Lupakan Lembang, Ini Dia Rekomendasi Jalan-jalan di Jalan Riau

November 12, 2018
Sudahlah lupakan dulu jalan-jalan ke Lembang. Macetnya gak nahan. Kecuali teman-teman ke sana pas bukan hari libur dan bukan akhir pekan. Tempat wisata di Bandung ada banyak, gak melulu Lembang. 

Gimana kalo menginap di hotel sekitaran Jalan Riau aja. Jalan-jalannya ya di situ-situ juga. Ke mana-mana radius jalan kaki pokoknya mah. Tapi kalau males melangkah, tenang tingga order ojek online :)

Jalan Riau di Bandung sama hitsnya kayak Jalan Dago dan Cihampelas. Populernya sebagai tempat belanja sih. Karena banyak FO di sana. Tahu gak FO apa? tempat belanja produk fashion yang -kata turis-turis mah- harganya murah dan produknya bagus-bagus. Toko baju gitulah. 

Kesukaan turis banget FO ini. Secara, Bandung mah udah jadi destinasi wisata Indonesia dan salah satu kegiatan wisata belanjanya ya jajan produk fashion :D 

Sebagai warga lokal, saya kasih rekomendasi jalan-jalan di sekitar Jalan Riau nih biar seru aja jalan-jalannya gak belanja doang.  Jalan Riau isinya bukan cuma FO dong. Kalau dibedah, isinya Jalan Riau dan sekitarnya seru-seru lho. 

Sarapan di Gempol

Gempol adalah wilayah antik yang letaknya di belakang Jalan Riau. Dahulu di sini berjejer rumah-rumah pegawai Gedung Sate. Masih ada sedikit rumah kuno di sana. 

Di Gempol ini ada dua tempat kuliner yang menjanjikan: Roti Gempol dan Kupat Tahu Gempol. 

Keduanya adalah kuliner legendaris kota Bandung. Umurnya udah puluhan tahun. Bukan tempat yang fancy tapi rasanya alamak endeus nian! 

wisata Indonesia
Roti Gempol yang nikmat!

Warga Bandung kalo nyari kupat tahu enak ya salah satunya ke Gempol ini. Harganya lebih mahal dari lapak kupat tahu yang lain memang, namun rasanya sepadan. 

Sementara itu, Roti Gempol mah tokonya barudak hipster dan indie Bandung. Hahaha. Enggak deng. Saya yang bukan anak hispter juga seneng jajan ke sini. Bila berkunjung ke Roti Gempol, pilih menu roti bakar ham. Pake telor lebih lezat! Mereka tuh produksi sendiri rotinya, pabrik roti ada di sebelah kiosnya. 

Jadi nih, sarapan di hotelnya jangan banyak-banyak. Wkwkwkwk. Pergilah ke luar hotel dan jelajah Jalan Riau, dimulai dengan sarapan di Gempol. Abis makan kupat tahu (atau roti gempol, bahkan keduanya berturut-turut), jalan kaki aja sampai Jalan Riau. Supaya makanan lekas tercerna. 

Nah abis itu, pergi ke tempat berikutnya: Bersepeda di Taman Cibeunying! Tapi gak ada sepedanya nih, gimana dong? Tenang saudara-saudari, ada Boseh di Bandung mah! 

Bersepeda dengan Boseh di Taman Cibeunying

Pada tahu gak kalau di Bandung ada bike sharing alias tempat sewa sepeda? Pemkot yang bikin programnya. Ini warisan rezim Ridwan Kamil. Nuhun, Kang Emil :D 

Jadi si Boseh ini ada banyak shelternya di Bandung. Namun untuk menggunakan sepedanya kita harus register dulu. Tempat registrasinya hanya ada tiga: Taman Cibeunying, Museum Geologi, dan Alun-alun. 

