Review Hotel Backpacker di Jalan Riau Bandung: SubWow Hostel

October 29, 2018
Menarik ya ada hotel untuk backpacker di Jalan Riau. Hooh gak salah baca: di Jalan Riau! SubWow Hostel namanya.

Fyi, Jalan Riau ini termasuk wilayah jantung kota Bandung. Terkenal dengan barisan FO sih di sini sebagai tempat belanja di Bandung. Tapi menurut saya mah Jalan Riau gak cuma tempat belanja aja. Tapi juga surganya kuliner Bandung!

Minggu lalu kami nyicipin rasanya menginap di Subwow Hostel ini. Saya ceritain ya gimana pengalaman di sana. Kayak biasa saya bahas mulai dari kamar, lokasi, service, sarapan, dan harga.


hotel backpacker di Bandung


Bila ada dua hal yang menurut saya jadi keunggulan SubWow Hostel, maka itu adalah kamar mandinya di dalam kamar tidur dan lokasinya di jantung kota Bandung.

Here goes!

ROOM

Saya, Indra, dan Nabil menginap di kamar untuk empat orang. Ranjangnya bertingkat. Satu ranjang terdapat satu bantal dan satu selimut.

Ada lemari empat buah dengan kunci untuk masing-masing pintu.

Ada televisi di tiap kamar dengan channel yang menurut saya mah oke untuk penginapan sekelas hostel begini (kita ngomongin Fox Movies, History, dan National Geographic).

Penerangan cukup baik. Warnanya disetel untuk kita istirahat. Hanya saja di dua ranjang bawah kalau kamu mau tidur sambil baca buku gak bisa. Sebab gak ada lampu penerangannya. Beda dengan ranjang di atas karena dekat dengan langit-langit yang ada lampunya.

Ada dua colokan (karena kamarnya diperuntukkan untuk empat orang). Namun saran saya mah bawa colokan berkabel panjang ya. Sebab zaman sekarang sebelum dan bangun tidur pun kita pegang hp bukan? Hihihi. Colokannya ada di bawah televisi. Jauh dari posisi ranjang. Atau gak juga juga gak apa-apa sih, itung-itung istirahat lah dari hp yang dicharge.

Ada kaca. Posisinya tepat di belakang pintu alias nempel di pintunya.


hotel backpacker di Bandung


Amenities tentu saja gak ada, namanya juga nginap di hostel. Bawa perlengkapan mandi kamu sendiri. Mulai dari handuk sampai sikat gigi. Namun kalau itu semua gak kamu bawa dari rumah, hostelnya menyediakan perlengkapan mandi kok. Tapi dibeli ya :)

Pindah deh sekarang bahas kamar mandi. Menarik banget sih hostel ini ngerti kalo orang Indonesia kebanyakan -yang plesir di negaranya sendiri, tentu aja- gak cocok-cocok amat dengan konsep hostel backpacker yang tidur ramean dan kamar mandinya dipake gantian dengan orang lain.

Di sini ada lebih banyak kamar tidur dengan kamar mandi di dalam dibanding kamar tidurnya saja. Ini kalau kamu study tour atau travel trip ke Bandung bawa rombongan dan hanya butuh tempat untuk tidur saja, udah ada booking Subwow Hostel. Gila murah banget dan ada kamar mandinya di dalam kamar!

Kondisi kamar mandinya pun menurut saya mah oke. Gak mewah lah tentu aja namanya juga hostel. Tapi bersih lho.

Ada shower dan toilet. Air di shower bisa panas dan dingin. Emang kecil ukuran kamar mandinya tapi gak ganggu. Seenggak-enggaknya mah ada privasi di dalam kamar dengan kamar mandi di dalam. Iya gak? :D

Btw WIFINYA OKE BANGET!


LOCATION

Bagus banget lokasi hostelnya! Keluar penginapan udah Jalan Riau aja. Mau jalan-jalan bisa jalan kaki menyusuri trotoar menuju pusatnya kegiatan wisata di Jalan Riau. Atau biar cepet tinggal order ojek online.

