Kirim Frozen Food Pake Paxel

November 13, 2018
Ini memang bukan tulisan perjalanan ala Bandung Diary. Tapi ini menarik. Sangat menarik utamanya buat teman-teman yang punya usaha di bidang makanan (beku) seperti saya.

Minggu lalu Bandung Diary diundang meliput startup baru di bidang logistik. Namanya Paxel.

Paxel teh mirip-mirip ekspedisi kebanyakan sih, tapi bedanya Paxel adalah jasa pengiriman berbasis aplikasi. Berita baiknya: update pergerakan paketnya real time (selamat datang industri 4.0!). Model bisnisnya juga baru di dunia logistik Indonesia mah, imo. 


Paxel Jasa Pengiriman


Sebenarnya saya hadir di sana sebagai blogger. Tapi saya perhatiin presentasinya, insting bisnis saya langsung ngocor ahahaha. Apalagi pas tahu bagi yang download dan register di Paxel (cek paxel di app store) otomatis dapet saldo Rp100.000. Dan kalau referral code di Paxel kita dipake orang lain, kita dapet Rp50.000. 

Di kepala saya waktu itu bunyinya: OH SAYA BISA BIKIN PAKET GRATIS ONGKIR NIH! HAHAHA :D

Btw, bisnis saya namanya Fish Express. Sesuai nama, produknya perikanan. Beku. Filet. Produk unggulan: filet ikan lele. Pasar utama: ibu-ibu muda hobi pake instagram :D Coba itu disekrol ke bawah blog, ada poster Fish Express di sana sebagai sponsor blog Bandung Diary. Heuheuheu. 

Btw, kembali ke Paxel. 

Gathering blogger bersama Paxel berlangsung di Lo.Ka.Si Dago (9/11/2018).  Acara yang hangat dan lebih banyak bicarain brand story ketimbang teknis kerja paxel. Rasa-rasanya saya kayak ada di acara gathering bisnis MLM sih minus bonus kapal pesiar. 

Paxel


Karena saya pengusaha juga kali ya, jadi kayak pengen cepet-cepet tahu pake Paxel kayak gimana. Baru di akhir acara sesi pembahasan penggunaan Paxel dijelaskan oleh Mba Intan. 

Walo begitu presentasi tentang brand story juga menarik banget. Membuat saya berkaca dan bertanya-tanya tentang bisnis sendiri, story kayak gimana yang saya buat untuk merek Fish Express ya? apa valuenya? semangat perusahaannya kayak gimana? Saya bahkan gak punya filosofi warna di logo sendiri. Aheuuuu. 

Anway, itu PR saya yang lain. Kita bahas teknis penggunaan Paxel aja karena itu yang penting untuk kita semua. Hehe.  

Beres acara gathering, saya datengin salah seorang dari Paxel yang presentasi. Mba Intan. Kepadanya saya bertanya: "saya punya usaha frozen food khusus di bidang perikanan. Namanya Fish Express. Paxel bisa kirim makanan beku kayak gini gak, Mba?


pinjem foto dari customer saya @miunmiunan

Gayung bersambut!

Bukan hanya ramah, Mba Intan juga gercep panggilin bos-bos yang running Paxel di Bandung. Dengan Kang Taufik dan Kang Randi, saya berdiskusi.

Mereka, dengan antusias menyimak cerita pendek bisnis saya & kendala pengiriman. Diskusi berjalan cepat, mudah, efisien dan juga: solutif banget!

Seneng rasanya ada yang dengerin dan (mencoba) ngasih solusi pengiriman kayak Paxel. No, I’m not sugar coating. 

Karena jujur aja saya udah lama nunggu ekspedisi apa yang mau ambil peluang dari kendala pengiriman barang utamanya makanan beku. Kayak gini, saya selalu pengen tahu jam berapa paketnya sampai. Tapi belum ada ekspedisi ada yang bisa kasihtahu saya barang sampai jam berapa.  Kata mereka, kalo paket kilat pokoknya bakal sampai di hari yang sama aja, bisa malam, siang, pagi, sore. Tapi jamnya gak tahu. Ah mana produk saya makanan beku, delivery antar kota bikin deg-degan memang! 

Paxel muncul dan ambil peluang tersebut.


Paxel, Paket Pengiriman Bandung - Jakarta Sameday Delivery 

Nih saya jembrengin kenapa saya mau coba pake ekspedisi Paxel dan sistem kirimnya kayak gimana sih.
  • Jaminan 8 jam paket udah sampai tempat tujuan.Yup! Ini saya gak lagi ngomongin paket kirim di dalam kota Bandung aja. Tapi Paxel juga sanggup kirim Bandung – Jakarta (dan sebaliknya) durasi pengiriman 8 jam aja! YESSSSS BANDUNG - JAKARTA PAKET BISA SAMPAI DALAM WAKTU 8 JAM. Ngetik kalimat itu satu kali lagi saya dapet payung heuheuheu. 
  • Update perjalanan paket yang nongol di aplikasi secara realtime (dan rinci hahaha buat yang dikit-dikit gelisah dan panikan, fitur ini cocok banget).
  • Tarifnya flat dengan ukuran paket: small, medium, large, custom. Ntar saya kasitau tarifnya di bawah. 
  • Ada jaminan uang kembali bila paket telat sampai.
  • Barangnya dijemput, coooyyyy! Satu biji juga dijemput! Gak usah kita terbang ke kantornya. Horeeeeee!
  • Bebas atur waktu nerima paketnya. Saya rasa ini fitur jagoan mereka. Ini yang saya butuhkan sebagai pedagang mah. 