Menurut saya sih, Taman Cibeunying adalah zona paling aman untuk bersepeda. Karenanya paling saya rekomendasikan kalau kamu mau jalan-jalan santai bersepeda. Sebab trafiknya di sana gak gila-gilaan kayak di Alun-alun dan Museum Geologi. Jadi yah untuk bersepeda santai di sini mah oke bangetlah. Mana banyak pohon, adem gitu.


tempat wisata
yok ayok dipilih sepeda Bosehnya

Daftar Boseh gimana caranya?
  1. Harus pake Ektp. Gak mesti Ektp Bandung kok, luar Bandung juga bisa. Pokoknya yang penting Ektp
  2. Biaya daftar dan dapetin kartu Boseh sebesar Rp10.000. 
  3. Bisa sekalian topup kartunya di shelter registrasi Boseh. Mereka berkolaborasi dengan BRI, tapi kalo kamu topup di BRI minimalnya Rp50.000. Kalau topup kartu di shelter Boseh cuma Rp10.000 ajah. 
  4. Sewa satu jam pertama Rp1.000, jam berikutnya Rp2.000
  5. Nanti kamu dapet training cara pake kartu dan sepeda. Digital semua nih jadi perhatiin baik-baik. Saya tahu tapi bisa jelasin secara tertulis karena harus ada di depan mesinnya heuheuheu. 
  6. Info tambahan: shelter registrasi buka dari jam 08.00 sampai 15.30
  7. Tapi kalau kamu sudah punya kartunya, kamu bisa pake sepeda kapan aja dan balikin jam berapapun. Asal jangan dibawa pulang weh atuh :D 
Gunakan sepedanya berkeliling Taman Cibeunying. Bila mulai bosan dan pengen jalan-jalan ke kawasan lain dengan sepedanya, pergilah ke area Pasar Cihapit. Banyak jajanan di sana wkwkwkwk. 

Atau kamu bisa pacu sepeda ke arah museum-museum yang berdekatan jaraknya nih: 
Museum Gedung Sate
Museum Pos Indonesia
Museum Geologi

Saya bahas Museum Gedung Sate aja ya.

Berkunjung ke Museum Gedung Sate

Museum yang belum lama umurnya nih. Tahun berapa ya dia diresmiin? 2017 bulan Desember kalo gak salah. 

Menurut saya mah ini museum keren banget! Keren apanya? desainnya, interiornya dan cara menyajikan datanya. Mantap abis! Saya aja pas ke sana pertama kali sampe mikir apa iya ini yang bikin pemerintah provinsi Jawa Barat? Hahaha :D tahu sendiri kalo instansi pemerintah yang bikin biasanya kaku, konvensional, dan banyak typonya heuheuheu.


wisata Indonesia


Tapi museum ini enggak. Gila bagus banget! Ada timeline sejarah kota Bandung dan timeline pembangunan Gedung Sate. Rinci banget dari material bahan bangunan sampe-sampe batu dibahas segala. Ada displaynya juga. 

Fokus utama pembahasan museum adalah arsitektur Gedung Sate yang emang epik sih. Pada masanya, ini gedung emang monumental dan ambisius. 

Dengan penerangan yang membuat mata nyaman baca tapi masih bisa berfoto, Museum Gedung Sate menyediakan fitur VAR juga. Kita kayak seolah-olah naik balon udara dan menyaksikan Gedung Sate di bawah sana. Ahahaha keren. 

Terus ada lorong artwork Gedung Sate yang hwuidih bagus-bagus bener. Dan ini nih, tim yang merancang museumnya juga ditampilkan kayak prasasti. Baru ada museum yang mengapresiasi timnya sebegini rupa. Oke banget! 

Nongkrong di Kafe-kafe Instagram

Pergi ke Jalan Progo deh, pas banget di belakang FO Heritage. Tuh di sana kafe melulu. Rekomendasi saya: Mom's Bakery dan Blue Doors. 

Bila datang bersama keluarga, bawa ayah ibu, ajak makannya di Dakken. Nah ini mah pas di pinggir Jalan Riau. Sebelahan dengan FO Heritage. Tempatnya oke, rasa makanannya gak akan mengecewakan selera orangtua kamu aheuheueheu. Palingan harganya sih yang rada mahal. Kami sekeluarga pernah makan di sini, ber-12 orang habisnya sekitar 1,5 juta. Heuheueheu. 

