Soto di Cibadak yang Gila Enak Banget dan BUANYAK BANGET!

October 30, 2017
Udah lama gak bikin tulisan tentang makanan di blog ini. Halooooooo, kuliner Bandung!

Padahal saya dan Indra kerjaannya makan mulu nih. Tapi udah jarang kami foto-foto dan tulis reviewnya di blog.  Lebih sering nulis di Instagram. Enak ya media sosial tuh, gak usah nulis panjang-panjang. Wkwk.

Ah kembali ke bahasan tulisan ini. Saya mau bahas SOTO MADURA DI CIBADAK! (Fyi, kami makan soto ini setelah menggilas seporsi Bakso Astagfirullah 😂).



Biasanya ada harga ada rupa. Soto yang ini mah enggak. Rasanya enak, harganya murah, dan porsinya buanyaaaaakkkkk! Saya dan Indra sampe saling memandang ragu, apa iya harga 15K itu sudah termasuk nasi dan kerupuknya? 

Hahahaha. Gila masa 15ribu udah dapet semangkuk soto (dengan isinya yang buanyak), nasi, dan kerupuk dua potong. Bah!

Sejak hari itu tuh, hari di mana kami baru aja dihajar seporsi bakso di Bakso Astagfirullah dan mondar-mandir dari Cibadak, Kalipah Apo, dan Gardujati tanpa sengaja makan (lagi) di sini, kami jadi pelanggan setianya.

(Saya nanti bahas Bakso Astagfirullah di postingan berbeda yak :D)

Tiap kali berkeliaran di Cibadak, ke sana lah kami menyantap seporsi makanan berat.

Sebenernya ada lotek enak sih gak jauh dari lokasi Soto Cibadak ini. Ya saya gilir aja lah wkwkwk. Gak cuma soto dan lotek, ada juga Leupeut (semacam lontong dan ada isinya, biasanya isi oncom atau daging ayam). Oh iya, kalo pagi hari ada juga bubur terenak di Bandung, adanya di Cibadak ini.

Terang aja, di Cibadak ada banyak kuliner yang enyak-enyak. Dari pagi sampai malam ada terus kulinernya, bahkan makin malam makin menggila :D (fyi, buat yang gak tau Cibadak tuh apa sih, bisa baca tulisan saya yang ini ya)

Walo begitu bagi yang muslim harus hati-hati karena ada makanan yang mengandung babi. Kalau saya sih enaknya pake jilbab, sehingga pas mau pesen, mamangnya ngasitau duluan kalau di situ makanannya bukan buat yang muslim.

Saya dan Indra bolak-balik ke Cibadak. Suplier barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan kami ada di Cibadak, Kalipah Apo, dan Gardujati. Dan ini tuh wilayahnya surga makanan enak-enak, beragam, dan terjangkau harganya. Horeee!

Kembali ke si soto. Bukan cuma kami yang doyan makan di sini. Sekarang adik saya yang tukang-bikin-segala-macam-buat-kawinan-orang-lain-itu juga jadi langganan sotonya. Adik saya gak sendiri, beberapa kawan saya sekarang juga sering pada makan soto Cibadak. Wkwk.

Di dekat situ ada soto juga sih, terkenal banget. Soto Ojolali namanya. Enak mah ya enak banget. Tapi harganya yang gak enak. Hiks. Jadi saya selalu kembali ke Soto Cibadak ituh saja.



Soto Cibadak yang ini gak menyajikan soto khas Bandung. Dari isinya saja campur aduk ada segala macam dan warna kuahnya kuning. Kalo yang namanya soto Bandung mah kuahnya bening. Lha nama di gerobaknya aja udah tercantum: Soto Madura :D

Tak apalah, soto mana aja saya suka. Soto nusa soto bangsa!

Bila teman-teman berada di Cibadak dan kelaparan, langsung cusss ke Soto Madura langganan saya ini. Lokasinya di dekat mulut gang yang namanya gangnya lupa (ahahahah maap heuheu).

Si Soto nongkrong di depan toko yang warna temboknya pink. Lebih deket ke arah Jalan Otista sih lokasinya. Dia mulai berjualan dari jam 10 pagi sampai dengan sehabisnya. Biasanya sih jam 4 sore udah abis sotonya.

Duh kalo nanya pedagang makanan mereka tutup jam berapa dan mereka jawab: seabisnya aja, saya suka mikir ya, saya kerja apa sih kok capek banget tapi gak tahu limitnya. Saya gak bisa bilang ‘seabisnya aja’. Kadangkala saya iri sama mereka. Sesama pedagang tapi level mereka ada jauh di atas saya. Kenapa jadi ngelantur :D heuheuheu….





Teks : Ulu
Foto: Ulu
7 comments on "Soto di Cibadak yang Gila Enak Banget dan BUANYAK BANGET! "
  1. 15 ribu dpt soto seporsi pake nasi plus kerupuk,, bandung surga banget sih mbak makanan enak dan murmer.. makasih rekomendasinya mbak

    ReplyDelete
  2. Langganan aku ini. Endesss, murah, dan kenyang. Hehehe. Ahhh udah lama ga ke sini.

    ReplyDelete
  3. Kesukaan suami aku soto ini, enaaaak tapi aku kurang suka

    ReplyDelete
  4. Wah musti dicatat. Kl ke cibadak mo dicobain ah😋

    ReplyDelete
  5. Sebagai penggemar soto, saya mesti nyoba ini mah :)

    ReplyDelete