2016 Bandung Diary Recap : Blogpost Favorit Pembaca

December 23, 2016
Kayaknya lucu juga kalau saya buat rekapitulasi blog Bandung Diary selama tahun 2016. Di tahun 2016 udah ada 138 tulisan yang saya unggah di blog ini. Jumlah yang baca tiap tulisan berbeda-beda. Ada yang ribuan, ada juga yang menclok dengan langgeng di angka 50 saja, gak nambah-nambah. Hihihi.




Berikut ini saya susun tulisan-tulisan di Bandung Diary yang populer alias dibaca banyak orang selama tahun 2016 dan tulisannya pun tayang di tahun yang sama, 2016.

Saya sertakan juga hitnya. Bukan buat pamer huehehehe tapi biar jadi data aja. Hitnya saya ambil dari hit di dashboard blogger. Saya urutinnya kebalik ya, dari 10 - 1.

Kalo mau baca tiap tulisan, tinggal klik aja judul tulisannya ya. 

So let's go! 


Tulisan ini gak bakal ada kalau saya gak diajak Teh Dydie Prameswarie. Tulisan ini juga saya buat dalam rangka mendukung programnya Apit Tjihapit. Bahwa pasar gak cuma tempat untuk belanja sembako dan bahan makanan, tapi juga tempat bermain untuk anak-anak. Bahwa pasar tradisional itu bisa kok bersih dan gak bau.




Saya sering bolak-balik ke Pasar Cihapit. Karena ada kios surabi langganan saya di sana. Ternyata Pasar Cihapit gak sekecil yang saya bayangkan. Teman-teman dari Apit Tjihapit menunjukkan banyak spot seru di sini. Dari kios makanan, ketua pasarnya, sampai legenda Cihapit.

Hit tulisan : 1431


Awal tahun 2016 saya berkunjung ke Purwakarta. Ada museum di sana yang menurut saya mah ambisius banget! Purwakarta adalah kota kecil yang semangatnya gede. 

Museum Diorama ini memajang all about sundanese history. Dari segala macam kisah raja-raja Priangan, Wayang, sampai dengan sejarah Purwakarta sendiri.




Kesan saya tentang museum ini adalah edan canggih pisan! Makanya saya bilang ambisius dalam artian positif ya. Purwakarta ini membuktikan meski kotanya mungil, punya antusias dan semangat yang besar bukan hal yang salah.

Hit tulisan : 1465


Hotel favorit saya nih di Bandung! kaca jendela kamar yang besar, kamar yang luas, bathtub yang mewah, makanan yang lezat-lezat, dan lokasinya yang strategis! Sebagai bonus, arsitektur bangunannya yang kereeeeennnnn! 

Hotel lama di Bandung nih, tapi perawatannya bagus. Walau tua, tapi kesannya menurut saya masih hotel 'mewah'. Tua dan klasik. Servicenya juga mantap. Khas hotel berbintang 4 dan 5 lah: service-oriented.




Bednya nyaman. Bantalnya super nyaman. Sampai-sampai nih menurut saya mah jarak antara tempat kita berbaring dengan televisi juga kayaknya mereka pikirin deh. Karena aslinya jatohnya jadi nyaman gitu nonton tivi juga. Agak lebay sih ini tapi beneran :D

Hit tulisan : 1880


Masih tulisan resensi hotel. Sewaktu saya berkunjung ke Kota Gudeg, saya nginep di Adhisthana. Aslinya sih saya gak tahu ada hotel ini sampai seorang klien minta saya book Adhisthana. Terus pas lihat fotonya, aduuuuhhh ini hotel lucu bangeeeetttt!




Begitu sampai di kamar hotelnya, wah rasanya seneng banget. Yang ada di internet, dengan yang saya lihat dan rasakan sendiri, sama bagusnya. Mengetik ini saja membuat saya pingin balik lagi ke Jogja dan merasakan kembali senengnya duduk di lobi yang kursinya lucu-lucu itu, atau berfoto di depan latar jendela-jendela kuno. Terus makan pagi banyak-banyak hahaha. Yes, menu breakfastnya sederhana tapi wuenaaaakkkkk! 

Plus juga saya belum sempet berenang di kolam renang hotelnya deh. Wkwkwkwk penting :D

Hit tulisan : 2165


Glamping di tahun 2015 dan 2016 memang menjamur banget ya. Tahu kan glamping, kemping ala di hotel gitu. Glamour camping! 

Di tahun 2016 saya berkesempatan menginap di Trizara, glamping baru yang ada di Lembang. FYI, selain Hotel Aryaduta, wifi di Trizara ini adalah jaringan internet terkencang yang pernah saya pake. Lain kali ke Trizara, saya bakal bawa laptop dan download banyaaaaaak hahahah :D Colokan listriknya juga banyak. Penginapan masa kini banget lah.




Trizara ini punya sudut pemandangan yang baguuuuus banget. Ralat deng bukan sudut, tapi garis. Abisnya bisa lihat pemandangan Gunung Tangkubanparahu dan Burangrang tepat di hadapan kita. Gokil lah. 

