Belanja di Bandung: Unique Local Brand

November 09, 2016
Biasanya pada belanja apa di Bandung, makanan atau pakaian? Di tulisan kali ini saya mau bahas tentang benda-benda buatan orang Bandung yang recommended dan bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk orang yang kamu sayang. 

Tulisan ini kayak semacam daftar must have item yang bisa kamu beli dari orang (yang tinggal di) Bandung. Menurut saya karya-karya berikut ini mencerminkan kreativitas yang orisinil dan bagus banget! Local brand di Bandung ada banyak banget dan berikut ini saya kasih lihat sedikit dulu. hehehe.

Yak mari kita mulai. 

1. Buku Vitarlenology

Membeli buku tulis di Bandung. Apa istimewanya? Oh tentu saja istimewa. Karena bukunya buatan Vitarlenology. Buku yang ia jilid sendiri. Rupa-rupa jilidnya pun istimewa. Kamu sering ngerasa gak sih kalau membeli produk buatan tangan bagaikan membeli sebuah karya seni? Ya itu yang saya rasain sewaktu akhirnya memiliki satu buah buku Vitarlenology ini.


Photo credit: Anjani Mutter

Orang dibalik masterpiece tersebut adalah Tarlen Handayani. Saya menyapanya dengan nama Mba Tarlen. Buku-buku buatan Mba Tarlen ya ampun bagusnya luar biasa. Terkadang terlihat rumit pembuatannya namun buat Mba Tarlen kayaknya gak susah-susah amat hehehe. Enggak ding, pasti susah heuheuehueh.

Beli buku handmadenya di Tobucil. Atau kamu bisa beli online di Instagram cek deh akun @vitarlenology. Buku-buku buatan Mba Tarlen kebanyakan bagian dalamnya polos, bukan bergaris. 

Saya punya satu buku buatan Mba Tarlen. Buku ini tercetak nama Bandung Diary di bagian depannya. Ugh so sweet. Kalau ngikutin instagramnya, Mba Tarlen sering menantang dirinya sendiri dengan membuat pola book binding yang rumit, termasuk menerapkan pola jahitan tenun ke buku! Eugh gak kebayang gimana bikinnya :D

Mba Tarlen sesekali ngasih workshop book binding (menjilid buku). 



2. Beli t-shirt UNKL347

Distro di Bandung udah banyak. Malah pernah ada waktunya distro di Bandung lagi hits banget. Kayaknya setiap jalan di Bandung pasti ada distronya dan semua orang Bandung mengenakan t-shirt ala-ala distro. Heuehehehe. 

Kayaknya sih mulai awal tahun 2000an tuh distro muncul. Saya kenal istilah distro di tahun 2002 sewaktu hampir semua teman-teman saya membeli sandal di distro UNKL dan t-shirt Ouval Research.

FYI, UNKL347 ini dibacanya uncle (paman, english).




Kalau kamu mau jajan t-shirt di Bandung, saya sarankan pergi ke UNKL347. Distro merek ini nih pelopor distro di Bandung. So yeah UNKL347 adalah sebuah legenda. Desainnya bagus-bagus dan simple. 

Sebenarnya ada Ouval Research, Invictus dan Wadezig sih, itu distro-distro yang oke juga menurut saya mah. UNKL dan Ouval biasanya produk yang paling sering dibajak sih karena mereka yang terpopuler :D

Dateng ke Jalan Sultan Agung untuk belanja produk distro unggulan kota Bandung ya. Instagramnya @UNKL347.



3. Wayang di Cupumanik

Wayang golek ini menurut saya mah the ultimate oleh-oleh benda non-makanan dari Bandung! Terbaik lah. Biasanya orang yang mau bepergian ke luar negeri atau mau memberi hadiah untuk koleganya yang non-indonesia, mereka pengennya ngasih wayang golek sebagai suvenir. Abisnya khas banget Indonesianya.

Membeli boneka wayang di Bandung sebenarnya bisa beli di mana saja. Di pinggir jalan di Cihampelas biasanya ada yang menjual. Di toko oleh-oleh khas Bandung juga ada. Bahkan saya sering melihat bapak-bapak yang jual boneka wayang golek di pinggir jalan Braga dan Car Free Day Dago. 

Namun ada satu tempat yang boneka wayang golek yang amat sangat saya rekomendasikan. Cupumanik nama mereknya. Lokasinya di dekat stasiun Bandung, jalan H. Akbar. Pas seberangnya Kartika Sari.


Photo credit: Cupumanik Blogspot

Kenapa Cupumanik? Karena wayang buatan mereka edaaaaan baguuuuuuus sekaliiiiiiiiii! Tiap karakter wayang kan beda-beda penampakan fisiknya. Arjuna yang kemayu, Bima yang super gagah, dan Yudhistira yang bijaksana. Cupumanik bisa mengukir tiap boneka wayangnya sesuai karakternya. Dan gak cuma itu!

Satu hal lagi yang membuat Cupumanik berbeda. Dan ini tuh ciri khasnya mereka.

Pemilihan warna kain batik yang luar biasa serius. Kain batik dan manik-maniknya seronok abis! Tapi gak norak. Jagoan nih yang mengkurasi warna kain untuk wayang-wayangnya. Warnanya ramai tapi elegan. Meriah tapi mewah. Wayangnya didandani dengan kain seolah-olah mereka manusia mau nikah. Saya belum nemu wayang dengan kain seindah di Cupumanik.

Cupumanik mah kayaknya lebih dari sekadar toko suvenir perwayangan deh.