Atau kalau jalan-jalannya sama temen dan adek mah bisa cari tempat makan yang rada simpel. Kayak Gang Nikmat misalnya, tempat baru di Bandung dan kelihatannya mah hits sih. Saya belon pernah ke sana ahahaha jadi gak bisa kasihtahu rasa makanan dan harga. Tapi ya cek aja di instagram mereka. Tempatnya sih oke. 

Penginapan di Jalan Riau, Enaknya Nginep di Mana

Banyak hotel di sini mah. Secara jantung kota, pusat kegiatan turis belanja. Saya kasih rekomendasi tempat menginap di Jalan Riau deh nih. 

Hotel termurah di Jalan Riau: 
  1. Subwow Hostel, penginapan kelas backpacker. Tapi tenang aja, kamar mandinya ada di dalam kamar tidur. 
  2. Hotel Progo, hotel lama. kayaknya sih dia murah deh untuk kelas hotel jalan riau mah. Udah mulai usang sih namanya juga hotel lama tapi masih layak tidur.
  3. Hotel kartika. Hotel lama juga. Tapi enak sih posisinya pas di pinggir Jalan Riau
Hotel ratenya di bawah 500ribu lah:
  1. Serela Riau
  2. Hotel Tebu
  3. Hotel Citarum
  4. Hotel Tibera
  5. Hummingbird Guesthouse
Hotel rate di atas 500ribu dan oke karena menarik aja gitu hotelnya bagus wkwkwkwk:

pinjem foto Hotel Ivory By Ayola dari webya Pegipegi.com
  1. Ivory by Ayola
  2. Selaras Guesthouse
  3. Hotel Noor (hotel syariah nih)
  4. Hotel-hotel lama yang elegan kayak Santika juga oke sih menurut saya mah 
Atau kamu cek sendiri aja di Pegipegi. Banyak hotel di sekitaran Jalan Riau di sana tinggal pilih. Lihat fotonya, baca reviewnya. 

Pilihan hotel di Pegipegi udah banyak. Udah pada download aplikasinya? Buat yang mau traveling lama atau sebentaran doang, bisa nih berbekal app Pegipegi aja untuk pesan penginapan dan transportasinya.

Pesan Tiket Pesawat di Pegipegi, Hotel dan Kereta Api juga Bisa

Pegipegi adalah situs online travel yang bisa kamu akses websitenya di pegipegi.com. Tapi paling gampang akses dari aplikasinya aja sih. Gak ribet. 

Download Pegipegi di playstore, lalu buka aplikasinya. Daftar dulu ya baru bisa pesen-pesen di Pegipegi. Bisa berburu tiket apa saja di Pegipegi? 
  • Tiket pesawat: ada 20.000 rute
  • Tiket kereta: tersedia 1.600 rute
  • Hotel: ada buanyak banget! 7.000 hotel
Jadi tenang aja, ada banyak pilihan harga di Pegipegi mah. Tinggal pilih yang sesuai tanggal dan anggaran :)

Kalo buka aplikasinya, langsung ketemu foto kayak di bawah kiri ini. Silakan diklik aja mana yang lagi dicari. Tapi sebelum mulai booking, perhatiin dulu fitur Promonya. Kira-kira lagi ada promo apa aja di app Pegipegi. 



Kenapa memesan hotel, tiket kereta api, atau tiket pesawat di Pegipegi? Selain karena banyak pilihan harganya, mereka juga menyediakan:

Promo Pegipegi

Sebelum memesan dan masukin data, perhatiin dulu fitur Promo Pegipegi buat ambil kode promo, pas transaksi pake kode promonya supaya dapet diskonan. Inget ya, cek dulu ada promo apaan sebelum memesan: promo tiket pesawat, promo hotel, dan promo bank. Terkadang ada juga promo tiket kereta api. 


