Pengalaman Berinvestasi di KoinWorks (Kode Promo KOINWORKS150)

March 06, 2019
Pernah berkali-kali uang tabungan terpaksa dibobol untuk keperluan mendadak? Saya sering. Rasanya itulah penyebab saya belum traveling lagi.

Terakhir kali kami bertiga jalan-jalan, tujuannya ke Tasikmalaya. Bermodal tiket gratisan dari Kereta Api Indonesia yang membagikan tiket promo :D Lumayan ya budget transportasi bisa ditekan. Khekhekhe.

Traveling buat saya memang gak murah. Apa sebab? kami bertiga ini lho. Bepergian sendiri, semuanya serba bisa dimurahkan. Bertiga, dengan anak kecil umur 6 tahun pula, wadohhhh semua biaya traveling (kecuali akomodasi) kalikan tiga!



Then, otak ini mikir bagaimana caranya agar uang tabungan gak kepake mulu buat modal bisnis.

Kapan travelingnya atuh kayak gitu terus?! Kerja kayak kuda udah, puasa buat diirit-irit jajan udah, diem di rumah pas musim liburan udah. Minta doa orang tua udah. Sedekah udah. Jaga lilin aja yang belum nih (astaghfirullah amit-amit, gak mau juga :D).

Saya putuskan pake cara ini untuk menyuplai kebutuhan traveling: investasi. Tepatnya investasi online.

Terima kasih para influencer di Instagram yang rajin berbagi tentang investasi. Dari mereka saya kenal KoinWorks.

Tahu enggak, bagian mana yang memutuskan saya pilih KoinWorks? Kalimat berbunyi: investasi dengan modal awal 100ribu perak!

I was like "whoaaaa yang bener aja masa investasi 100ribu!" Ternyata memang benar bisa.

Satu hal lagi, KoinWorks ada sejak 2016 dan telah terdaftar di OJK. Setidaknya, konsistensi dan aspek legalitas KoinWorks membuat saya merasa aman bila jadi investor di sana.

Begitulah awal mula saya memutuskan pake KoinWorks. Saya belum tertarik jadi peminjam. Belum butuh. Sebaliknya, menjadi investor lebih menggiurkan.

Gak butuh waktu lama bagi saya sign up ke webnya.


KoinWorks, Investasi yang Terjangkau

Teman-teman, sebelumnya kalian pernah baca/dengar KoinWorks gak? Saya bagi info singkat tentang KoinWorks dulu ya.

KoinWorks adalah fintech P2P  Lending (Peer to Peer Lending). P2P merupakan platform peminjaman sekaligus investasi yang beroperasi secara online. Mereka ada di tengah, jadi perantara antara peminjam dan investor.

Ini artinya kamu bisa milih, mau jadi investor (pendana) atau pengutang (peminjam).

Dana yang peminjam peroleh, bukan dana dari perantara tersebut. Melainkan dana dari orang-orang yang investasi.

Nah saya baru signup kemarin ke KoinWorks. Hari bersejarah. Sebab saya kayak keluar dari zona nyaman dengan ambil tahap baru dalam kehidupan ini. Dengan demikian saya umumkan, saya jadi pendana di KoinWorks.

Nope, saya gak minjem duit. Sebaliknya. SAYA PINJEMIN DUIT. Mantap!

Jadi, kawan-kawan. Bagi saya, anggap aja KoinWorks sebagai sumber cari uang tambahan untuk bekal traveling. Menentukan tujuan investasi ini lah yang membuat langkah mengambil keputusan lebih mantap dan saya lebih semangat. Tapi di satu sisi, saya gak neko-neko juga.

Meski di KoinWorks angka minimal investasi Rp100.000, saya tambahin sedikit. Saya investasinya mulai dari Rp300.000.

Lantas, bagaimana cara investasi di KoinWorks?

Memulai Investasi di KoinWorks

Sama seperti signup di media sosial, gampang saja. Isi-isi data aja gitu. Tapi yang ini ditambahin KTP.  Jangan lupa gunakan kode promo. Oiya, pake kode promo ini: KOINWORKS150, langsung dapet 150.000. Mantap!




Begini tahap yang saya lakukan untuk daftar di KoinWorks:

  1. Buka webnya: koinworks.com. Atau bisa dari aplikasinya, download aja di app store.
  2. Jangan lupa perhatiin, kamu mau jadi pendana atau peminjam? Saya pendana, maka pilih tab Pendana.
  3. Isi data-data sesuai kolom.
  4. Data done, nanti verifikasi data ada dua: no kontak dan email.
  5. Beres! Tunggu verifikasi via email. Begitu sudah verified, langsung kamu meluncur cari peminjam.
  6. Di mana bisa cari daftar peminjam? Cek Dashboard. Lalu klik Browse dan muncul tabel kayak gini. 

Sebentar. Lihat tabel kayak gini, kamu akan berpikir: apaan neh?!

Makanya pelan-pelan. Baca dulu tiap tab apa artinya, apa fungsinya. KoinWorks menyediakan penjelasan kok di tiap tab. Arahkan button kursor ke ikon tanda tanya.




Cara Kerja KoinWorks

Oke, daftar sudah. Setelah klik Browse, muncul tabel data para peminjam. Udah kayak belanja di e-commerce aja, pilih mana orang/perusahaan yang kamu mau gelontorkan dana. Yup semudah itu memang.

Tapi, pastikan kamu baca dulu ya jangan langsung investasi aja. Analisanya bisa cek dari tabelnya langsung kok. Inget pesan mahaguru dunia investasi, Warren Buffet: risk comes from not knowing what you're doing.



