'Ngopi' Menurut Defisini Orang Bandung

September 12, 2016
Orang Bandung yang saya banyak kenal adalah mereka yang gak makan nasi sebagai menu sarapannya. Mereka mah pagi-pagi ngemil gorengan, kue-kue kecil, surabi, dan makanan jajanan pasar lainnya. Tidak ketinggalan segelas teh hangat dan kopinya. 

Istilah ngemil itu mereka namakan Ngopi. Yes, berasal dari kata 'kopi'. Kalau orang Bandung ngomong 'ngopi', saya kira mereka mau minum kopi. Well emang minum kopi sih, tapi ada juga yang gak minum kopi.


ngopi = nama kegiatannya
opieun = makanan yang dimakan

Dahulu ketika zaman kolonial, kawasan Priangan termasuk Bandung adalah salah satu penghasil kopi. Belanda menjadikan tanah di Priangan sebagai lahan untuk mendulang banyak uang. Hasil tehnya bagus, hasil kopinya juga unggul. Pegawainya ya para pribumi. Gak cuma ngurusin tanaman kopi dan teh di perkebunan, mereka juga diperintah menanam satu tanaman kopi di halaman depan atua belakang rumahnya. 

Saya lupa baca di buku apa atau dengar dari siapa. Dahulu biji kopi yang dikeringkan itu suka dicemil orang para pegawai perkebunan. Begitu jam berangkat ke kebon, pegawai-pegawai ini berangkatnya barengan. Sambil nunggu kedatangan rekan yang lain, sambil jongkok mereka ngobrol dan gigit-gigit biji kopi. 

Mereka juga melakukan hal tersebut saat sedang di rumahnya. Mengigit dan mengunyah biji kopi ini mereka lakukan sambil juga makan makanan yang lain. Lama-kelamaan kebiasaan ini secara tak sengaja mereka sebut Ngopi. Dahulu Ngopi biasanya dilakukan pada pagi hari (subuh-subuh) atau sore dan malam hari. Sesuai jam istirahatnya para pegawai perkebunan. 

Sekarang kegiatan Ngopi mah random bisa jam berapapun. Selama makannya gak dilakukan bersamaan dengan makan nasi, maka disebutnya Ngopi. 

Dan orang Sunda kalau belum makan nasi namanya belum makan. Padahal menu ngopinya sudah beragam macam ;D

So ya next time kamu ke Bandung dan kami bilang 'ngopi dulu yuk' itu artinya 'hayuk ah nongkrong dulu, ngobrol-ngobrol sambil makan apaaa gitu' :D







Teks : Ulu
Foto : Ulu, taken by Lenovo A6000 somewhere in Jalan Otista at 6.30 am

26 comments on "'Ngopi' Menurut Defisini Orang Bandung"
  1. Oh gitu, ya. Aku gak doyan ngopi. Kalok gak tahu, bisa-bisa kutolak ajakan ngopi. :)) Tapi sekarang udah tahu. Tfs, Ulu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya mah makan-makan aja, mba haya. jangan ditolak kalo ada yang ajak :D hehehe

      Delete
  2. Duh gorenganna heneut keneh cigana enak pisan #kalakahngomongsunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. sae atuh nyarios sunda :D gorengana tos tiis sih eta teh, bud. ngan pedah abdi weh lapar, mengkol heula di jalan teh, ngopi heula.

      Delete
  3. Opieun paporitku adalah ali agrem sareng surabi kinca haneut ti tukang surabi dengkak. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwkwkwk minumnya apa nih, teh anne? :D

      Delete
  4. Kapan3 ke Bandung mau nyoba ah makan kayak gini di Bandung :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus atuh :D kolesterol aman kan yah? hehehe

      Delete
  5. Ngopi gorengan paling nikmat tah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisan, komo deui upami haneut gorengana dituang enjing-enjing hehehe

      Delete
  6. sama, saya juga pagi2 pasti ngopi dan ngemil aja, jarang makan berat mba ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya, kalo saya gak bisa euy, harus makan nasi. heuheuheu

      Delete
  7. Wahh baru tau. Kalau di pekalongan ada kopi Tahlil namanya teh. Kapan2 aku cerita yaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiwww ayo ceritain, nay. namanya unik ya kopi tahlil

      Delete
  8. Ngopi ga melulu minum kopi sebenernya emang ya kalau org sunda mah
    Hayu atuh teh kita ngopi bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk, jadwalin langsung kontak ke wa heehehe

      Delete
  9. Hahahaha iya. Orang Bandung mah, ngopi teh belom tentu pake kopi. Aku waktu di Subang, di kampung halaman mama sering ngajak ngopi. Eh mereka sering heran. Mana kopina, cenah da ngan jeung bala-bala hungkul. :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nah ini cerita tambahan :D makasih, Teh Nia hehehe

      Delete
  10. Oalaahhh... jd bukan berarti ngopi yaa :D.. soalnya kalo temen2ku yg org bandung, di kantor kalo udh ngomong ngopi, semuanya memang kopi yang dimaksd :D.. tapi bener sih, mereka semua paling suka tuh sambil ngopi , nyemilin gorengan juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata-rata pada doyan kopi juga ya berarti hehehe

      Delete
  11. Tiap daerah memang beda-beda ya Mbak,
    itulah Indonesia yang kita banggakan.

    Bagaimana kalau di tempat kerja di Bandung ya?

    'ngopi' sudah berubah apa belum ya?

    terima kasih Mbak

    ReplyDelete
  12. sebagai orang Bandung yang suka ngopi, saya setuju! :D

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaaah! hahaha kapan kita ngopi bareng, Dis? :P

      Delete