Di Tepi Jendela French Bakery, Menyantap Roti Granat

October 23, 2018
Pernah denger atau baca atau jajan Roti Granat di Braga? Iya betul Jalan Braga yang di Bandung atuh di mana lagi, Portugis? :D

Roti Granat adalah kuliner terbaik di Braga, Bandung. Buatan Toko French Bakery. Signature dishnya mereka selain Sandwich French Bakery. 


Nih sepintas wajah tokonya. Bener-bener sekilas ya cuma moto jendelanya doang :D gak moto banyak pas di tokonya euy. Di seberang toko ini ada toko Sumber Hidangan yang legendaris. Tapi saya gak lagi bahas toko antik itu. Balik lagi ke French Bakery. 




Bentuk rotinya ya mirip granat memang. Tapi di zaman yang sensitif dengan kata b-o-m kok serem juga ya nama granat terbacanya. 
Tapi gimana dong emang namanya roti granat. Heuheu. Entah di kota lain apa namanya, sejak saya kecil ya ini namanya emang kayak gitu. 

Bila rotinya dipotong, nampak empat lapis pastry. Lapisan cokelat di bagian teratas, tipis tapi tunggu sampai ia lumer di mulut kamu. Eugh basah, manis, dan cokelatnya kelas medium mewah (apaan medium mewah heuheu). 

Di lapisan kedua kayak ada butter kekeju-kejuan yang awul-awulan. Pada lapisan ketiga rotinya bertekstur kaku seperti roti tawar agak kopong yang sudah lama tersimpan di ruang terbuka, di bagian ini ada kismis gendut di mana-mana. Lalu di bagian terbawah ada renyah kelapa yang nikmat. Jenis rasanya ya rasa kebarat-baratan. Ke-eropa-eropa-an gitu lah rasanya. Highly recommended.

Roti Granat gak ada di toko roti & kue yang lain. Cuma di French Bakery. Kurang tahu saya ini toko roti adanya sejak kapan. Tapi gak setua restoran dan toko roti Sumber Hidangan yang ada di seberangnya itu. Barusan browsing, toko French Bakery sudah ada sejak tahun 1977.

Ini roti terbaik di Bandung. Tekstur unik. Rasa endemik. Hanya aja sekarang French Bakery jarang bikin stok roti granat siap beli. Duh sayang banget. Kadang-kadang harus pesan dulu H-1. Harganya Rp20.000. Pertama kali saya beli roti ini harganya sebelas ribu saja.


Nah begini rotinya. 




Coba kita lihat kalo tampak samping bagaimana bentuknya. 





Maap foto rotinya setelah dibelah gak ada. Boro-boro kepikiran difoto, yang ada dimakan aja :D 

Kalian pada ke Braga beli roti ini di French Bakery. Yang banyak belinya ya biar tokonya semangat lagi bikin stok roti granat banyak juga. 

Signature dish mereka selain roti granat adalah Sandwich, namun menurut saya sandwichnya gak seenak dulu. Sederhana sih cuma roti setangkup isi salad, ham, dan keju. Tapi kayak ada saos yang beda gitu. Kejunya pun bukan keju yang biasa kita makan. Coba juga boleh lah sandwichnya French Bakery ini. 

Nah kalo Roti Granat mah masi sama enaknya dengan yang dulu saya makan. Emang gak ada kenangan paling indah selain rasa masakan dan makanan yang masi orisinil, masi sama kayak dulu.

Yok ayok kalo jalan-jalan di kawasan Asia Afrika dan Braga, mampir ke toko roti French Bakery ya. Ada di Jalan Braga no. 35. Gak jauh dari pengkolan Jalan Braga - Veteran. Deket dari Museum Konperensi Asia Afrika. Cari aja toko yang plangnya berbentuk menara Eiffel. 

Ntar makannya di di sudut toko. Ada sedikit meja dan bangku untuk nongkrong. Di tepi jendela sambil lihat kemacetan Jalan Braga. Mudah-mudahan mah pas kamu di sana ada gerimis sedikit di luar ya biar lebih dramatis, menyaksikan pemandangan jalan metropolis yang legendaris sambil makan roti granat. Biar gak keselek pesan minuman juga ya. Etapi keselek apa dulu nih...keselek masa lalu? #tergaring #mencobajayus


3 comments on "Di Tepi Jendela French Bakery, Menyantap Roti Granat"
  1. Kata saya bentuknya malah mirip buah coklat, Lu.
    Kalau harus pesan dulu, gpp gitu cuma mau satu, kan kagok bikinnya.

    ReplyDelete
  2. Wew, padahal aku kemarin bawa turis ke Braga Permai, tapi ga mampir sini, hiks

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah ke sini karena memang sangat jarang jalan-jalan ke Braga. Kapan-kapan singgah ke toko roti ini kalau lewat Braga.

    ReplyDelete