Hotel Puteri Gunung di Lembang, Hotelnya Cocok Banget Buat yang Liburan Bersama Keluarga!

December 09, 2016
Nginep di Lembang, yuk? Ajak Indra. Diajak menginap semalam di kawasan yang dingin-dingin romantis gimana gitu, saya pasti gak nolak. Hehehe ☺

Karena Lembang di akhir minggu selalu ramai turis, kami -seperti biasa- memilih hari kerja kalau urusan begini. Akhir November yang lalu, kami check in ke Hotel Puteri Gunung. Gak lupa saya bawa pakaian renang karena hotel pilihan kami ini kolam renangnya luaaaasssss! Gak cuma saya yang seneng, Nabil juga girang karena kolam renang untuk anak-anaknya juga luaaaaassss. Gak selesai sampai di situ, di bagian tengah kolam renang, ada kolam air hangat. Aheuheuheuheu seru :D 

Saya nih kalau menyebut hotel Puteri Gunung sering kebalik jadi Hotel Gunung Puteri. Secara di sebrang hotel ini memang ada sebuah bukit bernama Gunung Puteri. Hehehe. 

Hotel ini termasuk hotel lama di Bandung, eh di Lembang. Biasanya hotel lama memang kelihatan 'lelah'. Hotel ini nampaknya perawatannya masih bagus. 





ROOM

Proses check in gak makan waktu lama. Menuju ke kamar, ada bellboy yang nemenin bawa barang. Kamar saya no 216 tipe Grand Deluxe, di lantai dua. 

First thing first, ternyata kamar di Hotel Puteri Gunung ini bentuknya cottage. Ada sih yang kamar biasa gitu, tipenya Superior. Kalau Grand Deluxe bentuk kamarnya kayak vila minus dapur dan kompornya ☺ 

Kamarnya sendiri juga luas euy. Sekitar 8 x 5 m. Ini yang bawa anak cocok banget, ibu bapaknya tidur, kunci semua pintu dan biarkan si anak muter-muter hehehe. FYI tiap kamar deluxe dan kamar yang lebih mahal pasti ada teras dan balkonnya. Horeeee ☺

Bednya ukuran king. Empuknya standar. Bantalnya juga standar dan nyaman. Melihat kamar ini dan memperhatikan selimutnya, kelihatan banget ini memang hotel lama. Entah kenapa saya pengen segera pergi ke Pasar Baru atau Ace Hardware dan membeli selimut baru yang kondisinya lebih segar. Walau penampakannya tua, selimutnya masih tebal dan oke punya. 

Di kamar gak ada AC, tapi emang gak butuh juga, udaranya udah dingin. Lantainya parket (kayu) jadi gak usah khawatir jalan kedinginan. TV flat dengan channel yang gak lengkap tapi cukup. Channel film kayak HBO gitu ada kok. Channel untuk anak-anak gak banyak, hanya Cartoon Network dan dua channel kartun lain.

Sayang wifi gak tersedia di kamar. Wifi hanya ada di lobi dan restoran. Kata mba resepsionis sih wifi di kamar bakal soon available. 

Jendela dapat dibuka. Lemari pakaian tersedia. Kulkas juga ada. Amenitiesnya standar buat hotel dengan bintang 4: shampoo, sabun, pasta dan sikat gigi,shower cap, dan lain-lainnya. Handuk untuk tubuh ada dua. Sandal dua buah. 

Kamar mandinya shower. Ada pilihan air dingin dan air panas. Sayang air panasnya gak keluar, hanya air hangat suam kuku. Ditunggu agak lama sekitar 15 menit, airnya masih gak berasa panas. Saya telpon ke operator dan mereka konfirmasi akan mengirim petugasnya. Tapi sampai saya check out, gak ada petugas yang datang benerin mesin airnya. Sayang sih menurut saya heuheuheu. Kalau tamunya orang Jakarta mungkin udah ngomel-ngomel hehehe.

Overall kebersihan kamar dan kamar mandi oke. Good! 


LOCATION

Kalau mau berkunjung ke Lembang dan berwisata di kawasan ini selama seharian, emang mendingan pilih penginapan di Lembang aja. Pertama, terhindar dari macet berkepanjangan. Kedua, bisa langsung istirahat. 

Hotel Puteri Gunung ada di jalur menuju Gunung Tangkubanparahu. Letaknya di Cikole. Sebelum mager di kamar, bisa sih mampir dulu ke minimarket beli perbekalan cemilan dan air minum. Di Hotel Puteri Gunung ada restoran, tapi pilihan menunya gak terlalu banyak. 

Sebenarnya bisa kok jalan-jalan di satu kawasan hotel ini. Di bagian belakang hotelnya ada kandang rusa beserta rusa-rusanya, kolam air, dan playground untuk anak-anak.

