Santapan Ala Hotel Bintang Lima di Restoran Djoeroe Masak di Jalan Veteran Bandung

October 20, 2014
Halow! 

Dua minggu lalu saya dan Gele berkunjung ke restoran sekaligus kafe di Jl. Veteran Bandung. Namanya Djoeroe Masak. Kami singkat jadi DJ aja yak :) 


Sekarang banyak restoran yang melek-desain. Gak hanya makanan yang rasanya lezat, tapi penampilan restorannya juga menyenangkan mata dan membuat pengunjungnya nyaman. Restoran model begini salah satunya ya Djoeroe Masak. Next time kalian lagi di Bandung dan mencari restoran lucu dan menambah keeeksisan kalian di Instagram berbonus makanan enak-enak, datanglah ke Djoeroe Masak. Maknyussss! 

Sebelum ke detail ruangannya yang fotogenik, langsung ah kita serbu makanannya. Spesialisasi restorannya ini macam-macam. Saya nyoba makanan yang menu western dan asian. Kesimpulan kami, menu makanan Western rasanya lezat daripada yang menu Asia. Semua menu didandanin cantik. Platingnya legit sih, kalau plating ala DJ ini berwujud manusia, dia adalah Syahrini. Seronok! 

Here goes.

Tape D
Ini mah camilan endemik asal Bandung. Kue Bolen sih namanya. Di DJ kue unyu ini bernama Tape D. Terbuat dari tape dengan isian coklat. Pastry ini bukan favorit saya. Meski begitu saya tetap makan juga sih. Habis pula :D Enaaaaaakkk!

Tape dan coklat adalah jenis makanan yang manis. Kalau mereka bersatu dan tersaji di hadapan saya, saya bayangin perman 20 bungkus yang mesti dimakan sekaligus. Giung, kalau kata orang Sunda. Manis banget gak yah... tanya saya pada Gele. Oala, bayangan saya pudar. Pertanyaan terjawab. Tape D ini rasanya manis tapi gak giung. Manisnya masih sopan, masih proporsional. Dan... pertanda makanan yang keluar berikutnya dari panggung dapur DJ akan lebih lezat lagi.


Batagor D
Lah ini favorit semua orang Bandung! Ralat deng. Favorit sejuta umat yang datang ke Bandung. Hihihi :D Batagornya enak. Patut dicoba. Bikin Batagor tuh modalnya niat dan royal. Selain harus happy masaknya, porsi daging ikan yang dicampur ke adonannya jangan pelit. Kalau gak, ikannya gak bakal kerasa. Batagor D ini mah 10 jempol! Rasa ikannya tebal euy. Gak kalah dengan Batagor kenamaan lainnya di Bandung. Recommended!


Nasi Goreng Matah
Sudah tahu dari judul makanannya, yang spesial sambal matahnya. Rasanya enak tapi standar lah. Nasi Goreng ala restoran yang masih niat masaknya. Pengalaman seru nih makan nasi goreng yang sambalnya ala Bali begini. Biasanya kan pakai sambal botolan. Ternyata rasanya oke juga. Aneh tapi oke.

Sop Buntut
DJ menyediakan pilihannya sop buntut bakar, kuah, dan. Nasi putih plus sambal cengek. Tidak ketinggalan teman makannya: emping! 

Kami menyantap Sop Buntut Kuah. Dagingnya lumayan empuk. Walau begitu, saya dan Gele pernah melahap Sop Buntut yang lebih enak daripada yang kami makan di Djoeroe Masak ini. Hehehe :D 

Nasi Katumiri ala DJ
Nah ini yang recommended! Nasinya berbentuk kerucut dan terdiri dari tiga macam nasi: merah, putih, dan kuning. Niat banget ini chefnya yak :D Katumiri itu kosakata dalam bahasa sunda yang artinya pelangi. Nasi Katumiri ala DJ ini semacam rainbow cake-nya orang Sunda lah. Unik! Hahaha. 


Rasanya enak pula. Komposisi selain bahan utama nasinya adalah tahu, tempe orek, telur pindang, dan sambal terasi. Tahunya yang paling juara. Sambalnya ya tentu saja sudah barang pasti wajib ada. Enak meski rasanya kayak sambal terasi botolan :D 

Oke. 

Pindah ke makanan bule nih. Saya gak nyobain banyak, tapi pilihan saya berikut ini merupakan menu jagoannya DJ.

Beef Thernidors
Menu-menu di DJ ini ala hotel bintang lima semua yak. Namanya aneh dan penyajiannya gak setengah-setengah. Kayak yang ini nih. Tenderloin dan beef bacon, karbohidratnya dari kentang tumbuk, sayurannya berupa mixed vegetables (salad). Unik karena ada tomat cherry-nya satu :D hihihi. Bumbu alias saosnya mushroom souce. Rasanya enak meski saya pikir si Mushroom souce kurang tajam rasanya. Kematangan oke, dagingnya empuk, motongnya pun gampang banget. 


