Pohon Beringin di Bandung

September 24, 2014
Masih dalam rangka pepohonan pinggir jalan kota Bandung. Berikutnya kita bahas sedikit tentang Pohon Beringin ya. 

Beringin (Ficus Benjamina)

Pohon yang identik dengan angker ini memiliki daun yang rimbun dan batang pohonnya bercabang ke sana ke mari. Di Dago ada nih satu Pohon Beringin, di depan SMA 1 Bandung. 

Sebenarnya kalau diperhatikan, setiap ada bangunan Belanda yang megah, pasti deh ada Pohon Beringin di halaman depannya. Gak heran sih, pohon ini kan termasuk pohon pekarangan. Zaman dulu halaman rumah kan luas-luas. 

Contohnya saya SMA 1 Bandung ini. Tadinya kan dia satu kompleks dengan bangunan disampingnya yang sekarang sudah rata dengan tanah, SMAK Dago. Bangunan ini tuh gaya gedungnya jadul sekali, besar dan luas. Ah indah nian arsitektur bangunannya. Sisa sejarahnya sekarang dalam bentuk pohon beringin dan bangunan sekolah itu sih. 

Di depan (apa belakang ya) Vila Isola, ada juga pohon beringin. Di Balaikota, kalian bisa lihat pohon beringin di situ. Di halaman depan Biofarma di jalan pasteur ada juga pohon beringin. Bahkan taman-taman di Bandung tuh ada juga beringinnnya. Lumayanlah gampang nyari pohon ini, tinggal dateng ke ruang terbuka hijau atau bangunan besar bekas belanda yang masih berfungsi dengan baik. 

Pohon Beringin merupakan pohon peninggalan jaman baheula. Pohon ini sangat disukai oleh satwa liar, khususnya burung. Kiara atau Loa adalah nama lainnya. Nama-nama tempat yang menggunakan nama tersebut (Sekeloa, Kiaracondong) ada kemungkinan dulunya terdapat pohon Beringin. 

Dahulu pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Mistis gitu deh. Ya saya mah seneng kalau lagi berteduh pagi-siang hari. Kalau sore mah dingin euy, malam ya takut :D


Post Comment
Post a Comment