Pesta Cokelat di Sweetoday 5.0 Bersama Colatta & Haan

September 03, 2018
Agak beda dari acara  biasanya yang saya datangi, Bandung Diary diajak datang ke sebuah acara masak-memasak. Bahan utama masaknya cokelat. Pesta cokelat ini berlangsung Sabtu 25 Agustus 2018 sejak jam 10 pagi sampai 4 sore di Hotel Horison Ultima Bandung bersama Colatta. 

Acaranya bertajuk Sweetoday 5.0 Bandung dan terdiri dari pameran produk Collata dan Haan. Ada juga demo memasak kue dari dua chef ternama. Di ujung acara ada workshop food photography dengan smartphone.




Sweetoday adalah acara gathering yang diselenggarakan Colatta dan Haan yang di Bandung ini acara ke-5. Empat acara sebelumnya berlangsung di Jabotabek dan Surabaya. 

Ini pertama kalinya saya menghadiri sebuah gathering dari merek kuliner. Menarik juga ternyata hahaha. Bagian menarik adalah pas icip-icip kuenya. 

Colatta dan Haan merupakan produk bahan masakan dari PT Gandum Mas Kencana. Kalau temen-temen gemar membuat pastry dan bakery, pasti sudah kenal dengan produk-produk andalan Colatta. 




Gathering yang terbuka untuk umum ini dihadiri lebih dari 200 orang. Ada beberapa perwakilan komunitas kuliner dan memasak. Kayak misalnya komunitas NCC (Natural Cooking Club) dan Emak Pintar Bandung. 

Komunitas-komunitas tersebut memajang pastry dan bakery hasil olahan menggunakan bahan utama cokelat dari Colatta. Sebelum acara resmi dimulai, peserta mondar-mandir berfoto dengan aneka macam kue ini. Ya, saya juga termasuk yang foto-foto kuenya. 





Beberapa komunitas kuliner diundang sebagai peserta. Sekira lebih dari 200 orang waktu itu yang menghadiri acaranya. 99% perempuan semua deh kayaknya, termasuk saya. Gak dikit pula di antara peserta yang merupakan pelaku bisnis di bidang pastry dan bakery. 

Sebelum masuk ke ruangan, saya dibekali booklet berisi empat resep kue yang praktis cara membuatnya. Chef Arief dan Chef Nina lincah memasak kue-kue : Cheese and Crunchy Chocolate, Pie and Chocolate Brownies, Colatta Crunchy Mooncake, terakhir nih Haan Brownie Coffee Cheesecake Tart. 

Terus tiap beres masak, kuenya dibagi-bagin untuk peserta. Hore banget! hahaha. Semua kuenya enak, tapi yang paling berkesan buat saya adalah Pie Chocolate Brownies. Cara bikinnya unik. Jadi tahu deh sekarang cara bikin kue bulan. 





Acara utama dalam gathering Sweetoday 5.0 adalah peluncuran dua produk Colatta dan Haan: Colatta Crunchy Spread dan Haan Brownies Pouch. 

Colatta Crunchy Spread adalah selai cokelat siap makan. Dari namanya sudah bisa nebak ya kalau dalam cokelatnya ada tekstur renyah. 

Haan Brownies Pouch merupakan tepung instan untuk membuat brownies. Dari demo masaknya saya baru deh meratiin buat brownies gak seribet yang saya bayangin! Thanks to Haan Brownies Pouch. Cara bikin browniesnya gampang aja. Cuma campur Haan Brownies Pouch + minyak + telur. Kocok. Masukan adonan ke loyang. Panggang. Tunggu sampai matang. Udah gitu aja coba! Ya ampun...betapa hidup lebih mudah dengan resep-resep kayak gini :D 

Dalam sambutannya, Iman Setia, Marketing Communication Manager PT. Gandum Mas Kencana mengatakan bahwa acara Sweetoday adalah ajang berbagi kue-kue berbahan Colatta dan Haan yang kekinian. Haan Brownies Pouch salah satu bahan makanan kekinian yang dibuat untuk kepraktisan, harganya ekonomis, dan rasanya spesial! 

Kalau gak salah Haan Brownies Pouch dikenakan harga Rp27.000. Yok ayok kalau ke supermarket belanja bulanan, jangan lupa masukin Haan Brownies Pouch dan Colatta Crunchy Spread ke daftar belanjaan :) 




Di akhir acara ada sesi food photography dengan mentor Sefa Firdaus. Mengandalkan smartphone sebagai alat memotret makanan dan menghasilkan foto yang bagus, kenapa enggak. Tapi kan ada taktiknya. Sefa Firdaus yang followersnya sebanyak 16ribu di ainstagram ini membagikan tip dan triknya. Beberapa hal yang saya tanam kuat-kuat dalam ingatan (sekaligus saya catat :D) adalah: kenali smartphone punya sendiri, foto dengan resolusi besar, ketahui arah cahaya, belajar komposisi, belajar angle memotret, dan tidak menggunakan fitur zoom. "Kalau pake zoom, hasil foto akan pecah," ucap Sefa. 

Belajar bikin kue udah. Kenal produk yang berkualitas dan praktis juga udah. Memotret kuenya pun udah diajarin. Nah sekarang tinggal prakteknya di rumah masing-masing nih. Selamat memanggang kue dan menebar wangi cokelat ke seantero isi rumah :)