Terowongan Flyover Antapani yang....Instagramable!

December 31, 2016
Tiga tahun dipimpin Ridwan Kamil (RK), di akhir tahun biasanya suka ada aja yang baru dari dia. Yang paling kentara mah taman-taman kota sih. Lain-lainnya apa ya...trotoar, Alun-alun Bandung, signage peta jalan di jalan-jalan utama, pot gantung, lokasi PKL yang dipindahin, ngurus administrasi di kelurahan sekarang relatif gampang, mengubah sedikit wajah kawasan Asia Afrika, perubahan beberapa muka kawasan, bikin rumah susun, pengadaan bis kota ngegantiin bis kota yang udah tua, culinary night, dan beberapa lainnya. 

Gak semuanya bertahan lama sih. Pot gantung ada mulai coplok-coplok. Culinary Night gak ada lagi. Trotoar yang diganti ada yang mulai retak-retak. Angkot yang ada wifi juga udah gak ada. PKL mulai berjualan lagi di pinggir jalan utama, di Purnawarman misalnya, di depan BEC. Ya begitulah :D 

Dipikir-pikir kasihan juga jadi RK. Keinginannya untuk mengubah kota ini jadi kota yang liveable dan cantik memang besar. Kalau perubahan udah dijalankan, mestinya kan konsisten ya. Ini mah kayaknya gak semuanya konsisten dijalankan sih. 

Terus gak dikit juga yang bilang kalau RK cuma mempercantik bagian luar kotanya. Hiasan doang, dalemnya bobrok. Iya gituh? Ya mungkin ada benarnya juga sih. Entah lah, saya sejujurnya mah seneng sih kota ini lebih hidup semenjak dipimpin RK. Bandung secara fisik, terutama di pusatkota, jadi lebih berwarna. Kalau sama walikota yang dulu-dulu mah dibiarkan saja. Lihat kerjanya RK sekarang saya suka mikir, pejabat-pejabat sebelum RK kerjanya apa aja ya...

Tapi ya gitu deh jadi RK. Dikerjain, salah. Gak dikerjain ya salah juga :D Lho nyerocos apa ini saya teh. Mari kembali ke judulnya. 

Awal tahun 2017, di Bandung banyak yang baru-baru. Zebra cross yang unik lah, skywalk di Cihampelas, Museum Kota Bandung, dan ini nih: Flyover Antapani. Pembuatan jalan layang ini bikin repot banyak orang. Macet parah :D


photo courtesy : Dudi Sugandi

Orang Antapani kesabarannya diuji banget selama pembuatan flyover ini. Saya yang bukan orang Antapani juga mengikuti pembuatan proses flyovernya karena emang sering bolak-balik Antapani.

FYI, Antapani ini ibarat Planet Bekasi lah. Hahaha. Di Antapani banyak perumahan, dari yang mewah sampai yang tipe rumahnya lu-lagi-lu-lagi. Kalau udah nyebut Antapani, beuh udah kebayang macetnya. Makanya RK bikin jalan layang untuk mengatasi kemacetan di sana. 

Saya sih mikirnya ini solusi sementara aja. Karena kunci utama mengatasi kemacetan kan ada di transportasi umumnya. Kalau cuma mengandalkan jalan layang aja mah, 1-2 tahun lagi orang berkembang biak tambah banyak, pembelian mobil meningkat seiring betapa mudahnya utang menyicil mobil. 

Ya terlepas dari masalah kemacetan yang sama yang menunggu kita di depan sana, mari kita nikmati dulu flyover Antapani ini.

Terowongannya lucu banget warna-warni. Khas RK lah pokoknya kalau bikin apa-apa pasti lucu dan fotogenik bikin orang mau foto-foto. FYI, mural mozaik di dinding jalan layang ini adalah karya John Martono. Cek aja di Instagram, foto terowongan Flyover Antapani udah bertebaran. Nampaknya Flyover Antapani ini bakal jadi the next instagramable icon di Bandung. Selamat, wahai warga Antapani. Sekarang gak perlu ke Asia Afrika ya buat foto-foto yang ikonik-bandung-banget :D hehehehe.


photo courtesy : Dudi Sugandi

Flyovernya sendiri udah dibuka untuk ujicoba tanggal 28 Desember lalu. Kata RK, jalan ini akan mulai dibuka untuk umum per awal tahun 2017, 1 Januari kali ya maksudnya. Malam tahun baru ini Flyover Antapani udah dibuka tapi untuk pejalan kaki, bukan untuk kendaraan. Wuiiiw kebayang orang foto-foto sampe abis memorinya ya di sini hahahaha.

Saya belum berkesempatan datang ke flyover Antapani euy. Jadi belum foto-foto. Saya pinjam fotonya Kang Dudi Sugandi, fotografer yang saya follow di Instagram.

