Serunya Workshop Colour to Life Bersama Faber-Castell di Bandung

February 24, 2019
Minggu lalu saya ajak Nabil ikutan workshop mewarnai. Faber-Castell yang membuat workshopnya. Acaranya gak lama, kira-kira jam 11-13 PM. Sekalian makan siang, kita santai-santai mewarnai.




Saya datang terlambat karena salah dateng ke lokasi :D Ketuker. Tapi pas nyampe, acaranya baru mau mulai juga. Syukurlah! Udah deg-degan aja kalo telat tuh.

Sebelum masuk ruangan, kami dibekali sebuah buku dan satu set connector pen Faber-Castell. Kami pernah punya tools untuk mewarnai Colour to Life ini. Emang favorit keluarga Faber-Castell tuh. Zaman kuliah, ayahnya Nabil pengguna Faber-Castell buat ngerjain tugas arsitekturnya. Pinsil warna Faber-Castell empuk katanya.

Nah khusus workshop Colour to Life ini, saya pengen banget dateng. Berhubung acaranya menjanjikan mau ngajarin teknik mewarnai dan menurut saya itu hal yang baru bagi saya dan Nabil yang gak tahu bahwa mewarnai ada tekniknya, maka itu saya anggap penting. Banget!

Tapi sebelum masuk ke cerita tentang workshopnya, bahas dulu sebentar tentang Faber-Castell apaan sih?

Faber-Castell, What Are You?

Merek ini udah terkenal sebagai produk alat tulis. Gak hanya untuk anak-anak, Faber-Castell juga menyediakan produk untuk orang dewasa hingga manula.

Perusahan asal Jerman milik keluarga yang umurnya 2,5 abad ini udah diurus oleh keturunan ketujuh dari pendiri pertamanya. Kini pabriknya ada empat di Indonesia.

Departemen kreatif Faber-Castell merancang sebuah program bernama #Art4All. Bagi mereka, kreativitas dalam berpikir, bertindak, dan menghadapi hidup ini tuh bisa dibangun dari kesenian. Dari mewarnai, menggambar, menulis, sketsa, melukis, dan sejenisnya.

Kampanye #Art4All ini bermaksud mengajak kita-kita buat menumpahkan ekspresi lewat seni. Toolsnya dari Faber-Castell dong.


Bersinggungan langsung dengan dunia seni -kamu sadari atau enggak- banyak manfaatnya buat kita. Membuat anak percaya diri dan fungsi motorik otaknya terlatih, mencegah demensia bagi yang uzur usianya, otak terasa rileks bagi kamu yang banyak stresnya.

Gak hanya untuk anak-anak, penyebarluasan program tersebut ditujukan untuk dewasa dan manula. Misal nih, Faber-Castell bikin pelatihan pengajar khusus skill yang ada hubungannya dengan art. Pernah juga Faber-Castell menyelenggarakan lomba menggambar untuk anak-anak dan memboyong pemenangnya ke Jerman. Lantas untuk usia remaja, ada juga lomba art & graphic. Bagi kakek-nenek kita ada program coloring for relaxation.

Sudah lomba aja nih? Hahaha jangan salah. Tiap-tiap pemenang dikompilasikan karyanya dan dijadikan buku!

Dan kalo kamu pikir kerjaan Faber-Castell cuma gambar-gambar aja, salah besar. Mereka juga membuat workshop menulis kreatif.

Nah sekarang nih Faber-Castell merambah ke dunia digital. Dunia kita semua :D

Colour to Life namanya. 


Workshop Colour to Life, Gimana Ceritanya

Satu buku dan connector pen, cukup untuk Nabil aja mengikuti workshop Colour to Life. Saya ikut menemani mewarnai. Gini, saya ceritain dulu apa maksud workshop Colour to Life ini.

Colour to Life (CTL) adalah aplikasi buatan Faber-Castell. Yap, betul. Bisa didownload di app store. Untuk menggunakan aplikasi CTL, kamu harus punya toolsnya, yaitu buku gambar (colouring book) dan connector pen dari Faber-Castell.

