Menghabiskan Akhir Pekan di Lembang

October 20, 2016

Liburan akhir pekan ini enaknya ke mana? Lembang dong. Jalan-jalan di kota Bandung mungkin sudah terlalu sering, sayang sekali jika melewatkan suasana pegunungannya. Terutama wilayah Bandung Utara di mana Lembang maupun Gunung Tangkupan Perahu yang terkenal itu berada.


Photo Credit : Trover.com

Antara Bandung dan Lembang sendiri memiliki jarak tempuh sekitar satu jam tanpa macet. Kalua kamu berada di Bandung dan memutuskan mengunjungi Lembang tapi tidak mau terkena macet maka berangkatlah pagi-pagi sekali. Namun akan lebih baik lagi bila menginap saja di Lembang.

Penginapan dari harga mahal hingga hotel murah di Lembang ada banyak. Namanya juga daerah favorit wisata. Apalagi biasanya beberapa perusahaan online travel di internet memiliki Promo Hotel Murah. Kamu tinggal melakukan pencarian.

Hotel dengan tarif menengah seperti Grand Hotel Lembang juga bisa dipertimbangkan. Apalagi jika lokasinya sangat strategis. Karena kamu akan lebih terbantu dengan penginapan yang dekat dengan pusat oleh-oleh dan beberapa tempat pariwisata sekaligus. Nah, seperti misalnya Grand Hotel Lembang ini, lokasinya sangat dekat dengan Pabrik Tahu Susu Lembang dan juga Floating Market, De Ranch, plus beberapa tempat wisata lainnya.


photo credit: theranchlembang.com

Kalau kami datang dari arah Jakarta dan langsung menuju Lembang, antisipasi waktu-waktu Lembang yang potensial dilanda kemacetan parah. Sedangkan khusus dari arah Bandung menuju Lembang, ada beberapa jalur yang bisa digunakan. Misalnya melalui Jl. Sersan Bajuri menuju Lembang. Selain menghindari  macet, di sepanjang jalan tersebut kmau akan menemui tempat-tempat wisata serta pasar buah dan bebungaan. Bisa lho mampir untuk sekadar mengambil foto atau belanja buah sebagai bekal. Siapa tahu kamu berniat menambah koleksi tanaman bunga.

Selain jalur tersebut, ada juga jalur alternatif melalui Jl. Ciumbuleuit menuju Lembang dan jalur Dago Giri. Sama dengan jalur pertama, di sini kamu akan disuguhi oleh pemandangan berbasis alam yang luar biasa. Tapi hati-hati ya jalannya menanjak lumayan curam. 

Jalur Puncrut melalui Dago juga bisa menjadi alternatif terbaik apalagi jalur ini terkenal dengan wisata kuliner Bandung dengan suguhan pemandangan yang begitu indah dan asri. Nah kalau ambil jalur ini kamu akan menemui tempat makan tradisional yang menyajikan aneka pepes, ayam goring, ikan, dan nasi timbel dengan konsep lesehan.

Satu hal penting yang perlu diketahui bahwa semua jalur alternatif itu memiliki kontur yang ekstrim dengan tanjakan dan turunan yang seringkali tajam. Namanya juga daerah pegunungan. Belum lagi kalau di musim hujan, harus benar-benar ekstra hati-hati. Kalau kendaraan tidak dalam keadaan yang baik dan juga kemampuan menyetir kurang bagus, lebih baik tidak mencoba untuk melewati jalur-jalur alternatif ini. Tak mengapa, asal sampai Lembang dengan selamat meski bermacet-macetan, bukan?

Tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan untuk melewatkan pemandangan yang indah di sepanjang jalur alternatif. Lembang sendiri secara keseluruhan memang masih asri dan memiliki banyak spot pemandangan alam terbaik. Apalagi dengan imej Lembang sebagai kota wisata, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata alam baik yang masih alami seperti Kebun Raya Cibodas maupun dengan konsep tertentu yang semakin memuaskan hasrat wisata.


Photo credit: bandung.merdeka.com

Sebut saja The Lodge Maribaya. Di area ini kamu bisa melakukan rekreasi seperti tracking, camping, atau berjalan-jalan saja menikmati suasana. Ada banyak kerimbunan pohon dan keindahan deretan pinus yang berdiri kokoh di sepanjang lereng perbukitan. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan tersebut dengan kamera. 

The Lodge Maribaya juga menyediakan fasilitas camping tanpa pengunjung harus repot membawa banyak barang dan peralatan. Ada beberapa paket yang ditawarkan dengan kisaran harga 300-500 ribu per malam. Namun kalau kamu tipe orang yang lebih menyukai kembali ke penginapan, maka bisa pilih paket menikmati wisata kuliner di restoran yang telah tersedia dan juga wahana seperti Zip Bike dan Sky Tree.

Selain The Lodge Maribaya tentunya masih banyak yang bisa kamu kunjungi, khususnya untuk kegiatan outing ini. Ada outbond di Grafika Cikole, Pine Forest Camp, Jendela Alam, Ciwangun Indah Camp, dan lain-lainnya yang sebagiannya juga menyediakan wahana flying fox, paintball, dan rumah pohon.

Lembang yang berada di Bandung Utara memang kaya akan periwisata berbasis alam yang tidak akan cukup dikunjungi sekali saja. Kalau kamu berniat untuk menginap beberapa hari, pastikan bahwa kamu sudah benar-benar merencanakan tempat-tempat terbaik untuk menghabiskan liburan ya. 



1 comment on "Menghabiskan Akhir Pekan di Lembang"