  1. Analisa profil peminjam. Caranya download Factsheet yang disediakan KoinWorks.
  2. KoinWorks bahkan memberi simulasi investasi. Kita jadi kebayang dapat returnnya berapa dan kapan :D
  3. Perhatikan 5 skor kredit utama A, B, C, D, E. Tiap skor ada tingkatannya, 1-25. Skor ini jadi indikator bagi pendana untuk menilai tingkat resiko dan suku bunga pinjaman. Semakin rendah (A1), makin rendah pula resikonya. Tapi suku bunga juga kecil sih.
  4. KoinWorks menyedikan fitur Auto Purchase dan RoboLending. Artinya setiap proses berjalan secara otomatis.
  5. Setelah kamu pilih (checklist) kepada siapa dana mau diinvestasikan, nanti kamu dibawa masuk ke ruang Cart. Yup bener banget, seperti belanja online. Setelah itu klik Check Out.

Kesannya seperti berbelanja. Memang mirip caranya. Hanya beda komponen belanjaannya :D

Saya sendiri berinvestasi di Pinjaman Bisnis. KoinWorks menyediakan dua jenis pinjaman lainnya selain Pinjaman Bisnis, yaitu Pinjaman Kesehatan dan Pinjaman Pendidikan. Di lain waktu, saya coba alokasikan dana ke dua pinjaman tersebut.

Ohiya, saya juga berbisnis. Saya paham betul sih return yang didapat sesuai investasi yang saya kasih. Gak mungkin atuh investasi seratus ribu terus returnnya langsung satu juta.

Namun saya juga gak mau investasi langsung gede berjuta-juta. Kita coba pelan-pelan sambil mengenali sistem, proses, dan resikonya.


KoinWorks seenggak-enggaknya memfasilitasi rasa insecure saya terhadap investasi.

Dalam bayangan saya sebelumnya, investasi adalah sesuatu yang sakral, mewah, besar! Saya gak pernah pikir akan ambil langkah ini. Menabung di bank aja cukup sudah.

Ternyata enggak begitu. Sesekali, keluar dari zona nyaman dalam hal finansial rupanya perlu juga. Cakrawala jadi terbuka lebar.

Dunia investasi yang asing, sekarang seperti dalam jangkauan. Rasa takut untuk investasi ternyata bisa dihadapi dengan investasi kecil-kecilan dulu modal seratus ribu, tiga ratus ribu.

Kalau kamu seperti saya, takut berinvestasi, bisa mulai di KoinWorks. Kita mulai dari angka kecil-kecil aja dulu. Sambil belajar keuangan. Toh dibimbing juga oleh KoinWorks. Tenang saja, semuanya berlangsung online! Bisa baca-baca dan tonton video tutorial pas lagi ngopi atau pas nyantai di rumah, misalnya.

Saya rasa, ilmu keuangan ini akan penting bagi saya, tapi akan lebih penting lagi bagi anak saya kelak. Dunia berubah, masa sih kitanya mau di situ-situ aja.

Bismillah. Tools utama traveling udah disiapin dengan investasi KoinWorks. Tinggal bikin bucketlist, traveling ke mana nih? :D

Nanti saya update perkembangan pake KoinWorks gimana ya. Hayuk atuh ikutan juga pake KoinWorks. Siapin modal seratusribu! Jangan lupa kode promonya: KOINWORKS150.


11 comments on "Pengalaman Berinvestasi di KoinWorks (Kode Promo KOINWORKS150)"
  1. Akk, aku juga jarang jalan lagi pengencangan ikat pinggang, semoga investasinya berkembang dan biasa buat traveling yaaa aamiin..

    ReplyDelete
  2. Aku juga selama ini travelling aja, tanpa mikirin tabungan apalagi investasi.
    Aku juga baru nyobain investasi nih, demi travelling yang lebih jauh lagi, karena travelling jauh dan lama butuh rencana matang. KoinWorks ini sistemnya menarik deh, aku mau coba juga.

    ReplyDelete
  3. Apalagi aku kalau traveling di kalikan 5, butuh nabung (atau investasi) lebih banyak lagi. Aku baru tahu nih ada KoinWorks. Sekarang investasi bahkan gak perlu uang milyaran ya. 100rb juga bisa.

    ReplyDelete
  4. Bissa diikutin nih cara buat saving uang travelling, karena sesungguhnya travelling itu kebutuhan ya biar tetap waras menjalani kehidupan, hehe.

    ReplyDelete
  5. wah ada cara baru lagi buat berinvestasi... iya bener lu, selama ini invest itu disangaka harus mahal dan ribet. ternyata ada banyak sekali instrumen yg mudah dan murah, apalagi ada yg baru dan modern begini, jadi lebih terjangkau semua kalangan

    ReplyDelete
  6. wah iya travelling butuh uang buanyak ya teh, baru tau ini investasi di koinworks

    ReplyDelete
  7. Ternyata investasi nggak perlu ribet ya, bisa inverasi mudah dan murah di koinworks, pengen deh travelin kayak ulu, tapi meuni pabeulit wae nih keuangan dan jadwal

    ReplyDelete
  8. Ngeri2 sedep ya kalau denger kata investasi😁sedep dapet hasilnya, ngeri resikonya. Hehehe. Nuhun Ulu infonya tentang KoinWorks😊

    ReplyDelete
  9. Bener banget teh, punya anak itu bikin maju mundur buat liburan, ya gmn badannya msh kecil tp biaya transportasinya sama hiks... Emang hrs invest ya biar bisa liburan nyaman...

    ReplyDelete
  10. Aku juga byk rencana untuk masa depan, lumayan tertarik ini

    ReplyDelete
  11. Widii....ini lilinnya teh Ulu ternyata yaa...
    Rahasia Saya Bisa Travelling Nikmat Tanpa Mikirin Ngabisin Tabungan.

    Hihii...judul blogpost teteh berikutnya...

    ReplyDelete