Catatan dari OPPO F1s Meet Up Bandung bersama OPPO Community

October 02, 2016
Secara tidak kebetulan saya diundang oleh OPPO Indonesia utk menghadiri OPPO F1s Meet Up Bandung bersama OPPO Community. OPPO F1s Meet Up Bandung yang saya hadiri ini berlangsung di Tjendana Bistro di Jalan Sukajadi, Bandung. 

Ini meet up OPPO Community roadshow OPPO F1s yang terakhir. Sebelumnya OPPO berkunjung ke Jakarta, Makassar, dan Surabaya.

Jarang-jarang sih saya datang ke smartphone community meet up begini. Pertama, saya penasaran pada acara nanti apa bakal ada product tester. Kedua, smartphone seri OPPO terbaru menjagokan kameranya. Ya saya pengen nyobain kamera ponselnya atuh. 

Selama acara berlangsung, saya update status juga di twitter @bandungdiary. Saya gunakan hashtag #ExpOPPOF1s beserta mention ke @OPPOIndonesia @OPPOCommunity. Dari hashtagnya, sudah tahu ya acara tersebut membahas apa? Yak betul, seri terbaru OPPO bernama OPPO F1s.




OPPO FIs ini menjagokan fitur kamera depannya. Taglinenya saja 'the selfie expert'.  

Menurut saya sih OPPO Indonesia termasuk cekatan menangkap pasar, bulan Februari mereka meluncurkan OPPO F1. Bulan April mereka sudah mengeluarkan lagi yang baru, OPPO seri F1 Plus. Masih belum usai, sekarang sudah ada lagi seri terbarunya yang muncul dengan tagline 'the selfie expert' tersebut. 

Para penggemar selfie ini memang sudah menjadi target pasar yang unik sampai-sampai bermunculan smartphone yang mengedepankan kualitas kameranya. Kalau smartphone canggih seperti ini muncul 15 tahun lalu, saya sudah buang kamera pocket digital saya yang masih 5 mega pixel itu hahaha. Gila lah kamera ponsel hari gini resolusinya mencapai hingga 16 MP segala. Kamera depan pula. 

Tahun 2013 ayah saya membeli kamera digital, 16 MP. Apa kata dia ya kalau tahu kamera ponsel sekarang resolusinya sama dengan kamera digital yang ia beli seharga 4 jutaan itu hahahaha :D 

Ya itu dia si OPPO F1s yang kamera depannya 16 MP. Kamera belakang resolusi lebih kecil, 13 MP saja. 

Sebenarnya sih menurut saya semua kamera ponsel, asalkan udah di atas 10 MP warnanya sudah oke kok. Tapi, ini yang penting: white balance kamera ponsel beda-beda kualitasnya. Ada kamera yang salah satu warnanya menonjol. Ada yang warnanya condong ke merah ada juga yang condong ke kuning, ada yang kebiru-biruan, dan warna lainnya. Begitu maksudnya. 

Mungkin ada istilahnya sih ya untuk kualitas warna begini. Pengalaman saya menggunakan kamera smartphone ya kayak begitu. Berat di satu warna. Mungkin karena ponsel saya masih di bawah 1,5 juta semua hohohoho ya memang ada harga ada rupa sih. 


SPESIFIKASI OPPO F1s


Pada Meet Up Bandung bersama OPPO Community tersebut saya sempat menjajal kemampuan kamera OPPO F1s. 

Smartphone yang  dibandrol 3,8 juta ini layarnya besar, 5,5 inci. Informasi basic tentang OPPO F1s adalah berkapasitas RAM 3G. Prosessornya octa-core 64 bit. Artinya mau siksa OPPO F1s kayak gimana juga ini ponsel tetap tangguh. Multitasking aplikasi di OPPO F1s, bukan masalah. Ponsel ini tetap melaju kencang. 

Baterainya OPPO F1s berkapasitas 3.075 mAh dan built-in. Alias baterai tanam. Dan yang paling penting nih OPPO F1s sudah support fast-charging. 

FYI, sistem androidnya masih lolipop. Ohiya, di OPPO F1s tersedia Dual SIM Card yang keduanya sudah support 4G. 

So far so good ya. Kapasitas memorinya juga besaaaar sekali. Bawaaan memori OPPO F1s sebesar 32 G. Slot tambahan bisa menampung hingga 128 G. Memang harus begini sih kalau keunggulannya kamera ponsel. Masa mau foto-foto tapi memori sedikit, gak asyik amat kan. So untuk memori OPPO F1s, oke banget! 