Hawa di kawasan Lembang bagian Cikole ini sejuk banget. Cocok buat orang-orang pesisir kayak Jakarta. Hehehe :D 

Sebagai hotel lama, di sini menurut saya gak ada tempat yang instagramable. Padahal spotnya luas, bisa bermain dengan ruang. Tapi gak ada ikon buat berfoto. Banyak tempat berfoto, tapi satu titik yang kayaknya semua orang pengen share gitu gak ada. Lorong menuju ke taman bermain menarik juga kalau dipasang sesuatu yang bikin orang pengen foto dan share ke Instagram. Gak tahu pasang apa sih, mungkin payung-payung kayak di jalan Otista dan Braga dulu itu ☺


SERVICE

Oke banget. Hotel-hotel berbintang yang jadul begini biasanya service-oriented. Bellboynya gesit. Resepsionisnya juga ramah dan helpful. 

Ngomong-ngomong, saya pengen nyobain spa di sini, di Gardenia Spa. Karena malamnya ngantuk banget, saya putuskan spa setelah berenang dan makan pagi. Tapi setelah konfirmasi ke spanya, petugas yang bertugas sampai dengan pukul 15.00 cowok semua. Setelah itu baru cewek. Yah saya check put jam 12.00 :D yasudah gak jadi. Lain kali menginap di sini dan pengen yang mijet-mijetnya sesama perempuan, saya ke spa sore atau malam sekalian. 


FOOD

Makan pagi di hotel Puteri Gunung pilihannya ada banyak. Ada omelete, makanan berat (prasmanan), aneka macam roti, berbagai puding, buah-buahan, sereal, dan bubur. Sebelum makan, kami berenang dulu sih. Jadi energi makannya berlipat-lipat hahaha :D 

Rasa makanannya enak tapi standar lah enaknya. Makanan yang jadi highlight buat saya adalah menu prasmanan dan omeletnya. Enak banget, rasa rumahan. Saya kasih jempol 9! 

Sebelumnya sih pas di malam hari saya pesan makanan dari restoran. Hamburger steak. Daging steaknya gendut, tebal, dan lezat. Tapi roti dan french friesnya punya rasa yang standar saja. 


DEPOSIT

Rp300.000


RATE

Kamar Grand Deluxe yang saya book kalau di Agoda ratenya sekitar Rp1.200.000+++ include breakfast. 

Kamar yang lebih murah ada tipe Standar dan Superior. 

Mau yang lebih eksklusif ada kamar Suite, Garden Suite, Pavilion, Family Suite, Executive Suite, dan Penthouse. 

Banyak ya. Totalnya sekitar 130 kamar. Khas resort lama: kamarnya banyak, luas-luas pula kamarnya, pilihan tipe kamar juga edan beragam euy. 


NOTE

1. Hotel tua ini cocok untuk orang tua. Mereka bisa jadi suka dengan suasana penginapannya yang asri dan sejuk. Udah gitu bisa jalan-jalan juga di dalam kawasannya. 

2. Hotel Puteri Gunung cocok juga untuk tipe keluarga. Apalagi yang bawa anak dan anaknya lebih dari satu ☺

3. Buat yang mau bulan madu juga super cocoooookkkkk! Gak usah ke mana-mana lagi, di kamar saja hahaha. Mana luas juga tuh kamarnya bisa lebih 'eksploratif' ☺ 

4. Lokasi hotelnya bila dari arah kota Bandung, ada di sebelah kanan jalan. 

5. Bawa perbekalan cemilan kalau doyan makan. Gak ada minimarket di sekitar penginapannya. Kalau warung-warung kecil milik warga mah ada. 

6. Bawa pakaian renang! Kolam renang di sini superb, bersih dan luas! Favorit! 

7. Menginap di sini cobalah ke luar kamar dan berkeliling. Nikmati suasananya, kolam ikannya, kolam renangnya, makan-makan di restorannya di Bale-bale, kelilingi penginapannya. Abisnya di sini sejuk dan asri, sayang banget kalau cuma mager di kamar (kecuali kamu sedang bulan madu khekhekhekhe ☺).  


Jalan Tangkubanparahu Km 16-17 Cibogo Lembang
Kabupaten Bandung

Instagram @puterigununghotel

























Teks : Nurul Ulu
Foto : Indra Yudha Andriawan
10 comments on "Hotel Puteri Gunung di Lembang, Hotelnya Cocok Banget Buat yang Liburan Bersama Keluarga!"
  1. Lega ya mba kamarnya.. Tamannya sama poolnya pun luas juga.. Anak2 paati seneng nih klo nginep di sini.. Eh ada rusanya juga.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lega banget. Serba lega di sini mah. Anak-anak pokoknya pasti seneng :D hehehe

      Delete
  2. Eh ini hotelnya bangunan lama tapi desainnya nggak terlalu old school kok! Aku suka deh penataannya. jadi pengen nginep :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Put. Pernah ke sini? Cocok buat honeymoon Putri & Odi ;)

      Delete
  3. Kalau hotelnya luas gitu, gak ada wifi juga gak terlalu masalah, sih. Jalan-jalan seharian juga cape dan lupa ma wifi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jalan-jalan dan berenang udah paling seruuu hehehehe

      Delete
  4. Waah...nampak nyaman sekali suasananya, disuuguhin pula sama udara Lembang yg sejuk

    ReplyDelete
  5. Dari luar keliatan tradisional, ternyata dalamnya modern banget, jadi pengen nyoba ngajak keluarga kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain, Mba. Pilihan yang oke kok nginep di sini hehehe

      Delete