BLA, Bandung Lautan Api (1)

March 21, 2014
Pada masa perjuangan kemerdekaan, setiap daerah di Indonesia memiliki nilai dan sejarah perjuangan masing-masing. Di Bandung, satu yang paling terkenal adalah perjuangan Bandung Lautan Api. 

Kalau pernah ke lapangan Tegalega di jalan Otto Iskandar Dinata, di tengah lapangan itu pemerintah membangun monumen Bandung Lautan Api. Monumen ini merupakan simbol perjuangan dan kerelaan para penduduk yang mengungsi keluar Bandung pada 24 Maret 1946.



Sayangnya gak semua orang Bandung yang tahu bahwa jejak peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) bisa kita susuri dalam 10 stilasi yang tersebar di 10 lokasi. Jejak peristiwa bersejarah terangkum melalui stilasi ini. 

Stilasi ini berupa monumen mini. Ukuran tinggi sekitar 1,5m. Stilasi yang didesain oleh seniman bernama Sunaryo (pemilik dan perancang Selasar Sunaryo) dan dibangun tahun 1997 ini memiliki tiga plakat di tiap sisinya. 

Pada stilasi tersebut tercantum tiga informasi mengani peristiwa yang terjadi dilokasi berdirinya stilasi tersebut. Tiga info tersebut adalah keterangan Pembuat Stilasi (Bandung Heritage dan AMEX Bank Fondation), Teks Lagu Halo-Halo Bandung, serta Peta Bandung Lautan Api Heritage Trail. Di bagian atas stilasi dibuat replika bunga yang jadi ikonnya flora kota Bandung, Patrakomala.

Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan suatu rangkaian peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 24 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah dan harta benda. Mereka meninggalkan Bandung menuju pegunungan di selatan kota Bandung. 

Kesepuluh lokasi stilasi Bandung Lautan Api tersebut adalah:
1. Gedung BTPN Jl. Dago
2. Bank Jabar Jl. Braga
3. Gedung Jiwasraya Jl. Asia Afrika
4. Rumah Jl. Simpang
5. SD Dewi Sartika Jl. Kautamaan Istri
6. Rumah Nasution (rumahnya udah gak ada lagi) Jl. Dewi Sartika
7. Kompleks Lengkong
8. Jembatan Jl. Lengkong
9. SD Asmi
10.Tegalega


Berikut adalah kisah per stilasi, ceritanya saya sarikan dari buku Saya Pilih Pengungsi. Stilasinya saya hitung mundur ya. Saya mulai dari stilasi 10. 



***



ps: kalau mau lihat Monumen Bandung Lautan Api, temen-temen bisa datang ke Lapangan Tegalega. Ini petunjuk arahnya, kalau bingung tanya saja aja :D

1. Angkot yang lewat Lapangan Tegalega:
  • Kalapa - Dayeuh Kolot
  • Ciwastra - Cijerah
  • Cibaduyut - Karangsetra
  • Cikudapateuh - Ciroyom
  • Semua angkot yang tercantum jurusannya Terminal Tegalega, misalnya: Cisitu - Tegalega, dan masih banyak lagi. 

2. Lapangan Tegalega ini terletak di bagian selatan Bandung. Beberapa tempat yang ada di sekitarnya adalah Terminal Tegalega, Pasar Loak Astana Anyar dan Museum Sri Baduga.





Baca juga:

BLA: Jepang Kalah, Kita Merdeka, Belanda Datang Lagi (2) 



Post Comment
Post a Comment