Lantas muncul pertanyaan: bila paket udah dijemput kenapa nyampe ke lokasi 8 jam kemudian, kenapa gak langsung kirim aja (kalo kirim dalam kota Bandung), misalnya? kok bisa begitu?


Cara Pake Paxel

Nah itu barulah nyambung ke sistem kerjanya jasa pengiriman Paxel. Sok download dulu aplikasinya, register (dan masukin kode referal saya ya: fishexpress). 

Kalo udah buka aplikasi Paxel, coba kirim barang. Udah dibuka aplikasinya? Yok kita lihat sama-sama.
  • Create Shipment
  • Masukin pickup location dan destination location. Iya betul kayak pake app ojeg online gitu
  • Oh iya cantumkan KODEPOS! Suka ditanya sama Paxel kodeposnya nih
  • Udah? oke, klik continue
  • Terus ntar nongol pilihan paket kamu apa: small, medium, large, custom
  • Paxel nanti minta data penerima (nama, no hp, email. Buat email kayaknya gak apa-apa dikosongin. Saya sih kosongin aja. Nanti klik juga jenis barangnya apa
  • Nah abis itu muncul pilihan pengaturan waktu pickup dan kirim barang. Kisaran waktunya kayak gini. Foto kiri jam jemput barang. Foto kanan jam barang dikirim. 
paxel logistik


Paxel dan Fitur Bebas Atur Waktu

Kalo pilih jam 8 AM – 10 AM artinya kurir Paxel (di Paxel, kurir sebutannya Hero) akan datang ambil barang antara jam 8 sampai 10. So, bisa aja dia nongol jam 8.30 atau 9.00. Pokoknya mah waktu di antara itu.

Sehingga saya dan kamu bisa atur-atur waktu. Oh barang bakal diambil sekitar jam 8-10 pagi, maka saya gak ke mana-mana dulu deh. Bercocok tanam dan masak ayam goreng dulu deh sambil nunggu Hero dateng #garing #mencobajayus #abaikan

Begitu lho. Ngerti ya? Siiiip! Fitur estimasi waktu jemput dan kirim ada di bawah data nama pengirim dan penerima. 



paxel logistik


Jadi, yang beli seneng karena tahu perkiraan paket sampai jam berapa. Karena itu yang banyak terjadi pada saya.

Customer saya tuh ada aja yang rikwes waktu tertentu karena mereka mau antar anak ke sekolah, mau meeting sama siapalah, mau belanja dululah, dan sebagainya.

Semua data udah masuk nih, tinggal Create Shipment.

Terus pembayarannya gimana?
Isi saldo Paxel dulu, gaes. Sistem cashless biar gampanglah.


Coba-coba Kirim Paket Pake Paxel, Kesan dan Pesan

Saya udah pake jasa Paxel untuk pengiriman promo Harbolnas Fish Express. Kok bisa pas gitu ya. Pas gathering tanggal 9 Nov, Harbolnasnya tanggal 11 Nov. Abis pake Paxel sekali, saya manfaatin referal kode untuk bikin paket promo. Coba dicek ke akun @fishexpress_id

Saya paketkan gratis ongkir hasil dari kode referal dengan paket khusus harbolnas. Harga ikan lebih murah, ongkirnya gratis. 

Tapi saya gak bisa kasih lihat hasil pengirimannya karena minggu depan nih baru kirim-kirimnya. Juan inden ceritanya mah. Ntar saya update tulisan ini minggu depan ya.  

Namun, saya udah coba kirim barang pake Paxel, masih dalam kota sih. Tanggal 11 kemaren, saya coba pake Paxel buat kirim pesanan iseng-iseng. Dari saya untuk saya. Wkwk. Berhasil & oke banget. 

Barang kita diwrap lagi sama mereka. Karena paketnya tumbler, jadi wrapnya ya begini. Mungkin kalo dimensi barangnya agak besar dan gak bulat satu doang gitu, baru masukin ke kardus sama Paxelnya.


kirim pake paxel


Dari Dago ke Ledeng. Kirim jam 8 malam, saya set waktu sampainya esok hari aja antara jam 8-10 pagi. Paketnya sampai jam 9 pagi.

Pengen juga saya coba kirim ke Jakarta. Tapi artikel ini harus tayang hari ini hahahaha. Nanti percobaan hasil pengiriman saya update di sini ya. Begitu juga pengiriman Fish Express minggu depan, saya udah pindahin pengiriman pake Paxel semua.