Berikut ini saya mau bahas kameran OPPO F1s aja deh. Karena saya suka motret pake kamera ponsel. Toh sudah tahu spesifikasinya secara umum tuh ya. 

Nyoba moto pake kamera OPPO F1s, saya sempat memotret beberapa sudut kafe Tjendana Bistro. Pada jadwal yang tertera di email undangan, acara dimulai pukul 17.00. Sebelum waktu dimulai, saya sudah datang. Secara resmi acara baru mulai pukul 18.50. 

Sambil menunggu, saya berfoto menggunakan kamera OPPO F1s. Ada dua ponsel yang disediakan untuk product tester. 


KAMERA DEPAN OPPO F1s


Saya mulai dengan tentu saja swafoto. Bersama dengan teman blogger saya, Teh Nia Haryanto. Kami ber-selfie di dalam ruangan dan di luar ruangan. 

Hasilnya? Bagus kok, jernih dan tajam. Cuma saya pegang OPPO gak stabil sih jadi ada foto yang blur dikit lah :D 

Sewaktu berfoto di luar ruangan, exposure latar foto gak bikin muka kami gelap. Jadi ya mau foto selfie kayak bagaimana cuaca dan ruangan, fokus ke wajah kita tetap okeh dan terang. Semua foto berikut ini no edit, no filter. 

Tapi yang setting begini bakal susah kalau kita mau moto siluet. IMHO sih. 


Foto di dalam ruangan
Foto denga latar belakang yang silaumen :D 
Foto di luar ruangan *gak usah disebut udah pada tau juga sih :D*
Foto di dalam ruangan lagi, di luar hujan deras



KAMERA BELAKANG OPPO F1s


Menggunakan kamera ponsel, kamera belakang yang lebih sering saya gunakan. Hampir 99% dari fungsi kamera belakang sudah habis saya abuse hahaha. 

Waktu sedang hujan dan sore menjelang malam, saya keluar ruangan dan memotret bangunan kafe.

First thing first, saya mau dapat siluet sih. Tapi penampakan foto terang gitu, jadi saya edit pake VSCO supaya dramatis hehehe. 

Lensa kamera OPPO F1s memiliki sudut lebar, enak sih ini jadi gak usah mundur terlalu jauh dengan objek foto. Saya menyadari lebarnya lensa ini sewaktu saya edit fotonya di VSCO sih. Pas mau crop posisi lansdcape, lho kok lebih lebar foto aslinya dibanding garis tinggi cropnya :D 

Foto-foto berikut ini no edit, no filter. Kecuali foto terakhir. 







Foto yang sama dengan foto di atas, cuma diedit dikit pake VSCO



FITUR KAMERA OPPO F1s


Di dalam fitur kamera OPPO F1s ada fitur Panorama Selfie. Sejujurnya untuk pertama kali saya belum mengerti bagaimana cara pakenya. Intinya sih kamu bisa gabungin maksimal 3 foto gitu biar gambarnya lebih lebar. 

Ada juga fitur Time Lapse. Menarik fitur yang ini nih, tapi lagi-lagi saya gak nyoba karena gak tahu bagaimana cara pakenya ahohohoho :D it takes time untuk mempelajari fitur kamera (ponsel maupun versi pocket dan DSLR bahkan mirrorless) untuk saya yang slow learner. Berhubung ponsel hanya ada dua dan peserta mulai berdatangan, saya gak enak kalau harus memonopoli penggunaan ponsel OPPO F1s itu. Padahal tangan mah gatal pengen pake terus OPPO-nya aheuheuheu. Pengen ngulik banyak sih dengan kamera depan dan belakang OPPO F1s ini :D 

Tersedia juga fitur Filter Photo. Sejujurnya untuk smartphone android, saya rasa gak perlu menyediakan fitur filter. Kami sudah cukup dengan aplikasi filter foto yang bisa didownload di app store. Vany dari pihak OPPO bilang fitur filter ini ada karena masukan dari usernya. Yang saya pengen tahu, seberapa banyak usul tersebut muncul hingga OPPO merasa perlu masukin fitur filter ini ya? But anyway ini terserah OPPO-nya sih :D heuheuheu. Ada ya oke lah buat nambah-nambah fitur, gak ada pun saya rasa bukan masalah karena masih ada VSCO dan kawan-kawannya :D 

Buat yang pengen kelihatan cantik tak ada cela pas selfie, ada fitur Beutify dan Make Up Plus. Fitur Beautify di OPPO F1s aplikasi bawaan. Kalau Make Up Plus harus install dahulu. Kalau ingin terlihat lebih natural, kamu aktifkan fitur Beautify. Kalau mau lebih glamour, nah cocoknya dengan Make Up Plus karena fitur ini menaikkan saturasi warna di wajah kita. 