Tergampang dijangkau dari lokasi SubWow Hostel adalah tempat makan enak di Bandung. Rekomendasi saya: Gang Nikmat, Sate Anggrek, dan Rumah Makan Padang Sari Bundo. Gang Nikmat ini malah deket banget, sebelah hostelnya banget. Wkwkwk.

Bahkan ya bagi yang males kena macet ke Lembang, jalan-jalan aja di sekitar Jalan Riau udah paling cocok. Biasanya backpacker begitu kan, pengennya cari tempat yang gak mainstream. Gak biasa. Pengen deket dengan warga lokal. Ingin merasakan hawa dan suasana kota Bandung yang gak disebut di web-web wisata sebab males sama dengan turis lainnya.


Subwow Hostel Bandung


Di Jalau Riau -selain belanja di FO- kamu tuh bisa banget terhubung dengan jalan-jalan lain yang gak jauh.

Di Taman Cibeunying misalnya, bisa sewa sepeda bike sharing kota Bandung yaitu Boseh. Pake aja bersepeda keliling taman. Di daerah Cihapit, wagggh ini mah surga kuliner kota Bandung! Bisa jajan surabi oncom yang lezat, kupat tahu yang nikmat, sampai dengan odading-cakue yang rasanya mantap. Jangan ketinggalan masuk ke dalam pasarnya dan makan gepuk di warung Mak Eha, tempat ini tuh bahkan direkomendasikan Pak Bondan Winarno.

Masih kurang jelajahnya? pergilah ke Roti Gempol dan Toko Bawean. Mau ke mall, datangi BIP dan Yogya yang harga lengkap produknya bagus-bagus.

Jalan Riau mah pokoknya lengkapkapkap!

SERVICE

Standar lah servicenya. Ramah dan helpful. Gak ada kesan berlebihan. Juga gak ada kesan cuek pada pelanggan. Kalau saya kasih nilai 1-10, maka service di sini nilainya 8.

FOOD

Hostel yang ngasih sarapan non-roti? baru ketemu di sini hahahaha. Makan paginya udah kayak lagi nginep di hotel bintang dua-tiga.

Ada nasi dan lauk pauk tiga macam. Sewaktu kami menginap di SubWow, menu sarapannya nasi+bihun goreng+tumis brokoli+ayam kecap. Belon lagi ada kerupuknya. Air minum ada air teh, kopi, dan air putih. Dikasih buah-buahan juga.


hotel backpacker di Bandung


Rasa makanannya pun gak buruk. Malah ayamnya enak banget!

Jadi paling cocok bawa rombongan ke sini lah udah. Tidur terbilang nyaman walo kasurnya menurut saya agak keras. Kamar mandi ada di dalam kamar. Terus pake ada sarapan segala.

PRICE

Harga kamar SubWow Hostel di hari kerja berbeda dengan harga di hari Sabtu dan Minggu. Untuk kamar yang saya tempati, harganya 150ribu di weekend dan 128ribu di weekday.

Oiya kalau di hostel begini diitungnya bukan per kamar sih tapi per-bed, per-orang. Harga tersebut bukan harga perkamar ya tapi per-orang.

Untuk kamar tidur yang tanpa kamar mandi alias tipenya shared bathroom, harganya 100ribu di weekday dan 128ribu di weekend.

Total kamar di sini ada 32 dengan rincian ranjang sebanyak 51.

Oiya SubWow Hostel udah bisa dibooking via OTA kayak booking.com, traveloka dan pegipegi.


hotel backpacker di Bandung
kamar dengan 1 bed untuk 1 orang

Jadi SubWow Hostel ini recommended gak? highly recommended banget menurut saya mah kalo kamu cari hotel murah di Bandung.

Nginep di sini menang banyak buat kamu yang jalan-jalannya super irit. Bagi teman-teman yang mau biztrip di Bandung dan budgetnya dihemat-hemat banget, nginep di sini udah paling enak sih.

Cocok gak untuk keluarga dengan anak? menurut saya lebih cocok untuk keluarga tanpa anak. Tapi juga cocok bagi yang anaknya masih balita, sepadan dengan harga menginapnya.

