Waktu Mencari Jam Tangan di Jalan ABC

February 16, 2018
Dari rumah menumpang bis kota. Jam 10 pagi waktu itu. Memperkirakan kepadatan jalan raya di Bandung di akhir pekan jam harusnya sih masih lengang. Masih terlalu pagi untuk macet lah.


Ternyata macet…Hahaha. Saya berencana ke Jalan ABC di dekat Pasar Baru. Niatnya mah mau berburu jam tangan. Terutama yang mereknya Jam Tangan g shock. 

Fyi, Jalan ABC ini segala macam barang ada. Dari jam tangan, kacamata, alat elektronik, keran air, kunci-kunci klasik untuk hiasan, ada semua lah kecuali barang fesyen aja. 

Jam 10 naik Damri (bis kota di Bandung), di daerah Setiabudi udah mpot-mpotan itu bus jalannya. Masuk ke Sukajadi, hahaha manyun. Macet makin menjadi.

Pendek cerita setelah kemacetan bertubi-tubi di pusat keramaian, saya akhirnya turun juga dari bis dengan perut keroncongan dan hati kesal. Mestinya saya pesan ojek online aja kali ya. Mana tahu kirain (belum) gak bakal macet.

Tips 1 bepergian di Bandung di hari Sabtu dan Minggu: cek googlemap.

Dua jam lah  waktu tempuh dari Setiabudi Atas ke Jalan ABC. Mulai dari mulut Jalan ABC, saya udah bisa lihat-lihat jam tangan yang terpajang di gerobak mamang-mamang. Sayang ini perut udah berontak minta makan.

Berjalan kaki sebentar, sekitar 200 m, ketemu lah saya dengan lotek ternikmat sepenjuru bumi parahyangan :D Yes betul, Lotek Alkateri!

Jadinya mamam dulu deh. Sebenernya sih ini lotek porsinya dikit. Si lotek diwadahin ke kertas yang udah dibentuk kayak corong es krim. Tentu aja kurang porsinya buat saya sehingga baso tahu yang ada di sebelahnya saya pesan juga heuheuheu :D

Tips 2 bepergian di Bandung: makanan jalanannya enak-enak, jangan ragu-ragu kalau mau nambah atau pesan makanan lainnya. Stop diet go riot!

Yak sudah makan. Hati juga ikut jadi kalem. Enak nih kalau udah tenang mah berburu jam tangannya juga lebih fokus dan santai. Terus karena di sini banyak yang jual barang-barang ‘aneh’, jadinya mata jelalatan lihat barang lain. Heuheuheu. Terutama kacamata sih kalau saya mah. Jlan ABC ini surganya penggemar kacamata.

Lokasi Jalan ABC strategis untuk belanja dan mencari pengalaman traveling yang menarik di Bandung. Bila kamu termasuk pejalan yang tipenya pengen tahu tempat unik dan otentik, nah di sekitar Pasar Baru ini ada banyak. Antimainstream pokoknya mah.

bersiap belanja dan jajan :D 

Jalan ABC merupakan daerah tuanya kota Bandung. Dahulu menjadi kawasan pecinan, sekarang juga masih. Kawasan Pecinan di Bandung ini luas juga, dari Jalan Sudirman, Jalan Kebon Jati, Jalan Suniaraja, dan beberapa jalan lainnya.

Kalau  perhatikan sisi kanan kiri jalan, masih ada kok rumah-ruam tua ala arsitektur Tionghoa. Itu lho yang atapnya khas bentuknya. Kamu juga pasti bisa menyimpulkan sendiri kalau lihat rumahnya, bahwa itu rumah khas tionghoa.
Jalan ABC diapit Jalan Alkateri dan Pecinan Lama. Di jalan-jalan tersebut ada ‘harta karun’ berupa restoran dan toko kopi.

Di Jalan Alkateri ada Warung Kopi Purnama dan di Jalan Pecinan Lama ada Toko Kopi Aroma.

Tips 3 bepergian di Bandung: datangi tempat-tempat otentik.

Abis belanja di Jalan ABC, tentu aja saya jajan kopi ke Kopi Aroma. Beli kopi di sini mah ngantri euy. Tapi cepet majunya kok antriannya. Dan jangan datang di hari minggu sebab tokonya tutup.



Belanjanya cuma satu jam, jalan-jalannya yang lama. Plus macetnya sih. 

Sebelum pulang, belok ke Warkop Purnama dulu buat makan roti srikaya (highly recommended) dan teh jeruk nipis plum (highly recommeded juga nih hehehe) sambil skroling timeline instagram dan lihat-lihat hasil belanja, termasuk si Jam Tangan g shock itu. 

Colling down di warkop Purnama udah paling pas. Abis itu balik ke rumah, pesen ojek online aja. Byebye macet :D

**********


Foto: dokumen pribadi
7 comments on "Waktu Mencari Jam Tangan di Jalan ABC"
  1. Aduh jajanan bandung selalu bikin ngiler...

    ReplyDelete
  2. kebiasaan yaa, kalo ada perlu belanja cuma sekejap tapi jalan jalan eta nu resepna hHHaaaa

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah nih berburu ke Jalan ABC kata orang sih kacamatanya disana murah juga mba hehhee next ah pengen kesini berburu

    ReplyDelete
  4. Jaman belum nikah beberapa kali ke ABC beli jam tangan, setelah nikah pernah juga waktu beliin jam tangan anak2 :)

    ReplyDelete
  5. Selalu menarik ya teh, kalo jalan-jalan di sekitar-an pasar atau pertokoan-pertokoan sagala aya. Banyak yang bisa dilihat soalnya.😀

    ReplyDelete
  6. ABC itu psar loak, tradisonanal atau pasih kak?

    ReplyDelete
  7. Saya mah klo weekend ga mau kena macet, minimal berangkat jam 8 dr rmh heuheu

    ReplyDelete