Upeti untuk Nabil: Gembira Loka

October 16, 2017
Ini gak tahu ya saya dan Indra orang tua egois atau enggak. Tiap kali bepergian Nabil kan selalu kami ajak. Masalahnya kami sangat jarang mengunjungi tempat yang khusus untuk anak-anak.

Begitu juga kalau sedang main ke mall. Sesekali saja ke Gamemaster ajak Nabil main di sana, sebulan sekali juga jarang. Seperti di Yogyakarta, semua tempat yang saya kunjungi bukan children friendly banget.

Tapi buat saya mah konsep children friendly seringnya masalah perspektif aja. Kalau Nabil bisa lari-lari di lapangan di depan Masjid Gedhe Kauman, ya buat saya dia sedang bermain dan senang-senang. Nabil juga saya biarkan injek-injek kubangan air. Airnya juga bersih lah. Heuheu.

Walo begitu, ada juga bisikan dalam batin yang bilang sebaiknya saya kasih upeti untuk Nabil. Sebagai ungkapan terima kasih karena sudah berbaik hati menemani ibu dan ayahnya jalan-jalan ke tempat yang gak-anak-kecil-banget.

Setelah kami ke Masjid Syuhada, Kota Baru, Los Bunder, Kauman, dan beberapa masjid lainnya, di hari ke tiga saya putuskan ajak Nabil ke Gembira Loka. Kebun binatangnya Yogyakarta.



Di atas angkutan Grab yang melaju, saya bilang sama Nabil. "Kita mau ke kebon binatang, Bil,".

"Hah? Beneran, Mah? Asyiiiiikkk!" Mukanya lucu banget lol!

Hahaha. Aduh Bil, maaf ya jarang nih ibu kamu ajak-ajak ke tempat kayak gitu. Heuheu.

Gembira Loka tutup jam 4 sore. Kami ke sana pukul dua siang. Cuaca di Yogyakarta sedang bersahabat. Adem. Lucunya bukan cuma Nabil yang seneng keliling Gembira Loka. Saya jugaaaaa hahahahahah.

Gembira Loka ini gak kayak yang saya harepin. Ah paling biasa aja lah kayak kebon binatang kebanyakan. Nyatanya adalah dia bagus banget. Eh ralat: BAGUUUUUSSSS BANGEEETTT!

Bersih, teratur, layak, aman, luaaasss, rindang, informatif, banyak tempat sampah, ada bis kalau capek, banyak stasiun bis, aneka koleksi binatangnya juga banyak ya.

Di mana-mana ada pepohonan sehingga berjalan kaki pun rasanya teduh. Kalau capek, bisa selonjoran. Ada beberapa titik kantin dan semua kantinnya rapi dan bersih.

Ngomong-ngomong kebaikan Gembira Loka di atas itu saya lagi bandingin dengan kebon binatang di Bandung sih yang busuknya luar biasa. Heuheuheuheu...

Masuk ke Gembira Loka, kami dibekali peta lokasi. Saya ajak Nabil naik bis dulu, pemetaan lokasi gitu lah biar saya tahu seberapa jauh nih kalau jalan kaki. Beres keliling 1 putaran, saya ajak Nabil lagi, mau gak keliling lagi tapi jalan kaki. Eh dia mau. Ya uwis kami keliling Gembira Loka dua kali deh. Wkwk.

Paling seneng bisa lihat Harimau Sumatera. Kebanyakan binatang di sana yang saya lihat kayaknya sedang leyeh-leyeh :D males-malesan gitu kayak abis makan kekenyangan. Makna-tidur-makan-tidur. Life is good, eh?

Sore yang menyenangkan di Gembira Loka. Nabil seneng banget dan selama satu bulan lamanya sejak plesiran kami itu, dia bahas Gembira Loka melulu wkwk.

Tolong jangan sebut kasihan lihat binatang dikrangkeng, oh saya juga kasihan. Seharusnya mereka ada di habitat aslinya. Tapi lihat kondisinya di Gembira Loka, saya pikir mereka akan baik-baik saja.














Foto : Ulu
Teks : Ulu
12 comments on "Upeti untuk Nabil: Gembira Loka"
  1. waaah, seru banget nih jalan-jalannya, Nabil pasti seneng banget

    ReplyDelete
  2. Saya juga sering ajak anak-anak ke tempat yang tidak children friendly, hehehe yang penting mereka seneng

    ReplyDelete
  3. Belum pernah coba mampir kesini hihihi tapi disana sepertinya terawat sekali kebun binatangnya :D

    ReplyDelete
  4. Bersih pisan kebun binatangnya Teh, enak kali ya kalo botram disitu haha

    ReplyDelete
  5. Gembira Loka jauh lebih baik dibanding yang di Bandung yah

    ReplyDelete
  6. terakhir kesini itu saat anak2 masih kecil

    ReplyDelete
  7. Kalau ke Yogya lagi, aku mau ke sini 😍

    ReplyDelete
  8. tamansari kayaknya sekarang malah banyak kontroversinya dari pada kerennya ya Lu.... Ssst saya belum tah ka gembira loka.

    ReplyDelete
  9. Bersih tempatna lu, ga nyangka geuning..bisa ajak anak2 jalan kesini kayaknya

    ReplyDelete
  10. Wah asyiik nih, kalau ke jogja ga pernah ke sini tapi... terakhir ke kebun binatang ini pas SMA xixixi

    ReplyDelete
  11. Terakhir ke sana itu pas aku masih SD. Udah luama banget ya.. Udah lupa juga kayak gimana bentukn gembira loka ini. Syukurlah kalau sekarang sudah bagus dan rapih. Apalagi Nabil ekspresinya seneng gitu ;)

    ReplyDelete
  12. Bersih banget tempatnya, Teh.
    Jadi kepengin bawa Rasi ke sana :)

    ReplyDelete