Dan di sini kalau malam dinginnya luar biasa. Brrrrrr.....

Hit tulisan : 2173


Kuliner dan Bandung? Itu yang bikin Bandung macet kayak sekarang. Hahaha. Yes emang bete kena macet, tapi saya gak mau bahas yang muram-muram dulu hehehe.




Saya buat daftar kuliner jalanan di Bandung. Ada 10 makanan yang menurut saya mah mesti deh kamu cobain kalo ke Bandung. Etapi 10 ini tuh belum mencakup semuanya. Dan saya belum bikin daftar sekuelnya. Hmmm...abis ini deh saya bikin episode ke 2 Street Food Around Bandung! Ayeee!

Hit tulisan : 2941


Ini tulisan yang saya buat untuk lomba Tiket.com. Terus saya juara pertama di Bandung. Horeee! Huehehehe. Waktu itu hadiahnya satu juta dalam bentuk voucher Tiket. 

Lucu juga sih tulisan yang saya maksudkan untuk menang di lombanya, malah menggaet hit banyak. Orang-orang yang menghubungi saya via email dan WA banyaknya gara-gara baca tulisan ini nih. Mereka nanya hotel dan rute. Dan gak sedikit yang sekarang jadi klien saya urusan booking membooking hotel :D




Lagian rute dan tempat yang saya sebut itu beneran kok. Bukan hasil dari baca doang, tapi saya udah ngerasain sendiri. So yeah sahih lah itinerarynya hehehe.

Hit tulisan : 7670


Hadiah dari Pak Walikota di awal tahun 2016. Meski sebenarnya drama banget sih kisah di belakang munculnya taman ini. Tapi kan saya gak bahas bagian yang suramnya heuheuheu. Ya kalau mau kisah suramnya, kamu bisa browsing sendiri ya tentang Teras Cikapundung, gunakan keyword 'Kampung Kolase'.




Terlepas dari kontroversialnya ini taman, saya sudah berkunjung beberapa kali ke Teras Cikapundung. Dan tamannya emang lucu sih, ya seneng lah ada di sana. Walikota Bandung menurut saya sih berhasil memberikan pengalaman berdampingan dengan sungai yang menyenangkan.

Hit tulisan : 9684


Wah ini tempat udah paling hits di medio 2016 sampai dengan sekarang. Beruntung juga saya bisa ke sana waktu tempatnya belum lama buka. Itu pun udah rame beeeut.




The Lodge Maribaya ini glamping sih sebenarnya. Tapi kayaknya lebih kesohor sebagai tempat main ya. Orang yang ke The Lodge selain pengen merasakan pengalaman suasana di gunung, juga pasti deh pengen manjat ke Sky Tree. Udah gitu The Lodge juga nambah wahananya, ayunan dan sepeda yang epik abis lah hehehe. Cek aja di Instagram. Keywordnya The Lodge Bandung atau The Lodge Maribaya.

Hit tulisan : 14.268


Penginapan instagram di Bandung! Mengagumkan sih bagaimana media sosial mengubah orientasi orang dalam mencari penginapan, restoran, kafe, dan tempat berwisata lainnya. Mereka carinya yang instagramable. Kalau gak asyik buat berfoto, mereka males dateng kali ya :D




Itu makanya di Bandung banyak pemain baru (dan lama, tentu aja) yang mendirikan penginapan yang lucu-lucu desainnya. Instagramable. Sesuai tren masa kini. Terus saya bikin lah postingan tentang 3 hotel yang instagram banget. Cuma tiga aja, tapi banyak yang baca ternyata :D 

Kayaknya saya mau bikin sekuel tentang penginapan instagramable di Bandung. Atau saya revisi aja kali ya tulisannya. Ditambahin jumlah hotelnya. We'll see lah. Hehehe.

Hit tulisan : 17.393

So that's a wrap. Itu dia daftar 10 teratas tulisan paling banyak dibaca di tahun 2016. Abis ini saya mau bikin daftar tulisan yang mana favorit saya sendiri sepanjang 2016 hahahaha :D 
8 comments on "2016 Bandung Diary Recap : Blogpost Favorit Pembaca"
  1. Dari 3 ke 2 hitsnya mayan jauh ya. Ini pakai hits dashboard blogger ya Lu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mit. Hooh jauh ya, rata-rata di bawah 10ribu emang hahaha kecil ya :D

      Delete
  2. fav aku mah yang 2hari 1 malam di abndung...beneran kepake itu buatku pas kemarin hihi

    ReplyDelete
  3. Setuju ttg Aryaduta, aku sempet nginep disitu dan hepi :D Yang lain musti aku baca-baca dolo niiih

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, aku belum pernah ke Teras Cikapundung, padahal sering diobrolin ama temen2 haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, Timo :D kayaknya lewat juga sering kali ya? :D secara lokasinya di jalan rame gitu

      Delete