Mewarnai dengan Faber-Castell di Teras Vila Isola

August 05, 2018
Hari Sabtu kemarin, saya ajak Nabil ke Vila Isola. Biasanya kami bermain di kompleks bangunan kuno yang epik itu dalam rangka nongkrong dan ngasih makan ikan di kolam. Tapi agenda kali ini beda.

Di teras Vila Isola, kami mencicipi Faber-Castell! No, bukan makanan.

Faber-Castell yang saya maksud adalah seperangkat alat untuk mewarnai. Ada 20 spidol (connector pen) dan 15 halaman buku gambar yang Augmented Reality.


Nabil selalu seneng menggambar dan mewarnai. Cuma yang sekarang ini semangatnya nambah. Moodnya lebih apa ya, lebih ceria aja gitu hahaha. Sebab pengalaman mewarnainya beda banget. Augmented Reality Colouring Booksnya itu yang bikin jadi unik.

Begini bagian menariknya: apa yang kami gambar bisa 'disulap' jadi bentuk 3D alias bendanya jadi 'hidup'!

Nabil terkagum-kagum banget pake serial  Faber-Castell bernama Colour To Life ini. Baginya, pesawat terbang yang ia warnai dan bisa 'keluar' dari kertas gambar itu ajaib. Hahaha. Buat saya juga ding, ya baru tahu aja ada yang kayak begini.

Oke. Here goes paket Faber Castle yang kami gunakan.

1. Pada dasarnya kamu tinggal mewarnai saja di buku yang telah disediakan  Faber-Castell. Terserah warna mah bebas! Harus pake connector pen dari  Faber-Castell tapinya ya.

2. Kali ini, gawai bisa kita libatkan dalam Colour To Life sebagai media bersenang-senang bersama anak tanpa nontonin yutub. Caranya:

3. Install aplikasi  Faber-Castell - Colour To Life. Di Playstore ada, di Appstore juga yak.

4. Nanti ikuti petunjuk yang tertera dalam aplikasinya ya. Mudahnya sih begini, arahkan kamera aplikasi ke gambar yang telah kita warnai. Kamera akan scan gambar kita.

5. Ingatingat! frame gambar mesti masuk semua. Memang awal-awal ngerjain agak ribet sih, lama-lama terbiasa.

6. Tunggu indikator warna hijau muncul. Tring! gambar yang kita warnai jadi 'benda hidup'! udah deh tinggal berinteraksi aja dengan gambar tersebut.

7. So, jangan ditutup dulu aplikasinya. Si gambar yang sudah hidup itu bisa kamu pake untuk: properti swafoto dan bermain (games). Buat foto, tap fitur Photo Mode. Untuk games tap bagian Play The Game.

Setelah saya dan Nabil gunakan Colour To Life ini, rasanya ya seneng aja gitu. Pengalaman mewarnai yang baru untuk kami. Baru dan canggih :)


Connector Pen mudah digunakan. Kertas yang tebal. Proses scanning aja sih yang agak bikin senewen, tapi kalau kita udah paham caranya ya mudah saja.

Waktu gambarnya jadi 3D, si Nabil jadi kayak mikir adegan foto yang seru kayak gimana. Kayak mancing kreativitas aja gitu. Apakah kami duduk sambil pura-pura lihat ke langit tempat kami naro gambar pesawat di sana atau berdiri sambil nunjuk kuda yang ceritanya sih ada di samping kami. Pokoknya ide dia semua lah. Hahaha.


Kalau bagian mewarnai-scan-foto, Nabil saya perbolehkan memegang hp. Tapi untuk pake fitur Games, tetap yah hari Minggu aja bolehnya :D

Selain yang oke-okenya, ada beberapa hal yang menurut saya perlu perbaikan dalam aplikasinya. Seperti:

1. Pada waktu anak melakukan scanning, mesti ditemani orang dewasa. Agak susah untuk mengendalikan gerakan tangan mereka supaya sesuai ketentuan dari aplikasinya. Hehe. Udah gitu gak sabaran ya adeuh anak-anak :D

2. Pada waktu gambarnya jadi 3D, kan kita bisa swafoto tuh. Sayangnya harus dengan wajah jarak dekat dengan kamera. Saya dan Nabil menggunakan tripod dan hasil fotonya buram, kecuali bagian gambarnya. Kemungkinan sih karena jarak antara kamera (hp) dengan kami cukup jauh. Sekitar tiga meteran.

3. Countdown Timer cuma 3 detik. Bentar banget buat kami yang berfoto dengan tripod :)) Setelah take frame ke 28 baru hasilnya memuaskan, walo buram heuheu.

4. Buku gambarnya khusus, gak bisa buku gambar dapat beli di fotokopian. 15 halaman untuk Nabil, ludes dalam hitungan kurang dari seminggu. Bukunya bisa refill gak yah? atau mesti beli lagi sepaket dengan connector pennya?

5. Ternyata buat kami yang gak suka swafoto, fitur photo mode masih berguna kok. Fotonya jadi lebih...apa ya...niat banget sampe lari-lari hahaha. Cuma ya jarak antara kamera (hp) dengan kami harusnya lebih dekat kali ya, supaya gak blur gitu fotonya.

Ohiya, bagi teman-teman yang pengen beli  Faber-Castell edisi Colour To Life ini, beli di Tokopedia, Gramedia, atau toko buku terdekat.

Fyi, ini hasil foto dengan Colour To Lifenya Faber-Castell. Neneknya Nabil ikutan pengen foto bareng pesawat 3D. Hahaha.

Nabil dan Ibunya, pura-pura megang kuda. Haha :D

Nabil dan neneknya, pura-pura ngamatin pesawat lewat di atas Vila Isola :D






Teks: Ulu
Foto: Ulu

1 comment on "Mewarnai dengan Faber-Castell di Teras Vila Isola"
  1. Wah mewarnai makin seru dan asyik.dengan faber castell.

    Keren artikelnya..

    ReplyDelete