Nantinya hasil mewarnai kita, discan oleh aplikasi CTL. Nah interaksi antara kita dengan gambarnya jadi lebih banyak setelah gambarnya kita 'hidupkan' di aplikasi tersebut.

Colouring book ada 15 halaman. Sudah ada gambarnya, kita tinggal mewarnai saja pake connector pen. Di sinilah teknik mewarnai berperan agar kertasnya gak ketipisan digerus connector pen yang tebel tintanya, mirip spidol.

Oke. Colouring book dan connector pen sudah di tangan. Teknik mewarnai gimana nih?




Bikin pola mewarnai seperti: bulet-bulet spiral. Nanti bagian yang kosong tinggal diisi dengan membubuhi titik-titik aja.

Prinsip mewarnai kan bebasin aja, nah sekarang coba pola segitiga kecil-kecil.

Lantas, bisa juga bikin garis-garis mengikuti rangka gambar.

Sesederhana itu aja tekniknya. Kita tinggal warnai tipis-tipis di ruang kosong pola tersebut.

Nabil seneng, saya seneng. Kalo bepergian, buku gambar dan pinsil warna selalu ada di tas (termasuk komik Sentaro dan beberapa mainan). Dia cuma pake smartphone di hari Minggu. Bahkan mau download game juga saya batasi. Hasilnya, dia lebih banyak menggambar sih dibanding megang hp.



Etapi aplikasi Colour to Life ini kan berbasis smartphone. Ikuti instruksi di petunjuk aplikasi. Nanti begitu gambarnya hidup, kita bisa jadiin gambar kita sebagai properti foto atau jadi game! Coba diperhatiin di video di atas, cara pake app Colour to Life gimana.


Beli Colour to Life di Mana?

Di Gramedia
Di Shopee
Di Tokopedia

Harga Colour to Life Berapa?

Macam-macam. Ada yang jual 80ribuan hingga 120ribuan. Browsing aja untuk mendapatkan harga tercocok. 

Selamat menggunakan Colour to Life ya, temani anak pas dia mewarnai. Scan barengan pas pake aplikasinya. Produk ini bagus banget untuk main barengan orang tua dan anak. Highly recommended. 
11 comments on "Serunya Workshop Colour to Life Bersama Faber-Castell di Bandung"
  1. Huhu saya ngga tau ada ini, padahal pengen banget ikutan

    ReplyDelete
  2. Asiiik, ada keluaran baru lagiii.. Anakku udah punya juga ini, tapi bukan yg segede gini, ngga dapet bukunya kalo ga salah. Lucu ya mewarnainya bisa dengan arsir2 dan abstgrak gitu...

    ReplyDelete
  3. Cocok pisan bawa anak-anak acara gini sayang nya gak tahu ada event ini. Dirumah anak-anak juga pake faber castel ada tips mewarnai yg bisa ditiru anak-anak

    ReplyDelete
  4. wah... seneng ya teh ada acara yang bisa bikin anak bahagia dan juga tetap edukatif dari faber castel.

    ReplyDelete
  5. Wah... Nabil pasti seneeeeng. Selamat berkarya dan bersenang-senang, Nabiiiil.

    ReplyDelete
  6. Aku juga punya nih Faber Castell Colour to Life, walaupun buat anak-anak tapi seru juga teh bisa tau teknik mewarnai pakai connector pen 😁

    ReplyDelete
  7. Keren ya, acaranya. Aku paling suka bagian ngasih pattern alias mewarnainya. Bisa rileks

    ReplyDelete
  8. Seru nih ikutan workshop CTL, jadi belajar teknik mewarnai sambil dapet byk manfaat dari kegiatan mewarnai itu sendiri ya. Aku jg punya nih masih disimpan nunggu anak nyampe umurnya, hehe

    ReplyDelete
  9. Seru liat Nabil semangat ikut workshop dan semangat mewarnai.

    ReplyDelete
  10. aku sampe keantengan pas nyobain mewarnai hehe, maenin CTL juga seru pisan, bisa selfie sama pangeran berkuda

    ReplyDelete
  11. Nabil keren banget mewarnainya.. tabrak warna nya bikin bagus hasil gambarnyaa

    ReplyDelete