.

Baca juga : Tips Ajak Anak Traveling Adalah Bersabar! Hahaha :D

Jadi ya udah lah sekitar jam 8 berangkat ke Alun-alun. Dengan kombinasi macet dan jajan dulu dengan si kubil, jam 9 tepat saya udah nyampe di jantungnya kota Bandung itu. 


Weeeehhh udah ngejajar aja orang-orang lagi antri daftar mau naik Boseh, nama buat Bike Sharing Bandung ini. Saya ikut antri dan nyiapin KTP. Pas bertatap muka dengan mba-mba petugas tiketnya barulah ketemu masalah saya pas si mbaknya bilang: WAAAHHH HARUS PAKE EKTP BUKAN KTP! 

APA? tanya saya seolah-olah gak denger kalimat sebelumnya.

Daftarnya harus pake EKTP, kalau KTP mah gak bisa. 

Yaaaaahhhhh. Sedih deh. Bukan salah saya kan EKTP saya gak jadi-jadi, salah koruptor itu huhuhuhu. Yah gimana dong. Kan saya udah kepengen pake sepedanya huhuhu. 

Setelah nego, akhirnya saya dibolehin naik sepedanya. Tapi cuma 30 menit. Aheeuuu. Pas meratiin sepedanya, lho kok... gak ada boncengan hahahahaha. Ini kubil anak saya mau saya taro di mana nih, masa dititipin ke petugas tiketnya hahahaha. 

Yasudahlah, belum jodoh saya menggunakan Boseh. Mesti urus EKTP dan ngajarin kubil naik sepeda. Panjang ya cerita pembukanya hohohoho. 


Okeh, ini caranya kalau mau pada pake bike sharing bandung si Boseh ya:

1. Cek stasiun bike sharing Bandung terdekat dengan lokasi kamu berada. Ceknya di aplikasi namanya Boseh Bikesharing Bandung (sayangnya hanya untuk user android dulu). 

2. Di app itu bakal kelihatan lokasi stasiunnya dan jumlah sepedanya.

3. Datang ke stasiun bike sharing, daftar (kalau belum daftar dan belum punya kartu Etransport).

4. Nanti beresin urusan administrasinya, termasuk bikin pin.

5. Kartu udah jadi, tinggal di tap ke mesin stasiun dan masukin pin. Waktu saya di sana sih ada kakak pendamping yang membimbing pengunjung ambil sepedanya.

6. Nanti keluar nomor sepedanya, kamu datengin sepeda dengan nomor yang sama, abis itu pake deh sepedanya. Selamat jalan-jalan.

7. Balikin sepedanya gak usah di stasiun yang sama. Cari aja stasiun terdekat, tapi ya takutnya dock buat naro sepeda udah penuh, mendingan cek dulu di app Boseh Bikesharing Bandung tersedia gak docknya.

8. Coba cek juga akun Banopolis, orang-orang di balik layar Boseh Bike Sharing Bandung ini. 

Udah sih gitu aja. 

sori euy kartunya buram heuheuheu

Informasi bike sharing bandung (boseh) nih yang perlu kamu tahu:

1. Buka jam 9 pagi. Tutup jam 15.30

2. Harga sewa masih gratis karena masih sosialisasi bike sharing bandung. Nantinya sih bakal dikenakan harga. Konon harganya antara Rp1.000 - Rp3.000 per jam. 

3. Pastikan gak bawa barang banyak ya. Gak ada tempat penitipan barang euy. Males aja gitu naik sepeda bawa-bawa gembolan eheuheuheu.

4. Gunakan pakaian yang nyaman dan gak ribetin diri sendiri (dan orang lain).

5. Paling enak sih sewa sepeda yang ada di Taman Lansia, di sana teduh banyak pohon. Enak aja gitu bersepeda di bawah rindang pepohonan. Di kawasan Asia Afrika juga seru, cuma kalo lagi siang hari bakal panas banget sih. 

6. Taati lalu lintas dan hati-hati ya di jalan. Gak ada sweeper atau pendamping perjalanannya. Jadi ekstra hati-hati aja. Bukan cuma yang pake Boseh, yang berkendara lain juga mesti hati-hati dan ngasi ruang untuk para pesepeda ini. Ya gitu deh saling menghormati sesama pemake jalan.

Baca tulisan sebelumnya di : Bike Sharing Bandung Apaan Sih?

Saya sih ngerasa jam 9 kesiangan buat bersepeda. Jam 6 pagi kayaknya bakal lebih asoy. Juga jam tutupnya kesiangan, kayaknya seru aja sore-sore di Bandung naik sepeda gitu, jam 4 sore misalnya.

Dan juga plis tambahin boncengan dong plis. Saya kan punya anak kecil yang pengen saya ajak senang-senang juga naik sepeda huhuhuhu.

Terlepas dari kekurangannya, saya apreasiasi banget kemunculan Boseh. Seruuuuuu! Bandung makin ramai aja sih yang pasti mah hahahaha. Ditambah lagi ya kalau dipikir-pikir, bentar lagi kan pembangunan kereta gantung itu bakal dimulai. Eeeeaaaa eeeeaaaaaa hahahahaha. Udah lah Ridwan Kamil terusin aja jadi Bandung Satu lah! :D







Teks: oleh saya alias ulu :D
Foto: saya juga alias ulu, difoto pake smartphone ajah :D
5 comments on "Cara Pake Bike Sharing Bandung dan Pengalaman Pertama Pake Boseh"
  1. What buka jam 9 pagi? Pdhl sepedaan itu enaknya sebelum jam 9 masih adem. Apalagi di kota ya kan jam segitu mah udh rame kendaraan, malah jadinya ngehirup polusi heuheu

    ReplyDelete
  2. wuih bandung makin keren ajah,,, jam 9 pagi buat sepedahan mah agak kesiangan yah mbak,, mungkin nanti jam bukanya bisa berubah jam 5.30 biar warga makin sehat dengan demen sepedahan.

    ReplyDelete
  3. di kampus aku dulu masalahnya adalah banayk sepeda hilang. tak kembali. atau rusak oleh pengguna. semoga ngga kejadian begitu

    ReplyDelete
  4. Untuk rute jalur Bike Sharing ini apakah sudah melayani semua penjuru kota bandung min ? trus untuk jalur sepedanya, apakah sudah ada jalur khususnya atau bagaimana ? terima kasih informasinya, sangat bermanfaat sekali bagi wisatawan asal luar kota yang hendak mencoba berwisata di kota bandung naik sepeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rutenya masih bebas, Mba. Terserah mau dipake ke mana aja, yg penting sebelum shelternya tutup, sepedanya udah balik. Gak ada jalur khusus sepeda di Bandung.

      Delete