Atau kalau sekeluarga besar menginap ramai-ramai traveling tapi budgetnya tipis, bisa nginep di SubWow ini nih.

Subwow Hostel
Jalan Riau no 207 Bandung

Lokasi tepatnya SubWow ada di basement Hotel Grand Tebu. Jadi, kamu cari deh Grand Tebu ada di mana. Hostelnya satu bangunan dengan hotel tersebut. Nanti tanya ke bapak-bapak security pintu masuk SubWow di mana. Agak tricky juga soalnya pintu masuknya. Pokoknya patokannya hotel Grand Tebu ya!





Foto: Nurul Ulu
Tulisan: Nurul Ulu
17 comments on "Review Hotel Backpacker di Jalan Riau Bandung: SubWow Hostel"
  1. Teh ulu, kalau sha mah berasa gimana gitu. Rumah di bandung tapi nginep di hotel. Udah nyobain dan gak cocook. Tetep milih buat pulang 😄
    Kalau di luar kota, baru deh pilih-pilih hotel.

    Btw, ngelihat harganya kalau travelling sendiri worth it ya. Kalau bertiga kayaknya mending pilih hotel berbintang sekalian 😊

    ReplyDelete
  2. Namanya juga sudah subwow ya tempatnya ada dibawah 😁

    Tapi untuk harga segitu mah murah ya secara pusat kota ini

    ReplyDelete
  3. Wah ini cocok bgt buat karyawan yg suka up country ke bdg. Murce bgt dan akses kmn² gampang <3

    ReplyDelete
  4. Cocoknya buat backpacker ya teh kalo honeymoon atau bawa keluarga mending di hotel sekalian.. Tempat strategis pas untuk turis ya😊

    ReplyDelete
  5. Wiiih murmer ginih.. padahal jalan riau itu termasuk daerah elit yaa

    ReplyDelete
  6. Wah baru tau ada subwow hostel di bawahnya grand tebu riau. Tengkyu infonya Ulu..brmanfaat banget nih. Btw aku salfok sama gang nikmat. Ada kuliner apa aja kah disanah? Kupenisirin

    ReplyDelete
  7. Luuuuu, baru tau kalo di Riau ada hostel buat backpacker-an yang murah meriah gitu. Setahu aku hotel2 rada mewah yang ada di situ mah.

    Pernahnya nginep di hostel kayak gitu cuma waktu di Jogja doang, di Bandung mah belon pernah hehehe.

    ReplyDelete
  8. Wah pengen ah nyobain, sambil jalan - jalan malam sekitaram jalan Riaunya

    ReplyDelete
  9. Asik niih..
    Low budget, jadi bisa happy-happy maksimal di Bandung.

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ada hostel backpacker di Jl. Riau. Lumayan juga yah buat yg backpackeran di Bdg yg budgetnya tipis ini bisa jadi pilihan buat nginep

    ReplyDelete
  11. Wuih keren, ada hotel backpacker segala. Mana murah pula. Kudu tahu nih yang pada suka traveling ke Bandung tapi terganjal biaya nginep. Hotel kayak gini jadi solusinya. Coba di kota lain juga ada. Aku bakalan sering traveling bekpekeran deh. :))))

    ReplyDelete
  12. Setelah baca review di atas, memang bener cocoknya buat backpacker ya? Udah gitu strategis banget lokasinya.

    ReplyDelete
  13. Aku baru tau ada hostel murah di daerah riau.

    ReplyDelete
  14. sama kayak namanya wow banget liat pricenya teh hehhee mayan buat yang suka ke Bandung nih mesti coba di subwow

    ReplyDelete
  15. Wah.. sering lewat nih, murah ya teh. Kalo buat yang backpacker oke pisan.. aku belum pernah juga staycation di hostel. Kapan-kapan cobain ah 😁

    ReplyDelete
  16. Waah cocok banget tempat buat yg backpackeran di bandung. Beda dari kebanyakan yaa fasilitasnya unik.b☺️

    ReplyDelete
  17. Wih, harganya sangat terjangkau untuk jenis penginapan di jalan Riau. Makasih infonya,Teh :D

    ReplyDelete