Makan Siang di Kacarita di Soreang

September 25, 2016
Jarang-jarang saya bahas tempat di daerah Bandung Selatan. Bukan gak mau sih, kebanyakan waktu saya habiskan di daerah Bandung Utara euy. Heuheuheu. 

Nah sekarang saya mau bahas tempat makan di selatan Bandung. Yipiiiw! Kebetulan sih hari itu sedang berkeliaran di Soreang. Pas lapar, pas cari makan, eh lihat ada tempat yang lumayan oke euy. Cobain ah masuk ke dalamnya. 

Kacarita nama rumah makannya. Tempatnya sederhana tapi homey deh. Kayak datang ke rumah nenek di kampung. Bah alasan ini klise amat ya, khas anak kota :D 




Anyway, latar belakang rumah makannya adalah sebuah bukit. Di sampingnya ada sawah. Letak rumah makannya di pinggir jalan, tapi kawasannya masih sepi rumah. Masih banyak sawah. Seru banget lah cuacanya. Pas siang mah adem. Eh begitu masuk malam hari dinginnya ampun deh. Angin gunung mulai turun. 

Menu andalan Kacarita adalah Pindang Ikan Mas. Maka saya memesannya. Ternyata bener rasanya enak. Menu lain ada tempe tahu, karedok, sayur asam, dan aneka makanan khas sunda lainnya. Ayam goreng dan bakar juga ada. Tapi...

Satu-satunya menu yang enak cuma pindang ikan mas. Lainnya enggak. Makanannya mengenyangkan namun tidak memuaskan. Pindang ikan masnya juara, saya sampai beli lagi, bungkus, dan bawa pulang. 

Saya baru lihat sih ada tempat nyeni di Soreang. Cantik seperti di kota-kota dan sentuhan dekorasinya ala di kampung. Ada saung untuk makan lesehan. Ada juga bangku-bangku tua untuk yang mau makannya duduk ala bule. Eh iya da kita mah aslinya teh makan sambil lesehan, kompeni aja pada masuk ke Hindia Belanda, orang-orang Tionghoa juga. Budaya mereka makan sambil duduk di bangku/kursi. Kita budayanya makan sambil lesehan. 

Di bagian belakang rumah makannya ada taman dong. Lucu banget. Emang banyak pohonnya nih Kacarita. Cuma itu, tanaman di bagian pintu masuk yang di kolam, tanaman Lotus, saya lihat bolong-bolong bakal bunganya bikin merinding. Ah ngetik ini aja saya merinding aheuheuheuheu linu lihatnya adududuhhhhh :D 

Pas saya ke sana, rumah makannya sepi pengunjung. Padahal akhir minggu. Ada sih satu keluarga sedang menyantap makanan di saung. Habis itu gak banyak yang datang. Wah sayang banget, tempatnya bagus ih padahal. Cocok buat yang mau ngisi galeri instagram. 

Abis sholat magrib, baru saya pulang. Tahu gak di dekat mushola ada apa? KUNANG-KUNANG! Oh so sweet :D Nabil seneng banget lihat kunang-kunang. Saya juga sih. Katanya kalau ada kunang-kunang pertanda udara di situ masih bagus. Emang kerasa sih masih segar dan sejuk. Soreang kan setahu saya daerah berhawa panas. Eh di Kacarita mah enggak panas tuh. 

Kacarita berada di sisi jalan yang bukan jalan utama sih. Yang mau ke Ciwidey gak lewat jalan raya Sadu Soreang ini. Kalau gak salah sih tol baru nanti, Seroja, bakal dibuka di dekat jalan Sadu. Begitu tol sudah dibuka, jalan raya sadu soreang bakal jadi jalan utama. Wah Kacarita mendingan siap-siap menghadapi keramaian itu. Emang sih proyeknya molor tapi ya kan pastinya bakal jadi. So ya it's about time aja untuk restoran cantik ini ramai pengunjung. Amin. Cuma anu, menu-menu lainnya kalau bisa mah rasanya perbaiki dulu. Pindang ikannya oke, yang lainnya enggak :D 














Teks & Foto : Ulu
Difoto dengan Lenovo A6000, diedit dengan aplikasi VSCO. Kok penampilan foto di smartphone dengan di laptop beda yak heuheuheuheu. Di hape mah keren, di layar laptop nampak kumuh :D apanya yang salah heuheuheuheu....
8 comments on "Makan Siang di Kacarita di Soreang"
  1. Adeem buanget.
    Ga kuat minum es teh ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo malem mah gak kuat, kalo siang mah masih cocok, nay :D

      Delete
  2. Kayak pernah makan di sini deh waktu mau ke ciwidey beberapa lalu.

    ReplyDelete
  3. Disini tempat recomended untuk bersantai ria jika ingin berlibur di bandung selatan, beberapa bulan lalu saya kesini sangat penuh tempatnya, Pindang ikan masnya memang enak, JUARA :D

    ReplyDelete
  4. selaain makanannya yg enak , tempatnya pun kayaknya adem gitu ya

    ReplyDelete
  5. ini ... Saya aja urang Soreang belum penah ke Kacarita. Ke sana ah -- gara2 baca artikel di atas jadi pengen :)

    ReplyDelete