Bandoeng Lautan Onthel, Tiga Tahun Sekali

March 15, 2014
Festival Ontel di Bandung yang terakhir bisa kita tonton tahun kemarin. 2013. Sayang saya gak datang karena info acara ini saya tahu belakangan setelah acaranya usai. Ihikhik. 


Padahal acaranya dibuat HANYA sekali dalam tiga tahun. Sama seperti Pasar Seni-nya ITB. Kalau sekali dalam setahun kan masih rada legowo ya kalau kita kelewatan acaranya. Masih bisa datang tahun depan. Lah ini... saya kudu nunggu tiga tahun lagi buat lihat Festival Onthel. Ihikhik.





Etapi saya datang kok ke acara Bandoeng Lautan Onthel di tahun 2010. Alhamdulillah. Ngomong-ngomong, Onthel yang saya maksud disini adalah sepeda tua punya kakek buyut kita. Kalau di Karangampel Indramayu, tempat saya gede jaman SD - SMA, pemandangan Onthel ini biasa banget. Mang Tasir, pegawai nenek saya masih suka naik sepeda model jadul begini. 


Hihi. Lucu ya. Sesuatu yang terlihat biasa saja buat saya di masa abg dulu sekarang kelihatan antik. Karena apa ya kira-kira? Nostalgia atau bisa jadi tiba-tiba gak sedikit orang yang kembali menggunakan sepeda ini lebih dari sekedar fungsi, terus dimasukin ke media sosial dan diliput surat kabar. Antara keduanya, saya suka-suka aja. 


Bandoeng Lautan Onthel ini diselenggarakan oleh Komunitas Sapedah Baheula. Sebenernya ada sih festival Onthel tingkat nusantara. Nama acaranya Festival Sepeda Onthel Nusantara. Coba deh googling. Acara terakhirnya di tahun 2012. 


Lain kali saya gak boleh ketinggalan lagi acara buatannya temen-temen dari komunitas Onthel Bandung alias Sapedah Baheula ini. Foto-foto yang seliweran di postingan ini diambil dari acara mereka di Januari 2010. Udah lama banget :D



Kalo sepengalaman saya nonton acara ini, seru-seru konten acaranya. Selain pameran sepeda klasik macam onthel-onthel ini, ada juga pameran barang-barang antik. Banyak yang datang bawa barang dagang sparepart sepeda tua. Juga aksesorisnya. Eh ada juga show ala temen-temen Onthel. Kayak sirkus :D

Bandoeng Lautan Onthel di tahun 2010 itu acaranya diadakan di kompleks perumahan KAI. Pertama kalinya juga saya masuk kompleks perumahan yang ternyata luaaaaaaaaas sekali. Seperti bukan di Bandung. Masa ada rusa :D eh ini rusa kan ya? apa kijang? ah rusa ini mah.


Di tahun 2013 pada penyelenggaraannya yang terakhir, acaranya kalau gak salah di Gasibu, depan Gedung Sate. Bagus kalau kata saya mah, bisa 'menangkap' orang-orang yang gak ngeuh sama komunitas ini. Kalau dulu di kompleks perumahan KAI kan tempatnya masuk ke dalem jauh dari jalan besar. Tapi tempat-tempat kayak kompleks perumahan ini juga gak boleh gak kita acuhin sih ya. Acara terakhir yang lokasinya mirip-mirip adalah Keuken si acara kuliner urban tea.


Pada intinya seneng lihat acara begini. Saya kadang mewajibkan datang kalau ada festival yang gak biasa di Bandung. Bukan buat ketawa-ketiwi atau sekedar nemenin suami hunting foto aja. Tapi juga menyerap semangatnya. Kayak yang berat istilahnya ya :)) tapi gini, rasanya seneng ada yang mau ngerjain hal-hal seperti Onthel diantara kehebohan Lamborgini punya Syahrini atau stres gara-gara si bos rewel melulu di kantor begitu. Hahaha. 

Postingan telat. Gak apa-apa deh. Daripada fotonya mubazir gak ada yang lihat :D



Fotografer: Indra Yudha 
3 comments on "Bandoeng Lautan Onthel, Tiga Tahun Sekali "
  1. Wah... Mak Nurul postingannya selalu keren2. Gak salah namanya Diary Bandung. Aku jadi malu sebagai orang Bandung. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun teh Nia. Tapi ini saya ikutan lomba blog kalah wae euy ga pernah menang kayak teh Nih :(( ada tips gak, teh? :D

      Delete
  2. Eh, ada sirkusnya juga.. Hehehe
    Gambarnya manteb mbak.

    ReplyDelete