ACARA MEET UP OPPO COMMUNITY


Konten acara menurut saya gak ada yang spesial. 

FYI, kebanyakan produk yang mengundang blogger, konten acaranya hanya presentasi dan menceritakan keunggulan produknya. Memang beberapa produk cocoknya berformat duduk, mendengar, dan diskusi. Bedah buku misalnya. 

Tapi ini kan produk smartphone yang keunggulannya ada pada kameranya. Kenapa gak bikin format acara yang lebih interaktif. 

Kalau boleh usul mah lakukan acara pada terang hari hingga ke malam kalau perlu. Meet Up OPPO Community di Bandung memang acara dari terang ke malam hari. 

Lakukan acara di indoor dan outdoor. Mungkin di Floating Market, CiWalk, Galeri Seni seperti NuArt, dan sejenisnya. Lokasi dan waktu acara berlangsungnya meet up dengan OPPO Community sudah oke sih, tapi kurang 'nendang'. Enak untuk makan-makan dan ngobrol. Tapi buat coba-coba foto mah asa gimana ya, kurang gimana gitu. Halah :D 

Bekali peserta dengan smartphonenya dan minta mereka jalan-jalan sambil praktek motret. Beri waktu untuk eksplorasi ponsel, satu jam misalnya. jadi eksplorasinya memuaskan. Gak mesti satu orang satu OPPO sih, tapi ya minimal mah jangan dua buah banget :D Emang gak banyak yang ngetes OPPO F1s di Meet Up OPPO Community kemarin, palingan pada nyoba selfie aja. Tapi kan saya gak enak juga kalau ngetes kelamaan. Heuheuheu :D 

Kasih waktu peserta berkeliling tempatnya, hunting foto (meski itu selfie), dan merasakan fiturnya sendiri. Menurut saya sih acara kayak gitu akan lebih jujur. Emang sih makan banyak dana, tapi hasil foto yang terupload ke media sosial lebih masif. Efek untuk para usernya, meski tester doang, juga lebih intim. IMHO sih. 

Dan kayaknya produk-produk yang mengandalkan kamera dan fitur kameranya mesti memperluas segmen peserta deh. Kemarin yang datang blogger semua. Bagaimana kalau mengundang para fotografer instagramer dan minta mereka eksplorasi fitur kamera. Mungkin mereka gak suka selfie, tapi banyak juga yang senang selfie kan. Biar banyak aja sih kontennya, jadi ada segolongan orang yang maunya selfie aja, ada juga yang bisa foto selfie tapi lebih estetis fotonya, gak mesti foto muka. Halah gimana ini teh saya jelasinnya belibet yak aheuheuheuheheu :D Kebayang gak sih?

Maksud saya mah supaya ada banyak sudut pandang foto dari sebuah ponsel kamera depan beresolusi 16 MP aja. 

Oiya, dalam acara ini Bang Aswi selaku ketua Blogger Bandung presentasi, berbagi tentang tip foto selfie. Kalau gak salah ada lima tip. Lumayan lah kepake buat saya yang gak suka selfie. Nanti dipraktekin sering-sering. Tipnya adalah mengenali keunggulan wajah sendiri, lighting, jepret lebih dari sekali, pilih background yang oke, dan jangan jaim! 

Sebagai sebuah ponsel dengan kamera depan yang mumpuni, OPPO F1s oke untuk dipertimbangkan. OPPO F1s sebagai The Selfie Expert udah cocok. Nah kalau kamera belakang, menurut saya kualitasnya standar saja. Jika ada satu hal yang saya sukai dari OPPO F1s maka itu adalah lensa lebar dan fitur time-lapse. Juga fast-chargingnya. Termasuk kapasitas memorinya. Dan 64 bit corenya. Halah banyak ternyata :D 




4 comments on "Catatan dari OPPO F1s Meet Up Bandung bersama OPPO Community"
  1. Iya..iya tau ulu ga suka selfie..
    Tapi di blogku ada tuh ulu lagi ceria selfie eaaaa..

    ReplyDelete
  2. Emang kebukti...bening banget, cocok buat vlog mah

    ReplyDelete