Pepepoin untuk Diskon Hotel

Ntar setiap abis transaksi pemesanan hotel, kita dapet poin. Poin ini dikasih nama Pepepoin. Pepepoin bisa dipake buat dapetin diskon hotel. Tapi si Pepepoin ini bakal kita dapatkan bila memesan tanpa kode promo. Poinnya cair masuk ke akun kita bila sudah lewat 7 hari sejak kita checkout. Masuk ke halaman Reward untuk tahu berapa besar poin kita, fyi 1 poin = Rp25.


Kemudahan memesan dan pembayaran di Pegipegi

Cara memesan di Pegipegi juga mudah. Tinggal pilih tanggal, masukin jumlah orang, search. Lalu pilih yang tercocok dengan budget bepergian kita. 

Proses transaksi gak pake ribet dan bertele-tele. Pembayaran di Pegipegi bisa pake mbanking. Duh udah gak zaman lah pergi ke ATM kecuali mau narik uang. Heuheueheu.


Refund di Pegipegi

Refundnya gak pake ribet kok. Perhatiin di email konfirmasi pesanan. Bisa juga cek di metode pembayaran. Di sana tertera informasi tentang peraturan dan besaran biaya pembatalan. Ceknya di sebelah kanan bawah, di bagian 'syarat dan ketentuan pemesanan'. 

Pemberitahuan pembatalan nanti masuk via email. Biasanya sih butuh waktu 14 hari untuk proses refund, tapi khusus untuk kartu kredit ada kebijakan dari masing-masing bank. 

Gimana? Udah terpikir untuk gak pergi ke Lembang :D?

Lembang masih oke kok. Tapi kalau kalian stres sebab macet parah menuju ke sana, sudah putar balik saja. Liburan di jantung kota Bandung saja. Tinggalkan kendaraan pribadi di parkiran hotel. Pergilan jalan-jalan dengan berjalan kaki atau naik angkot dan ngojeg. Hehehe.

Selamat jalan-jalan di Bandung. Macetnya emang makin gak nahan, tapi ada banyak cara menikmati kota ini kok :D





Teks: Ulu
Foto: Ulu, Pegipegi
33 comments on "Lupakan Lembang, Ini Dia Rekomendasi Jalan-jalan di Jalan Riau "
  1. Eta roti gempol, meni kabitaa, komo hujan2 gini luuu..
    Di Riau emang banyak dicari tuh tempat penginapan, coz tempatnya strategis, apalagi kalo ada yang murmer.

    ReplyDelete
  2. aduh, aku jadi kepikiran kalau belum sempat nyoba roti gempol.
    ngerayu suami dulu ah biar mau main ke sana, xixixi

    ReplyDelete
  3. Tapi menurut saya yang warga Bandung Barat ke Bandung juga udah panas dan macet malah lebih sejuj ke Bandung Barat, selain Lembang. Btw kurator Gedung Sate bukan orang Sunda, org Sunda nya kamarana atuh aheuheheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk merhatiin juga, teh :D orang sundanya datang mengapresiasi museumnya, teh :)

      Bandung barat teh apa aja tempat wisatanya selain di Lembang?

      Delete
  4. Banyak juga ya tempat main di jalan riau. belum semuanya pernah dikunjungi

    ReplyDelete
  5. Duuuh, Ulu, jadi mupeng nginap di jalan Riau biar bisa makan roti Gempol..

    ReplyDelete
  6. Postingannya lengkap ihhhh...
    Aku liat foto rotinya langsung laper dong!

    ReplyDelete
  7. Nice info. Tapi Saya Ada masukan , tolong Cuankie Serayu kesayangan aku dimasukin juga hahhahaa deket Riau tuuh

    ReplyDelete
  8. Wkwk Lembang emang bikin eneg kalau ke sana pas weekend. Aku seneng keliling sekitar jalan Riau, masih adem dan banyak rumah kuno. Pernah kepikiran sama suami beli rumah kuno di situ, tapi mihil pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, milyaran ya hahaha. Dahulu jl riau daerah elit kolonial, Mit. Agak sayang sih rumah kunonya banyak yg pudar.