Classic DJ Chicken Steak
Ah ini yang saya rekomendasikan kalau kalian makan di DJ. Wajib makan! Bahan utamanya ada pada daging steaknya. Campuran antara sapi dan ayam. Kentang tumbuknya berisi cheese cream. Bule-bule bilangnya sih stuffed potato. Menu ini berlumur barbeque sauce yang menurut saya sih kekuatan yang menyatukan semua rasanya ke level ENAK BANGET. Lalu ada spinach creamy sause dan terakhir mixed vegetable. Rasanya... aaah juara! Bbq sauce-nya yah, juara tingkat internasional. 


Salmon Rosemary Cream
Daging ikan Salmon yang tebal dan entah cara masaknya bagaimana karena dagingnya gak rapuh waktu saya potong. Krimnya lezat namun rasanya tidak lebih kuat daripada menu yang saya sebut di atas. 


Semua menu Western yang saya dan Gele makan, sumber karbonya adalah kentang tumbuk. Menurut kami sih jenius juga. Kentang yang bentuknya berkelas cuma dua: potato wedges dan mashed potato. Bener gak? Hihi :D

Pindah ke minuman, sodara-sodari. Saya punya satu minuman di Djoeroe Masak yang ENAK GILAAA! Dan dia adalah....

Mocktail Tea Kiwi
Gak banyak cincong. Ini adalah minuman yang ter-recommended di seantero menu beverages-nya Djoeroe Masak. Satu porsi bisa untuk tiga orang. Tapi tidak disarankan. Buat saya dan Gele aja masih kurang. Tambah lagi minumnya, ayo tambah lagi. Hihihih :D

Campuran buahnya segar sekali: jeruk sunkist, potongan apel, dan strawberry. Minumannya gak terlalu encer, sedikit kental karena sari buah. Rasanya alami, segar, dan super enak. Seolah-olah setelah menelan menu makanan beratnya lalu minum ini, lemak dan karbo hilanglanglang :D 


Es Campur Eskrim
Di mana bisa beli es campur sekarang ya? Apalagi yang ber-eskrim begini. Isinya lengkap pula. Potongan alpukat, pacar cina, cincau hitam, potongan roti tawar, peuyeum. Wow kurang lengkap gimana coba. Es krim vanilanya menambah kecantikan segelas es campur ala DJ. Super recommended! 


Fruitty Berry
Minuman sehat banget ini. Hihihi :D ayo yang isi badannya mau dibersihin minumlah infused water. Sedang ngetren nih. Kayaknya di semua resto ada deh. Rasanya ya standar aja. Rasa buah :D hambar tapi segar. Tambahkan gula kalau mau dibikin manis sedikit. Gula cair sudah sepaket kok dengan segelas Infused Waternya. Di dalam gelas Fruitty Berry ada strawberry, kiwi, serai, jeruk, lemon. 


Djoeroe Masak
Jl. Veteran No. 44 Bandung
djoeroe_masak@ymail.com
t: 022-4200313

Website : http://djoeroemasak.com/
Twitter : @DjoeroeMasak1

Nasi Goreng Matah 34K
Sop Buntut 69K
Nasi Katumiri Ala DJ 47.5K

Beef Thernidors 82.5K
Classic DJ Chikensteak 45K

Mocktail Tea Kiwi 44K
Es Campur Eskrim 
Infused Water

Petunjuk arah menuju Djoeroe Masak:
1. Kalau naik angkot, pilihan angkotnya sebagai berikut:
Kalapa - Ledeng, Dago - Ledeng. Turun di perempatan jalan Veteran - Lengkong, lanjut berjalan ke arah jalan Veteran (kiri). Lurus aja, DJ ada di sebelah kanan jalan. 

2. Kalau kendaraan pribadi, arahkan mobil/motor/sepedanya ke Jl. Veteran. Caranya, cari di google map :D Yang penting ketemu jalan Lengkong, Jalan Merdeka, dan Jalan Sunda. Ketiga jalan ini yang menuntun kalian ke Jl. Veteran. Jalan ini masih dalam radius pusat kota Bandung. Tidak jauh dari museum Asia Afrika dan Pasar Baru.

Masih ada yang mau saya ceritain tentang Djoeroe Masak. Itu loh, tentang interiornya yang instagramgenik banget! Saya aja puas sekali foto-foto di DJ. Klik di sini. 

6 comments on "Santapan Ala Hotel Bintang Lima di Restoran Djoeroe Masak di Jalan Veteran Bandung"