Rencananya sih tanggal 1 besok subuh-subuh saya mau nongkrong di flyovernya dan hunting foto. We'll see. 


Cara ke Twrowongan Jalan Layang Antapani


1. Naik taksi aja. Hahaha :D Pret banget ah ini petunjuk arahnya.
2. Order UberMOTOR atau Gojek :D
3. Angkot yang lewatin Flyover Antapani:
Margayahu - Ledeng
Antapani - Ciroyom
Cicaheum - Ciwastra
Cicadas - Elang
Riung Bandung - Dago
Dan beberapa angkot lainnya yang jurusannya saya lupa heuheuheu
4. Flyover Anpatani ini ada di perpotongan jalan Antapani - Jalan Jakarta, nama perempatannya perempatan Jalan Jakarta - Kiaracondong. Warga lokal nyebutnya Perempatan Antapani.
5. Atau buka aja googlemap, cek Jalan Antapani - Jalan Jakarta.



Teks : Ulu
Foto : Dudi  Sugandi
30 comments on "Terowongan Flyover Antapani yang....Instagramable! "
  1. Aku termasuk yang amat sangat merasakan kerempongan macetnya teh hahaha. Semoga lalu lintasnya makin lancar

    ReplyDelete
  2. Dari tempat adik aku deket nih Ulu. Dia di Antapani. Sebelumnya kalau mau ke Bandung pas pembuatan jalan layang ini selalu dilarang. Janganlah, maceeet. Gitu katanya. Baru punya kesempetan kmrn2. Cakep muralnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sekarang udah bisa lewat, mba vina. hehehe

      Delete
  3. eh iya flyovernya cantik warna wrani gitu ya..
    asal jangan macetnya pindah di kolong gara2 orang2 pada selfi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya bener :D semoga yg selfie gak ganggu pengguna jalan yak

      Delete
  4. Ulu, sebulan sekali saya ke Al Islam. Mau ngga mau lewat sini. Terakhir lewat pas para pekerja bikin mural ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ngelihat proses pembuatannya dong, teh.

      Delete
  5. wah sy amlah baru tahu setelah ada di TV, keren warnay ceria dan terang shg menonjol adanay jalan layang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih flyover paling fotogenit ya hehehe

      Delete
  6. Duh jadi pengen hunting foto di flyover antapani nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya atuh pagi2 aja hari minggu biar leluasa motona lantaran jalannya kosong

      Delete
  7. huwaa apalagi ini,,,Banduung mah ah ya selalu ada yg baru

    ReplyDelete
  8. Ulasan yang sangat menarik, Kang. Salam kenal dari Aceh

    ReplyDelete
  9. untuk urusan design kang Emil termasuk salah satu jagonya. Designya selalu cantik. Semoga perawatannya pun dilakukan. Biar tetap cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya bener, ujung2nya perawatan nih. mudah-mudahan apik ya dirawatnya biar tetep indah dipandang

      Delete
  10. Aku termasuk yg jadi korban flyover ini teh klo lg pulang ke Bandung.. soalnya rumah di daerah babakan sari yg klo kemana-mana lewat jl jakarta. Walaupun pembangunannya sempet bikin macet berjam-jam, hasilnya worthy ya.. Bagus dan artistik banget. Semoga selain cantik, bisa berfungsi sesuai rencana yaa : ngurangin macet. Amiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, put. wah kamu pulang kampung ke sini pasti pangling lihat flyovernya hehehe

      Delete
  11. Gak sering sih lewat Antapani, tapi seneng juga dengan hadirnya fly over ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya bakal ada flyover lain menyusul. antapani ini pilot projectnya.

      Delete
  12. Euleuh meni sae. Nembe terang da. Kedah ka ditu yeuh. Iraha, ya? Hmmm :D

    ReplyDelete
  13. Woh keren banget flyovernya, nilai fungsi dan keindahannya sebagai sebuah landmark kota dapet banget. Semoga bisa tahan lama jadi solusi mengatasi kemacetan Bandung, meski saya harus setuju bahwa ini cuma solusi jangka pendek. Nanti juga kalau kendaraan sudah banyak, macet lagi. Kecuali ada transportasi massal yang bagus. Dan mudah-mudahan juga jalan ini tidak melulu jadi ajang selfie... kasihan kendaraan lain, hehe!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah transportasi massal yang belum RK urusin nih. hehehe

      Delete
  14. Bisa jadi next destination nih. Kemarin ke bandung bingung mau kemana gara2 macet bgt pas liburan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak tempat di sini yang bebas macet sih, tapi ya mesti cari waktu dan lokasinya yang sesuai minat hehehe

      Delete
  15. kece Uluuu..beneran instagram-able pisan.
    serasa di manaa itu, eh di bandung kan yaks

    ReplyDelete