Toko Oleh-oleh di Cirebon: Toko Monas, Super Duper Highly Recommended!

February 26, 2019
Oleh-oleh Cirebon apa aja sih? Ini kita lagi ngobrolin makanan aja ya. Kalo pakaian mah ke Trusmi udah paling bener. Kainnya bagus-bagus dari yang kelas murah sampai batik tulis.

Tapi kalo toko oleh-oleh khusus makanan di Cirebon, di mana belinya?




Ke TOKO MONAS aja.

Percaya deh, sebagai lulusan sekolah negeri di Cirebon (apa hubungannya wkwkwk), saya amat sangat merekomendasikan Toko Monas.

Ibu mertua saya jago banget masaknya. Dia asli orang Bandung dan cinta banget sama Toko Monas. Kalo ke Cirebon, pasti belanja di sana. Gak mau dia belanja di tempat lain.

Apa yang bikin tokonya rekomended? Barangnya lengkap, bagus, dan murah!

Wait. Coba aja bandingin sama toko sejenis, saya udah dan Toko Monas ini emang harganya paling okeeee :D

Terus, belinya apa di Toko Monas?

Beli Apa di Toko Monas

  1. Terasi, ada banget. Pilih aja mau yang mana. Bilang ke cicinya, pilihin terasi yang bagus yang mana. 
  2. Emping dong pastinya. Emping gurih dan Emping manis. Ada semua! 
  3. Kecap. Kecap mana aja asal produksi Jatiwangi, Majalengka, dan Indramayu enak semua. Coba pilih Cap Matahari. 
  4. Jambal Roti gak boleh ketinggalan. Pilih yang paling mahal. Hahaha.
  5. Bekasem ya tolong ini aduhhhhh gak ada Bekasem seenak itu yang made in Cirebon! Pilih Bekasem Japuh dan Bekasem Jambal. Saya sendiri doyan banget sama Bekasem Japuh. 
  6. Kerupuk udang! Pilih kerupuk yang bentuknya stik. Sebab gak ada di mana pun selain di Cirebon. Merek mah apa aja, bagus semua kok. Saya biasa pake merek Indrasari. 
  7. Ebi. PARAH DI SINI EBINYA TERBAIIIKKKKK! Kalo kamu doyan masak, pasti ngerti maksudnya. Ebinya pilih yang paling mahal. Seons 45ribu. Gak tahu nih sekarang berapa. Satu ons tuh udah banyak banget.
  8. Bumbu instan Empal Gentong. Pernah nyobain dan masih enak buatan tetangga saya hahahaha. Tapi buat pilihan kepepet, bisa kok beli di sini. Ntar di rumah, kamu tambahahin lagi bumbu-bumbunya biar mantap rasanya. 
  9. Udah nih, bebas milih mau apalagi. Sirop? ada di sini. Tapi saya saranin beli di Kopyor 4848 aja di Jl. Karanggetas. 
Saya biasa belanja 8 produk di atas dan boyong ke Bandung sebagai stok makanan.

maapkan ini warna Jambal Roti setelah saya edit kok jadi gini ya :D aslinya mah gak gini da heuheu

Sebagai informasi tambahan, kalo kamu belanja pagi-pagi, di depan Toko Monas ada mbok-mbok udah tuaaaa banget. Beliau jualan asam jawa. Unik banget karena asem jawanya macem-macem. 

Ada asem jawa yang masih nempel ke tangkai, asem muda, asem tua, asem jawa yang gak berbiji, dan asem jawa yang berbiji. Sama satu lagi, saya lupa asem jawanya gimana tuh bentuknya :D Saya pernah ke sana jam 10, si mbok udah gak ada. 

Dan informasi bonus nih, Toko Monas memproduksi mie. Ho oh bikin mie sendiri. Saya pernah beli dan saya lupa saya pernah beli, pas buka kulkas, mienya udah basi. Udah lebih dari dua minggu. LOL. Sayang banget! Lain kali ke Toko Monas, saya bakal beli mienya lagi. 

Pasar Kanoman ini memang gudangnya bahan pangan terbaik. Bahkan ulekannya aja bagus-bagus lho kalo beli di sini. Murah pula. Pake batu kali bukan batu semen. 

Di mana Toko Monas

Persis di sebelah Pasar Kanoman. Pake googlemap ajalah biar gampang. Posisinya tuh pas banget bangunan terakhir sebelon masuk ke pasar inti Kanomannya. 

Kalo kamu berdiri menghadap gerbang ke jalan Keraton Kanoman, nah Toko Monas ada di sebelah kanan. 

Buka gak tahu jam berapa, mestinya jam 6 udah buka sih :D Kayaknya jam 7 pagi deh bukanya. Tutup jam 5 sore. 

Buka setiap hari. 

Gimana, cukup gak infonya nih? Cukup ya. Saya sering buka jastip kalo mudik nih, beli banyak buat dijual lagi di Bandung. Belinya di mana? Di Toko Monas dong :) 


3 comments on "Toko Oleh-oleh di Cirebon: Toko Monas, Super Duper Highly Recommended!"
  1. Klo di Bandung ada rekomen tempat oleh-oleh enggak selain di Pasar Kosambi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prima Rasa, Kartika Sari, Toko Roti Abadi. Tiga tempat itu bagus-bagus produknya. Ada juga Toko Kabita di daerah Kebon Kalapa.

      Delete
  2. Kenapa baru nulis setelah aku pulang dari Cirebon? hahahahaha

    Dulu bingung mau cari oleh-oleh Cirebon dimana

    ReplyDelete