Belon bisa saya kasih masukan buat Paxel euy. Kirim baru sekali, minggu depan baru akan kirim berkali-kali. Palingan boleh gak rikwes Paxel perluas jangkauan area jemput sebab tempat workshop saya adanya di kabupaten Bandung. Heuheuheu.

Oh satu lagi deng. Kalau bikin gathering lagi, Paxel kerjasama dengan dinas-dinas pemerintahan kayak desperindag dan dinas pangan dan perikanan. Bikin pelatihan UKM berkedok promosi Paxel. Sebab di dinas-dinas pemerintahan kayak gitu ada buanyaaakkk sekali pengusaha-pengusaha frozen food.

Atau bisa juga sih Paxel bikin gathering menggandeng satu figur ibu-ibu muda selebhits instagram dan bikin workshop bareng bertema "Berbisnis dari Rumah" atau apapun judul mah bisa dibuat lebih keren. Terus tinggal sisipin promosi Paxel di sana. Kan ibu-ibunya diajarin bisnis, tinggal kasi tools buat pengiriman pake Paxel. Tapi setahu saya bikin Paxel udah bikin gathering kayak gini bersama Fina Yudharisman. Memang ibu-ibu muda metropolitan, my friend, adalah pangsa pasar yang sangat menjanjikan :D 


Paxel Code Referral

Sok nih yang suka beli online & usaha online, download Paxel. Pake kode referal saya aja ya: fishexpress.

Ntar kalo udah register & masukin kode referal kamu dapet saldo 100.000. Anggep aja bisa gratis ongkir ditebus biaya data download sih hehehe.


Ongkir Paxel

Oiya saya cantumkan ongkir Paxel ya.  Ini harga & dimensi ukuran paket mereka.

ongkir paxel

ongkir paxel


Paxel melayani area Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, & Yogyakarta. Setahu saya sih kotanya, bukan kabupaten. Tapi di Bandung penjemputan dan pengiriman paket udah bisa ke Cimahi & Lembang.

Inget ya, abis register, pake kode referalnya: fishexpress (usaha terus :D)

Demikian review Paxel. Mudah-mudahan berguna bagi teman-teman yang mau kirim paket, utamanya yang antar kota ke Jakarta. Lebih kepake lagi bagi teman-teman pengusaha dengan bisnis frozen food dan butuh ekspedisi yang bisa kasih perkiraan waktu paketnya sampai tujuan dengan waktu pengiriman cepat. 




12 comments on "Kirim Frozen Food Pake Paxel"
  1. Wah, sepertinya cocok banget ya buat ngirim frozen food ke luar kota karena 8 jam dijamin udah sampai.

    ReplyDelete
  2. Wah laris manis ya Uluu, bisa free ongkir tuuh ..

    ReplyDelete
  3. Kusuda nyobain kirim2 paket pake paxel, cepet banget sampenya

    ReplyDelete
  4. Saya udah pakai kode referal Ulu lho, berarti bisa gratis ongkir atuh ya, hehehe.
    Dan kemarin saya cerita ttg paxel ke beberapa teman baru yang punya usaha online.

    ReplyDelete
  5. Di Cileunyi belum bisa berarti ya #BandungCoret :D
    Menarik ya ini sistem kerjanya, semoga diperluas sampai ke Kabupaten Bandung. Biar aku juga bisa menikmati.

    ReplyDelete
  6. suka nih ada same day delvery dan utamanya ada jaminan kalau uang kembali kalau pesanan telat selama ini aku pernah kecewa kalau pesenan telat huhuhu

    ReplyDelete
  7. Wah asyik nih kalo download dan pake kode referral fishexpress bisa dapat saldo lumayan pisan. Sekalian ah mau cobain fish express juga kirain bukan usaha milik teh ulu keren soalnya pertama kali tahu fishexpress justru waktu lihat postingan jualan teh patra dia jualan ini 😁

    ReplyDelete
  8. Menunggu kehadirannya di Surabaya.
    Karena berasa makin dekat dengan Ibu dan Mamah kalo mau kirim buah mangga gadhung kesukaan akuuh..


    Keren sekali~

    ReplyDelete
  9. Aku kayaknya bakalan coba nih buat kirim hadiah pemenang kuis yang khusus di Bandung, biar nggak berisik nanya hadiah kapan dikirim wae 😂

    ReplyDelete
  10. Wah.. Keren. Benefitnya oke banget. Bisa nerima paket dengan jam yang kita tentukan dan bisa sameday pula.

    ReplyDelete
  11. Wah, senangnya ada Paxel karena aku juga punya kendala soal pengiriman pruduk frozen food Ibu Paus. Aku pakai kode referal Ulu ya :)

    Btw, suka sekali dengan tulisan ini. Mengalir, runut dan lancar. Aku belajar banyak dari tulisan ini <3

    ReplyDelete
  12. paxel ini ada di bandung juga ya mba, suka sama harganya yang flat dan sampainya same day. jadi penasaran mau cobain juga kirim-kirim paket buat ortu di tangerang

    ReplyDelete