Baso Tahu Mang Ade, Rekomen Pisan!

May 26, 2014
Traktiran baso tahu dari seorang teman baik, menciptakan takdir silaturahmi yang panjang buat saya dan pedagang baso tahu bernama Mang Ade.  Hampir lima tahun lalu makan bersama di sini, di tepi jalan Ternate, Bandung. Merayakan hari lahir teman saya itu. Kemarin lusa, saya masih balik lagi dan lagi dan lagi ke Baso Tahu Mang Ade.



Tahun 2008 saya masih malu-malu makan 10 buah baso tahu. Waktu itu baru sanggup menandaskan enam baso tahu saja. Kemampuan saya makan menu dari Mang Ade ini meningkat lumayan. Sekarang paling banyak cuma 10, minimal ya delapan baso tahu lah. Kalau ini dianggap prestasi, ya bukan. Emang dasar baso tahunya enak kok :D


Tiap temen nanya makan baso tahu Bandung yang enak, udah deh gak pake mikir saya jawab Baso Tahu Mang Ade.


Pasti klise kalau saya tulis baso tahu Mang Ade ini adonan ikannya terasa banget. Tapi maafkan saya harus klise. Ikannya kerasaaaa! Ini bukan baso tahu abal-abal yang isinya cuma tepung dan penyedap rasa. Favorit saya baso/siomay dan kentangnya. Lain-lainnya kayak telur, kol, dan tahu sama enaknya. Saya gak mau keganggu aja nikmatnya makan baso siomay dan kentang. Hehehe :D


Tekstur baso siomaynya padat tapi empuk dan lembut. Ada kejutan waktu mengunyah baso siomaynya karena ada potongan wortel didalamnya. Rasanya gurih. Porsinya gak kecil tapi juga gak besar. Sedanglah. Harga 1500 per potongnya kadang-kadang terasa mahal, sih. Tapi kudu cobain dulu ini baso tahunya, oalaaa 1500 itu murah banget!


Baso tahu pasangannnya sambal kacang. Di Mang Ade, duet basotahu dengan sambalnya sempurna banget. Enak tiada tara. Almarhumah ibu mertua yang jago masak dan picky soal makanan aja doyan sekali jajan Baso Tahu Mang Ade ini.


Jadi selamat datang di Bandung. Baso Tahu merek Mang Ade ini adalah baso tahu pertama yang bakal saya rekomen kalau temen-temen tanya basotahu-yang-enak-dimana :)

Baso Tahu Mang Ade
  • Jl. Ternate, di depan salon Wella, deket pol bis Kramat Jati
  • Buka Senin - Sabtu, jam 10.00 - sehabisnya. Biasanya jam lima sore. Jam empat malah udah banyak stok yang habis. 
  • Tutup hari minggu
  • Harga 1.500/potong
  • Disediakan kerupuk buat nambah kenikmatan makan baso tahunya. hehehe :D

Cara menuju Baso Tahu Mang Ade

1. Jalan Riau adalah 'pintu' paling gampang menuju Baso Tahu ini. Di depan RS Limijati ada jalan. Nah itu tuh Jalan Ternate, ikutin aja jalannya lurus, si baso tahu ada di sebelah kiri jalan. 

2. Angkot gak ada yang lewat di Jalan Ternate, kecuali lagi macet parah di Jalan Riau. Angkot-angkot suka cari jalan alternatif, salah satunya Jalan Ternate ini. Angkot yang lewat di jalan Riau ada:

  • Margahayu - Ledeng
  • Kalapa - Ledeng



Teks Ulu / Foto Gele / Kamera Advan S5H
6 comments on "Baso Tahu Mang Ade, Rekomen Pisan!"
  1. waduh... teu apal aya baso tahu raos palih dinya... bertahun-tahun yang lalu nangkring di pool kramat jati nungguin temen dan kelaparan :P

    nuhun infona :)

    ReplyDelete
  2. aah aku juga suka iniiii,, tapi kalau lg nyalon :D dan itupun sekitar 2 tahun lalu aku makan,, jadi pengen makan lagi

    ReplyDelete
  3. Hmmm, belum pernah nyoba nih mak.. Enakan mana ya sama baso tahu terkenal di Cimahi :)

    ReplyDelete
  4. Yamn-yam-yaaammmm.... pengiiiiinnnn....

    ReplyDelete
  5. Harus ke sana ini mah. Baso tahu is my favourite food. :)

    ReplyDelete
  6. Wah iya ini enak pisan. Baru nyoba sekali sih. Lebih seringnya makan baso tahu imam bonjol, soalnya cabangnya ada di deket rumah (jl. Tata surya)

    ReplyDelete