      Delete
  9. Haha, bener. Bukan tak cintalah sama Lembang teh. Macetnya itu, gak nahaaan. Mending juga makan roti Gempol, dan terus ke museum. Aku belom pernah tah ke museum itu. Hehehe... payah nih orang Bandung teh ya. :)))

    ReplyDelete
  10. Jl. Riau Bandung banyak banget kuliner kekinian dan tempat buat shopping ya

    ReplyDelete
  11. Luuu, Lembang mah udah dicoret. Kalo gak penting2 amat mah males ke sono, seriusan gak kuat macetnya trus perasaan kok jadi rada mahal yah? Entah aku saja yang missquenn dan melarat mungkin hehehe.

    Atuhlaaah, jadi pengen nyobak kupat tahu gempol nih Luuuu, belon pernah soalnya.

    ReplyDelete
  12. Wah pagi2 baca ginian dan liat Roti Gempol jadi lafer and penasaran sama ituh rotiiii.

    ReplyDelete
  13. di sekitar jln riau emang banyak cafe2 cantik nan mahal hahaha, sayangnya kadang tempat parkirnya itu yg mepet pisan, susah deh. Hotelnya jg gitu, aku pernah nginep di salah satu hotel di Riau, sebelah sanaan tebu, yg jadi masalah tempat parkirnya yg imut2 :D

    ReplyDelete
  14. Duh jadi kangen rori gempol, favorit pisan, pas di Bandung, tiap har Minggu suka ke Jalan Gempol, buat makan kupat tahu Gempol sama roti gempol

    ReplyDelete
  15. Aku tiap hari hampir lewat jalan riau. Tapi belum pernah nyobaan roti dan kupat tahu gempol.. sungguh terlalu 😂

    ReplyDelete
  16. *brb cek pegipegi untuk pesen hotel di jalan riau. Catetan ini aku noted buat jalan-jalan besok. Makasih mbak

    ReplyDelete
  17. Emang Martadinata itu rekomendid bingts ya, sagala aya... LIA ngga masuk dalam daftar, Lu? *eh, jadi promcol, wkwkwk

    ReplyDelete
  18. aduh terjangkau tapi kok malah belum kesana ya?

    jalan ah .... :)

    ReplyDelete
  19. Roti gempol yaaammm. Udah lama mengidamkan staycation di Hotel Noor, smoga kesampaian. Amiin :)

    ReplyDelete
  20. Asyik juga ya jalan Riau banyak tempat kongkow2 n mainnya. Btw itu hotelnya meni nyaman ya...pesen di Pegipegi suka ada promo ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tinggal di Bandung malah belum nyobain roti gempol.. pengen juga staycation di noor hotel 😍

      Delete
  21. sewa sepedanya apa harus di kembalikan pada tempat2 dimana kita register ? atau bisa diletakkan dimana saja kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di mana aja yg penting ada shelternya. Gak mesti balikin di tempat registrasi

      Delete
  22. jl Riau memang legendaris, tapi kadang harus kempit dompet krn suka belnja kalap di factory outlet heheheh

    ReplyDelete
  23. Pengin banget sesepedaan di sekitar Riau ngajak Rasi :)

    ReplyDelete
  24. Waaaaakhir pekan kemaren pengen masuk museum Gedung Sate
    Sayangnya kami tiba di Bandung kesorean, jadi hanya sempat pepotoan didepannya
    Kapan-kapan kudu diulang nih

    ReplyDelete
  25. Suka malas jalan ke Lembang, kecuali kalau menginap juga di sana. Macet terus. Lagian di dalam kota Bandung juga masih banyak yang belum dikunjungi

    ReplyDelete
  26. Aku tuh malah kangen banget sama Lembang mba. Tapi kayaknya rekomendasi disini perlu buat dijelajahi nih.

    ReplyDelete