Cupumanik adalah the best Wayang Golek-shop in town! Sayang aja mereka gak mengelola media sosial dan digitalnya euy. Tapi ada facebook Cupumanik kok, itu juga akun personal sih. Ya masih oke lah. Hehehehe. 



4. BAONG

T-shirt oleh-oleh khas Bandung ada banyak yang jual. T-shirt yang tulisannya Bandung lah, Gedung Sate lah, grafisnya makanan di Bandung lah, wuiw banyak. Susuri jalan Cihampelas atau di Pasar Baru, beeuh banyak yang jual t-shirt oleh-oleh Bandung.




Di Baong ini level t-shirt oleh-olehnya beda kelas dengan mereka penjual di jalanan. Kualitas kainnya aja beda menurut saya mah. Desainnya juga lucu-lucu deh. Banyak sih yang desainnya standar. Saya pernah kerja di Mahanagari dan menurut saya Mahanagari adalah yang terbaik :D tapi karena Mahanagari sudah tidak ada, maka tahta desain-desain khas Bandung itu sekarang ada di pundak Baong.

FYI tokonya ada di CiWalk. Instagramnya @baongbdg


5. Kopi Javaco

Ini cocok untuk para coffee-addict nih. Jajan kopi di Bandung, beli juga kopi versi bubuknya di Kopi Aroma dan Kopi Javaco. Pilih salah satunya aja sih. Hehehe. Sebenarnya ada juga toko jadul lainnya, Kopi Malabar dan Kopi Kapal Selam. Tapi untuk sementara, kita ngomongin Kopi Javaco dulu ya.


Photo Credit: Bandung Diary

Kopi Javaco adalah salah satu legenda kios kopi di Bandung. Sudah ada di Bandung sejak tahun 1930an dan enyediakan kopi jenis Arabica dan Robusta. Rumah yang jadi toko kopinya pun vintage banget, kuno abis.

FYI untuk Kopi Javaco ini saya bisa membelikannya untuk kamu. Ya itu juga seandainya kamu gak bisa datang ke javaco beli sendiri sih :D Semacam titip beliin gitu deh. Caranya cek di tulisan Beli Kopi Javaco ya. 



6. Growbox

Jamur bukan produk khas Bandung. Tapi jamur di dalam box kardus itu ciri khasnya Growbox, sebuah start-up based di Bandung. Produknya sih biasa tapi kemasannya luar biasa. Kalau kamu follow mereka di Instagram, Growbox ini aktif banget mengedukasi followersnya dengan informasi seputar jamur.


Photo Credit : Growbox

Misinya Growbox tentang menanam pangan di rumah sendiri. Ini produk favorit saya. Brilian dan konsisten. Kayaknya kebanyakan ide-ide bagus itu emang ide yang sederhana dan ide yang diwujudkan gak cuma diomongin doang :D

So yeah Growbox adalah kreativitas yang sederhana dan cerdas. Juga keren abis! Kamu bisa beli produknya secara online. Cek di Instagram mereka, @growboxbdg.

Enam dulu ya rekomendasinya. Saya lanjut lagi kapan-kapan hohohoho :D Selamat browsing, follow mereka di IG, dan selamat membelanjakan uang kalian ke kantong-kantong kreatif kayak mereka ini. Produknya bagus, kontennya berisi. Gak mesti pada ke Bandung dulu terus beli produknya sih, beli online juga bisa. Dan sebagai kalimat pemungkas: beli oleh-oleh yang itu-itu aja juga seru kok hehehe dibeli juga ya oleh-oleh Bandung yang itu-itu sajanya :D

Tabik!




16 comments on "Belanja di Bandung: Unique Local Brand"
  1. inget waktu jaman smp, pas Distro unkle347 sama Ouval lagi hiets2 nya tiap lebaran pasti kalo emak ngajak beli baju lebaran belinya harus di distro ini. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kalo mau Lebaran, distro-distro ini penuuuuhhhhh ngantri yang beli, termasuknya mamahnya budi dong :D

      Delete
  2. wuah rekomendasinya keren-keren mbak, terutama untuk kopinya, jadi ada alasan ngajak suami ke bandung,,, ditunggu yang lainnya yah mbak,,,

    salam kenal, maya rumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeeee! kalo masih lama ke Bandungnya, semua barang2 itu dibeli online juga bisa kok :D

      Delete
  3. infonya menarik banget nih,
    bener juga setiap kali ke Bandung ke itu lagi, itu lagi
    yang ini perlu dicoba.
    thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe yang itu lagi itu lagi juga dibeli ya :D

      Delete
  4. keren kayanya aku tertarik buat cover buku tulis ..kaya binder gitu dengan title nama blog... bisa ga ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah coba ditanya langsung ke kreatornya, Mba Nova. Hehehe.

      Delete
  5. Tertarik sama yg pertama. Cuss IG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dipesen, Nay. Highly recommended!

      Delete
  6. Tertarik banget sama buka (lain katanya binder jadul kali nya) n wayangnya (wayangna gareulis siga simaan ul), kerennn 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? bukan binder jadul kayaknya, Al. Buku aja :D itu mah fotonya meureun kelihatan kuno. Lihat di instagramnya aja. heheheh. Ah bener wayangnya kayak ada simanya ya, bagus pisan.

      Delete
  7. aku mau semuanyaaa teh... jadi kapan atuh ka Bandung sayanya .... :/ huhuhu

    ReplyDelete
  8. Wah keren informasinya, saya tahunya beli jeans di Cihampelas doank..

    ReplyDelete