Nyusu di Ijan

March 26, 2015
Bahas susu murni di Bandung ada satu tempat yang sangat legendaris. Lokasinya di selatan Bandung. Tepatnya di Kebon Kalapa alias di sebelah Terminal Kebon Kalapa.

Susu Ijan namanya. Karena tempatnya dekat banget dengan Gang Ijan, makanya warga pada nyebut Susu Ijan. Nama resminya sih garing: Susu Murni Kebon Kalapa.

Saking legendanya, ini tempat udah kayak McD BIP sekarang lah. Ketika belum ada smartphone dan gerai fastfood, anak-anak sekolah kalau pulang sekolah pada nongkrong di sini. Janjian sama pacar atau kecengan, juga di Susu Ijan. Kencan, di Susu Ijan. Ngajak anak jalan-jalan, jajan susu di Susu Ijan.

Sampe kena palak juga di Susu Ijan. Hahaha.

Produknya sederhana aja sih. Susu murni dari Pangalengan. Rasa susunya bermacam-macam. Ada juga kue-kue teman minum susu murni.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa amat dari tempat ini. Tapi kalau kalian tipe traveler backpacker, tempat-tempat kayak Susu Ijan nih wajib deh dikunjungi. Jangan ke Farmhouse aja atuhlah hehehe.

Abisnya di sini suasananya 'lokal' banget. Datangnya pagi-pagi ya jam 6 - 7. Kalau siang, suasana jalanan di situ padat sekali euy, ruwet. Kalau pagi-pagi mah masih segar. 

Warungnya lumayan bersih. Meja dan kursi gak fancy. Sederhana banget, ya namanya juga warung. Ada meja melingkar dan kursi baso warna-warni untuk pengunjung yang mau makan di tempat.

Susu Ijan tuh sejenis tempat yang kamu bisa belanja susu murni dan kue-kuenya tanpa harus mencopot helm yang kamu pake itu. Hahaha artinya ini tempat woles abis.

Setua apa tempat ini? Ya kira-kira orang yang udah sekolah di tahun 70-80-90an pasti tahu Susu Ijan. Kenangannya di Susu Ijan pasti banyak hehehe. 

Coba tanya ayah ibu, ibu kos, kakak atau pacar kamu generasi 90an ke atas tentang Susu Ijan. Terutama kalau mereka orang-orang yang tinggal di Bandung Selatan, pasti ngeuh sama Susu Ijan. Bisa jadi ibu kos kalian dulu pas masih gadis pernah kencan sama bapak kos di tempat ini. Mungkin dahulu bapake pacar kamu adalah tukang palak di sekitar Susu Ijan. Hahahaaha :D 

Ya begitulah kadang-kadang tempat kecil dan sederhana, segudang ceritanya.

Susu murni 3K - 4K
Kue-kue 1,5K - 3K


Petunjuk arah ke Susu Murni Ijan

Ada di dekat Terminal Kebon Kalapa. Jadi naiklah angkot yang tujuannya Kalapa. Bawa mobil sendiri? Ribet. Jalan kaki atau naik angkot aja. Mau parkirin mobil ke ITC, mall deket terminal.

Lokasi tepatnya ada di ujung Jalan Pungkur, deket perpotongan Jalan Otista, deket gang Ijan.









3 comments on "Nyusu di Ijan"
  1. sampe hamil anak kedua, saya masih rutin minum susu murni, lho. Akhirnya brenti. Saya males ngerebusnya :D

    ReplyDelete
  2. Aduh sono, pengen ke sana lagi. Padahal sering lewat sih. Tapi da bareng mamang gojek wae. Maenya diajak si mamang gojekna. :))

    ReplyDelete
  3. tempat paporit semasa kuliah ..
    dan tempat nyusuu rutin pas kantor di ITC uy..

    baru beberapa minggu lalu ke sana sama si kakaa, hmm seger, murmer..

    ReplyDelete